Youtuber Rius Vernandes dan Garuda Indonesia Berdamai?
 

Youtuber Rius Vernandes dan Garuda Indonesia Berdamai?

Poin Ekstra

Belum lama ini, nama youtuber sekaligus travel vlogger Rius Vernandes ramai dibahas di media sosial. Ia dilaporkan ke polisi oleh salah satu maskapai ternama Indonesia, lantaran mengunggah foto daftar menu makanan dalam pesawat berupa kelas bisnis berupa kertas. Pihak Garuda melaporkan rekannya juga bernama Elwiyana Monika dengan kasus serupa. Lalu seperti apa kronologisnya?

Image result for rius vernandesgoogle.com  

Awalnya Rius dan Elwiyana tengah berada di dalam pesawat Garuda Indonesia kelas business class nomor penerbangan GA-715, dengan rute Sydney ke Denpasar untuk kemudian melanjutkan perjalanan ke Jakarta bersama maskapai serupa. Sebetulnya dari awal Rius sudah melihat adanya kejanggalan dalam pesawat tersebut. "Gua liat kaya, dari jauh itu gua liat penumpang lain itu kaya dibagiin kertas, kertas menu dan keliatan banget kalo itu tulisan tangan," ujar Rius dalam video klarifikasinya. Rius pun menanyakan alasan menu kertas dalam pesawat kelas bisnis itu, menurut sang pramugari, menu kertas dibagikan karena menu makanan yang asli sedang dalam proses percetakan. Ucapan inilah yang dikutip Rius untuk kemudian ia unggah di instastory miliknya, bersamaan dengan gambar menu yang diberikan kepada Rius.

Image result for rius vernandesgoogle.com

Image result for rius vernandes google.com  

Dalam video yang diunggah pada 14 Juli 2019, Rius mengeluhkan wine dan champagne yang habis. Tidak hanya itu, dia juga meminta pendapat penumpang lain yang berasal dari luar negeri. Penumpang yang bernama Christian dan Paul juga mengeluhkan hal serupa. Mereka menyayangkan sajian minuman beralkohol yang kurang sementara sudah memilih bangku kelas bisnis dalam perjalanan dengan maskapai plat merah tersebut. Bahkan penumpang tujuan Pulau Dewata Bali tersebut berencana untuk mengirimkan surel keluhan kepada manajemen Garuda dan membagikan pengalaman tidak menyenangkan tersebut kepada kolega mereka.

Image result for rius vernandesgoogle.com

Setelah beberapa unggahan Rius itu, beredar di media sosial pengumuman dari pihak Garuda Indonesia mengenai larangan mendokumentasikan kegiatan dalam pesawat. Surat yang sebenarnya ditujukan kepada internal tersebut kemudian viral di media sosial. Banyak yang menganggap kalau surat itu diterbitkan terkait unggahan Rius beberapa waktu lalu. Buktinya, Rius mengunggah dua buah surat berlapis ampop dari kepolisian, ia mengaku surat tersebut berisi pemanggilan dirinya bersama Elwiyana. Foto yang diupload pada 16 Juli 2019 tersebut ditanggapi Rius dengan mengharap dukungan dari semua pihak khususnya teman-temannya sesama influencer. Lalu bagaimanakah akhir dari kasus Rius Vernandes dengan Garuda Indonesia?

Image result for rius vernandesgoogle.com

Usut punya usut, Rius sudah bertemu dengan pihak Garuda Indonesia. Ia mengatakan pihaknya dan pihak maskapai menyepakati agar aksus tersebut diselesaikan secara kekeluargaan. Sementara itu Pengacara Rius, Abraham Sriwidjaja menuturkan, pihaknya dengan senang hati menyambut ajakan penyelesaian kasus secara kekeluargaan. Ia pun mengungkap kalau hal ini bisa menjadi pelajaran bagi perusahaan manapun, untuk tidak membawa sebuah konten review ke ranah hukum, apalagi konten Rius tidak berisi hinaan. Fyi, kasus ini bukan dilaporkan oleh Garuda Indonesia, namun Serikat Karyawan Garuda Indonesia. Sebelumnya Ketua Harian Serikat Karyawan Garuda (Sekarga) Tomy Tampatty mengatakan, unggahan video di instastory Rius telah mencemarkan nama baik Garuda Indonesia.

Image result for rius vernandesgoogle.com

Buat kalian yang belum tau, Rius Vernandes merupakan seorang youtuber yang kerap membuat konten-konten penerbangan, atau bisa disebut spesialis penerbangan. Ia biasa terbang dengan menggunakan berbagai maskapai mulai dari Singapore Airlines hingga Garuda Indonesia, bahkan Lion Air sekalipun. Konten-konten Rius berisi hal-hal informatif seputar dunia penerbangan, ia pun turut meriview berbagai maskapai hingga kelas yang pernah ditumpanginya. Kalo kamu salah satu pengguna aktif youtube, coba nonton konten-konten menarik Rius Vernandes yah! Btw, buat yang mau ngeliat cerita lengkap dari Rius, langsung aja klik videonya di bawah ini

Poin Ekstra

Artikel ini dibuat oleh tim Playworld Indonesia

Andina BP
18 Jul 2019

2 Poin Ekstra

  1. Pastikan sudah login
  2. Tulis komentar dengan minimal terdiri dari 50 kata
  3. Poin hanya diberikan 1 kali untuk 1 User per 1 Artikel
  4. Seluruh komentar dimoderasi oleh tim Playworld ID dan bisa dihapus dan akan mengurangi total POIN jika komentar mengandung konten SARA, atau tidak sesuai dengan artikel yang dibaca
  5. Hanya user dengan keanggotaan VIP yang bisa memberikan komentar.




Extra POIN +2
Kamu mendapat tambahan POIN karena telah memberikan KOMENTAR
SELAMAT!
Kamu Mendapatkan
SELAMAT!
Kamu Mendapatkan
POIN Ekstra : +2

!
Pastikan selalu men-share dalam mode PUBLIC, jika tidak team PLAYWORLD.ID berhak untuk mendiskualifikasi kemenangan kamu.