Viral Ajakan Serbu Nyi Roro Kidul di Pantai Parangtritis Pakai Baju Hijau
 

Viral Ajakan Serbu Nyi Roro Kidul di Pantai Parangtritis Pakai Baju Hijau

Poin Ekstra

Sosok legendaris Pantai Selatan 'Nyi Roro Kidul' mendadak ramai dibahas di media sosial, bahkan namanya masuk ke dalam trending Twitter pada hari ini. Kira-kira, apa yang membuat 'Nyi Roro Kidul' viral?

Image result for nyi roro kidul viralgoogle.com

Viralnya 'Nyi Roro Kidul' ternyata berawal dari undangan acara Facebook, yang dipelopori oleh salah seorang pengguna bernama Alfi Syahr. Ia mengajak orang-orang untuk bersama-sama pergi ke Pantai Parangtritis, Bantuk Yogyakarta. Acara tersebut berjudul 'Ayo Serbu Pantai Parangtritis', para peserta diminta untuk serempak mengenakan baju berwarna hijau. Bicara soal baju berwarna hijau, pastinya mengingatkan kita akan cerita kepercayaan soal warna tersebut yang beredar di masyarakat. Banyak mitos mengungkap, kalau siapapun yang memakai baju berwarna hijau, maka akan terseret ombak dan dibawa oleh Nyi Roro Kidul untuk dijadikan pengikutnya.

Hal itu pun dituliskan Alif pada undangan acaranya. "Katanya kalau pakai baju hijau ke Pantai Parangtritis nanti bisa ilang sama Nyi Roro Kidul. Kalau ada ribuan nyerbu, masa iya ilang massal. She can't drown us all (dia tak bisa menenggelamkan kita semua)," tulisnya. Sementara itu Peneliti Madya Bidang Oseanografi Terapan Pusat Riset Kelautan di Kementerian Kelautan dan Perikanan, Widodo Pranowo, telah mengungkap alasan logisnya. Menurut beliau, sebaiknya memang tidak usah memakai baju warna hijau kalau pergi ke pantai, karena kalau terseret arus atau tenggelam maka akan sulit dicari. Warna hijau menyatu dengan warna air laut, orang bakal lebih sulit mencari warna baju tersebut dibandingkan warna lainnya. Pranowo juga menyebut kalau warna hijau tidak ada hubungannya sama sekali dengan penguasa Pantai Selatan Nyi Roro Kidul.

Image result for nyi roro kidulgoogle.com  

Menurut halaman agenda di Facebook, sekitar 3,6 ribu mengonfirmasi akan hadir menyerbu dan menantang Nyi Roro Kidul dan 9,7 ribu tertarik untuk mengikuti agenda tersebut. Belum diketahui apakah acara serbuan ke Pantai Parangtritis ini betulan atau tidak, rencananya acara tersebut akan digelar pada hari Sabtu, 21 September 2019 mendatang pukul 10.00 WIB.

Ajakan serbu Nyi Roro Kidul di Parangtritisgoogle.com

Fyi, undangan 'Seru Pantai Parangtritis' ini hampir serupa dengan Acara Facebook, menyerbu Area 51 di Nevada, Amerika Serikat. Dilansir dari Washington Post, Area 51 adalah sebuah daerah terisolasi di bagian selatan Nevada, yang dimiliki oleh pemerintah Amerika Serikat, digunakan sebagai pusat pembangunan rahasia dan percobaan pesawat - pesawat tempur generasi baru. Alhasil lokasi tersebut membuat masyarakat dunia penasaran, bahkan selalu dikatikan dengan keberadaan ataupun kedatangan alien di Area 51. Maka dari itu, facebook event ini bertujuan untuk "See them alien" (Melihat alien-alien), sedangkan judulnya adalah  Storm Area 51, They Can't Stop All of Us, (Serbu Area 51, Mereka Tidak Bisa Menghentikan Kita Semua).

Lebih menariknya lagi, dalam acara tersebut dikabarkan akan menggunakan cara berlari ala Naruto. Lari Naruto ini adalah sebuah gaya lari yang diinspirasi sebuah manga Jepang yang menampilkan lengan yang direntangkan ke belakang dan mengarah ke depan, untuk menginvasi Area 51. Facebook Event ini kabarnya bakal diselenggarakan pada 20 September, di Nevada, Amerika Serikat.

Image result for serbu area 51google.com

Sedangkan di Indonesia sendiri, lokasi yang menjadi tempat serbuan tersebut adalah Pantai Parangtritis. Pantai ini digadang-gadang sebagai Kerajaan Ratu Pantai Selatan, Nyi Roro Kidul, yaitu sosok legendaris Indonesia yang sangat populer di kalangan masyarakat Pulau Jawa dan Bali. Tokoh ini dikenal sebagai Ratu Laut Selatan (Samudra Hindia) dan secara umum disamakan dengan Kanjeng Ratu Kidul, meskipun beberapa kalangan menganggap keduanya berbeda. Dalam mitologi Jawa, Kanjeng Ratu Kidul merupakan ciptaan dari Dewa Kaping Telu yang mengisi alam kehidupan sebagai Dewi Padi (Dewi Sri) dan dewi alam yang lain.  Sedangkan Nyi Roro Kidul mulanya merupakan putri Kerajaan Sunda yang diusir ayahnya karena ulah ibu tirinya. Dalam perkembangannya, masyarakat cenderung menyamakan Nyi Roro Kidul dengan Kanjeng Ratu Kidul, meskipun dalam kepercayaan Kejawen, Nyi Roro Kidul adalah bawahan setia Kanjeng Ratu Kidul.

Image result for nyi roro kidul viralgoogle.com

Banyak yang mempercayai kalo Nyi Roro Kidul ini sangat berkuasa di Samudera Hindia, sehingga mereka takut untuk berkunjung dengan mengenakan baju berwarna hijau, yang dipercaya warna kesukaan kanjeng Ratu. Makanya, si pengguna Facebook memilih baju warna hijau sebagai dress code untuk membuktikan kepercayaan tersebut, kira-kira fakta atau mitos yah?

Image result for nyi roro kidulgoogle.com

Poin Ekstra

Artikel ini dibuat oleh tim Playworld Indonesia

Andina BP
19 Jul 2019

20 Poin Ekstra
Dimanakah Area 51 berlokasi?

BALANCE ANDA SAAT INI

100
Points
5000
Coins
  1. Pastikan sudah login
  2. Tulis hanya bisa di jawab 1 kali per 1 user
  3. Hanya user dengan keanggotaan VIP yang bisa memberikan komentar.

POIN Ekstra: +20
2 Poin Ekstra

  1. Pastikan sudah login
  2. Tulis komentar dengan minimal terdiri dari 50 kata
  3. Poin hanya diberikan 1 kali untuk 1 User per 1 Artikel
  4. Seluruh komentar dimoderasi oleh tim Playworld ID dan bisa dihapus dan akan mengurangi total POIN jika komentar mengandung konten SARA, atau tidak sesuai dengan artikel yang dibaca
  5. Hanya user dengan keanggotaan VIP yang bisa memberikan komentar.




Extra POIN +2
Kamu mendapat tambahan POIN karena telah memberikan KOMENTAR
SELAMAT!
Kamu Mendapatkan
SELAMAT!
Kamu Mendapatkan
POIN Ekstra : +2

!
Pastikan selalu men-share dalam mode PUBLIC, jika tidak team PLAYWORLD.ID berhak untuk mendiskualifikasi kemenangan kamu.