Tarif BPJS Kesehatan Kelas 3 Naik, DPR Protes Hingga Ancam Tak Gelar Rapat
 

Tarif BPJS Kesehatan Kelas 3 Naik, DPR Protes Hingga Ancam Tak Gelar Rapat

BPJS Kesehatan kelas 3/ Foto: Beritasatu.com

Poin Ekstra

Kabar naiknya iuran BPJS Kesehatan memang cukup santer dibicarakan beberapa waktu belakangan ini. iuran BPJS Kesehatan pada Januari mendatang akan dinaikkan bahkan dua kali lipat dari jumlah iuran biasanya. Kenaikkan terkait tarif iuran inilah yang menjadi perdebatan beberapa pihak. DPR menggelar rapat dimana mengundang pihak BPJS Kesehatan beserta Kemenkes membahas tarif baru. Sayangnya ada kesalahpahaman yang terjadi terkait kenaikkan iuran BPJS  Kesehatan pada kelas III.

Protes Nihayatul Wafiroh Mendadak Viral

Salah satu komisi 9 DPR RI dari fraksi PKB turut memprotes kenaikan tarif BPJS Kesehatan. Dalam rapat sebelumnya hasil putusan menyatakan kenaikan tarif iuran hanya berlaku pada kelas 1 dan 2.  Biarpun begitu pihak BPJS Kesehatan akan tetap menaikkan tarif iuran untuk kelas 3. Alhasil Nihayatul Wafiroh tersebut protes tidak terima dan mengancam tidak akan menggelar rapat lagi karena merasa tak dianggap oleh pihak BPJS Kesehatan. Pernyataan ibu berkacamata tersebut juga didukung anggota DPR lainnya. 

 

Nihayatul menyatakan bahwa BPJS harus berpihak pada rakyat karena orang sakit dilindungi oleh undang-undang dan difasilitasi negara. Pernyataannya itupun viral dan ramai dibicarakan oleh netizen khususnya di twitter.  Sebelumnya DPR meminta kepada pemerintah untuk melakukan perbaikan terkait data peserta melalui data cleansing. Setelah pembenahan ini baru dilakukan kenaikan premi. DPR sangsi bila masih banyak rakyat miskin yang harus membayar premi secara mandiri.

Ini Lo Tarif BPJS Kesehatan Yang Diperdebatkan

Iuran BPJS Kesehatan/ Foto: Duitologi.com

Bukan tanpa alasan BPJS Kesehatan menaikkan tarif BPJS. Pasalnya sejak dirilis BPJS Kesehatan terus merugi bahkan defisitnya tinggi. Hal ini ditengarai ada sekitar 10.654.539 peserta JKN yang bermasalah. Banyaknya pembayaran premi yang tersendat bahkan membebani anggaran negara. Kenaikan tarif BPJS ini mencapai diatas 50 % sehingga banyak yang kurang setuju. Untuk iuran kelas III peserta yang semula membayar Rp. 25.500 per bulan akan diwajibkan membayar Rp.42.000. kelas II semula dikenakan Rp.51.000 akan berubah menjadi Rp.110.000. untuk kelas I dari Rp.80.000 akan menjadi Rp.160.000.

Poin Ekstra

Artikel ini dibuat oleh tim Playworld Indonesia

Nurchalimah
07 Nov 2019

20 Poin Ekstra
Berapakah tarif iuran BPJS Kesehatan kelas II tahun 2020?

BALANCE ANDA SAAT INI

100
Points
5000
Coins
  1. Pastikan sudah login
  2. Tulis hanya bisa di jawab 1 kali per 1 user
  3. Hanya user dengan keanggotaan VIP yang bisa memberikan komentar.

POIN Ekstra: +20
2 Poin Ekstra

  1. Pastikan sudah login
  2. Tulis komentar dengan minimal terdiri dari 50 kata
  3. Poin hanya diberikan 1 kali untuk 1 User per 1 Artikel
  4. Seluruh komentar dimoderasi oleh tim Playworld ID dan bisa dihapus dan akan mengurangi total POIN jika komentar mengandung konten SARA, atau tidak sesuai dengan artikel yang dibaca
  5. Hanya user dengan keanggotaan VIP yang bisa memberikan komentar.




Extra POIN +2
Kamu mendapat tambahan POIN karena telah memberikan KOMENTAR
SELAMAT!
Kamu Mendapatkan
SELAMAT!
Kamu Mendapatkan
POIN Ekstra : +2

!
Pastikan selalu men-share dalam mode PUBLIC, jika tidak team PLAYWORLD.ID berhak untuk mendiskualifikasi kemenangan kamu.