Hal-Hal yang Berubah Saat Puasa, Kamu Merasakan Gak?
 

Hal-Hal yang Berubah Saat Puasa, Kamu Merasakan Gak?

PLYWD
15 May 2019
Poin Ekstra

Masjid yang biasanya penuh pas hari Jumat, sekarang jadi makin rame. Apalagi di waktu-waktu Magrib, Tarawih, dan Subuh. Soalnya, bulan puasa itu waktunya pahala di obral. Jadi orang-orang bakal tambah sibuk beribadah.

Tapi, sadar gak kalau sebanarnya bukan cuma masjid yang tiba-tiba berubah di bulan Ramadhan. Masih banyak hal lain yang juga ikut berubah, seperti;

1. Warteg

Hasil gambar untuk warteg hordengtwitter

Warteg yang tetap buka di bulan puasa biasanya berubah jadi etalase ‘kaki-kaki tanpa kepala’. Maksudnya, warteg itu bakal menutup sebagian jendela di bagian atasnya pakai spanduk atau kain supaya orang-orang yang lagi makan gak bisa ketahuan mukanya. Tapi mereka membiarkan bagian bawahnya terbuka supaya orang-orang tahu kalau warteg itu masih berjualan. Jadi, kalau kamu lewat warteg yang kayak gini, pasti deh kamu cuma bisa lihat orang-orang yang kakinya bergelantungan di kursi warteg. Tapi jangan berfikiran negatif dulu. Soalnya gak semua yang makan di warteg itu orang yang malas puasa. Bisa aja kan mereka non-Muslim atau orang-orang yang kerjanya butuh kekuatan fisik ekstra.

2. Trotoar

Hasil gambar untuk penjual takjil trotoartribun

Di bulan puasa, pedestrian ini bakal lebih sering dilewatin manusia. Tapi ramenya cuma di sore hari doang, mereka adalah penjual takjil. Trotoar yang ini biasanya ada di tempat-tempat yang dekat sama pemukiman warga atau kantor.

3. Medsos

Hasil gambar untuk bukber medsosmalesbanget

Instagram, Facebook, sampai Twitter gak akan cuma dipakai buat majang foto-foto selfie doang. Soalnya di bulan puasa orang-orang biasanya berkumpul sama teman dan saudara buat buka puasa bersama. Makin banyak teman, makin sering juga acara buka puasa bersamanya dan media sosial jadi lebih sering diisi foto-foto barengan dari pada selfie. Kalau di bulan puasa kamu cuma bisa majang foto selfie doang, mungkin kamu kesepian.

4. Perilaku

Hasil gambar untuk attitudemedium

Kalau yang ini hukumnya wajib. Bulan puasa bukan cuma buat nahan laper doang. Kalau itu sih anak Kost juga bisa. Puasa adalah waktu buat kita semua memperbaiki perilaku dan menjaga hawa nafsu. Kita yang tadinya gampang marah kalau lagi macet ada angkot yang ngetem sembarangan, mending tegur supir itu baik-baik. Kalau biasanya kita suka ngomongin orang, lebih dijaga lagi mulutnya supaya puasanya berkah, dan masih banyak lagi perilaku yang harus diubah. Tapi jangan sampai perubahan perilaku ini cuma di bulan puasa doang. Soalnya puasa juga jadi ajang pelatihan supaya kita bisa berperilaku baik dan menahan hawa nafsu di bulan-bulan lainnya.

Kalau kamu ngerasin ada hal yang berubah selain yang ditulis diatas, boleh loh kasih komen supaya pembaca lainnya juga bisa tahu pengalaman-pengalaman seru kamu di bulan puasa.

 

Poin Ekstra

Poin Ekstra

Dapatkan Gratis: 1 POIN untuk komentar pertama kamu!

1
Pastikan kamu sudah Login
2
Komentar di Facebook dan DISQUS masing-masing dapat : 1 POIN
3
Pastikan komentar kamu lebih dari 50 karakter




SELAMAT!
Kamu Mendapatkan
SELAMAT!
Kamu Mendapatkan
POIN Ekstra : +1

!
Pastikan selalu men-share dalam mode PUBLIC, jika tidak team PLAYWORLD.ID berhak untuk mendiskualifikasi kemenangan kamu.