Plagiarisme Marak Lagi, Begini Cara Agar Kamu Tidak dianggap Mencuri Konten!
 

Plagiarisme Marak Lagi, Begini Cara Agar Kamu Tidak dianggap Mencuri Konten!

Maraknya plagiarism/ Foto: Amle.org

Poin Ekstra

Akun Youtube bernama Calon Sarjana sedang marak diperbincangkan. Akun tersebut dianggap meruntuhkan nama baik masyarakat Indonesia akibat tindakan plagiarism. Konten-konten yang diunggah tersebut adalah hasil remake atau mengunggah ulang hasil karya orang lain tanpa sepengetahuan pemiliknya. Tak tanggung-tanggung, akun Youtube yang karyanya tidak asli tersebut telah memiliki sekitar 12 juta follower dan tentunya meraup banyak keuntungan.

Menghindari plagiarisme sangat penting terutama bagi kamu yang bekerja di industri kreatif. Menurut kamus Merriam-Webster, kata kerja "plagiarisme" berarti sebuah tindakan mencuri dan mengakui ide atau kata-kata orang lain sebagai milik sendiri, menggunakan hasil karya orang lain tanpa mengkredit sumbernya. Penggunaan kata "mencuri" dalam definisi ini tidak lain karena pelaku mengambil tanpa sepengetahuan pemilik aslinya demi kepentingannya sendiri. Bahkan, seseorang yang secara tidak sengaja menggunakan ide atau kata-kata orang lain tanpa mencantumkan sumber asli yang tepat, meskipun terhitung karena kecerobohan, dapat dianggap sebagai tindakan plagiarisme. Dalam budaya teknologi yang semakin maju, tindakan sederhana seperti copy-and-paste bisa tampak tidak berbahaya, tetapi memiliki konsekuensi serius dalam pengaturan akademik dan profesional.

Hasil gambar untuk calon sarjanaChanel youtube Calon Sarjana/ Foto: Tstatic.net

Mengapa seseorang harus menghindari plagiarisme?

Pada intinya, plagiarisme adalah masalah etika. Seorang penulis yang mengajukan karya plagiat melakukan tindak pencurian dengan harapan mendapat manfaat dari pencurian itu. Sama halnya ketika kamu mencontek ujian sekolah untuk mendapatkan nilai "A" atau penulis yang menjiplak kalimat orang lain demi meningkatkan kompensasi materi. Menghindari plagiarisme sangat penting terutama bagi seorang penulis karena hal itu akan membahayakan integritas pribadi. Selain akan kehilangan kepercayaan, kamu juga tidak akan dipercaya sebagai profesional dan menghancurkan kemajuan karier di masa depan. Selain itu, tanpa mencantumkan kredit, atau berbagi keuntungan dengan pemilik karya asli, kamu dapat terjerat tindakan hukum saat ada tuntutan. 

Bagaimana caranya agar tidak terjerat kasus plagiarisme?

Hasil gambar untuk plagiarismStop Plagiarism/ Foto: Eschoolnews.com

Menghindari plagiarisme sebenarnya mudah dilakukan jika kamu sudah cukup memiliki pemahaman mendasar tentang apa itu plagiarisme. Saat menyinggung ide atau kata-kata yang bukan dari hasil pemikiranmu sendiri, tambahkan kutipan dalam tulisan yang mengidentifikasi nama lengkap sumber, tanggal diterbitkan, dan elemen kutipan lain yang diperlukan. Salah satu cara paling sederhana namun jelas untuk menghindari plagiarisme adalah dengan menggunakan tanda kutip di bagian teks untuk menyatakan bahwa kata-kata itu bukan milikmu sendiri. Kutipan langsung juga harus mencantumkan sumbernya sehingga pembaca tahu dari mana kutipan itu berasal. Mengutip adalah menulis ulang ide atau informasi sumber menjadi kata-katamu sendiri tanpa mengubah artinya. Tapi hati-hati — parafrase bisa masuk dalam plagiarisme jika dilakukan secara tidak benar. Berhasil memparafrasekan tanpa menjiplak membutuhkan sedikit keahlian. Cobalah tulis ulang dengan gaya tulisanmu sendiri dengan cara yang orisinal, dan coba hindari menggunakan terlalu banyak kata atau frasa yang mirip dari sumbernya. Kuncinya adalah melakukannya tanpa mengubah arti dari ide itu sendiri. 


 

Poin Ekstra

Artikel ini dibuat oleh tim Playworld Indonesia

Alfa Anggraini
08 Nov 2019

20 Poin Ekstra
Berapakah jumlah followers yang kini dimiliki oleh Calon Sarjana?

BALANCE ANDA SAAT INI

100
Points
5000
Coins
  1. Pastikan sudah login
  2. Tulis hanya bisa di jawab 1 kali per 1 user
  3. Hanya user dengan keanggotaan VIP yang bisa memberikan komentar.

POIN Ekstra: +20
2 Poin Ekstra

  1. Pastikan sudah login
  2. Tulis komentar dengan minimal terdiri dari 50 kata
  3. Poin hanya diberikan 1 kali untuk 1 User per 1 Artikel
  4. Seluruh komentar dimoderasi oleh tim Playworld ID dan bisa dihapus dan akan mengurangi total POIN jika komentar mengandung konten SARA, atau tidak sesuai dengan artikel yang dibaca
  5. Hanya user dengan keanggotaan VIP yang bisa memberikan komentar.




Extra POIN +2
Kamu mendapat tambahan POIN karena telah memberikan KOMENTAR
SELAMAT!
Kamu Mendapatkan
SELAMAT!
Kamu Mendapatkan
POIN Ekstra : +2

!
Pastikan selalu men-share dalam mode PUBLIC, jika tidak team PLAYWORLD.ID berhak untuk mendiskualifikasi kemenangan kamu.