Kamu Dapat Berkontribusi Dengan Melakukan Hal Ini di Hari Dokter Nasional
 

Kamu Dapat Berkontribusi Dengan Melakukan Hal Ini di Hari Dokter Nasional

spineuniverse.com

Poin Ekstra

Sejak tanggal 24 Oktober 1950 hingga saat ini telah ditetapkan sebagai Hari Dokter Nasional. Tahun ini terhitung sebagai Hari Dokter Nasional yang ke-69. Setiap orang pasti pernah sakit dan mendatangi dokter untuk berobat. Tidak hanya memeriksa kesehatan saja, dokter juga bertugas memberikan informasi seputar kesehatan hingga berperan menyelamatkan nyawa umat manusia. Nah, kita juga dapat berkontribusi dalam membantu peran dokter dengan cara menjaga kesehatan diri dan orang-orang di sekitar kita. Bagaimana caranya agar tidak mudah terserang penyakit?

Profesor Dr Sergey Bubnovskij seorang ahli kesehatan menganjurkan sebuah metode sederhana untuk memperkuat sistem kekebalan tubuh. Pada malam hari, setelah pulang beraktifitas, masukkan es batu ke dalam  bak besar dan tunggu hingga benar-benar meleleh. Kemudian, masukkan kakimu ke dalam bak air dingin tersebut sekitar 10-15 detik. Ulangi beberapa saat kemudian lalu keringkan kaki dengan handuk. Jika cara ini secara rutin diterapkan setiap malam sebelum tidur, kamu akan merasakan hasil yang signifikan. Selain itu, supaya virus flu tidak mengganggu kesehatan kita, berikut adalah cara yang dapat dilakukan untuk terhindar dari penyakit akibat lemahnya sistem imun:

1. Bersauna

Related imageSauna sambil menikmati pemandangan alam

Foto: rmps.com

Bersauna tidak hanya untuk meregangkan otot agar rileks, tetapi juga sebagai cara untuk detoksifikasi atau mengeluarkan segala bentuk racun yang telah menyumbat pori-pori kulit. Selain itu, manfaat dari bersauna adalah untuk melancarkan saluran pernafasan sehingga kamu akan terhindar dari penyakit flu atau pilek.

2. Memasang Humidifier

Image result for Memasang HumidifierHumdifier kayu

Foto: Dream.co.id

Humidifier merupakan alat yang digunakan untuk mengatur kelembaban udara di dalam ruangan. Udara yang terlalu kering maupun terlalu lembab adalah lingkungan yang sangat baik bagi virus untuk berkembang. Kamu juga dapat memaksimalkan ventilasi rumah agar cahaya matahari dapat masuk lebih banyak ke dalam rumah.

3. Mendengarkan beberapa lagu

Image result for listen to musicMendengarkan musik

Foto: Dailymail.co.uk

Musik dapat mempengaruhi imajinasi seseorang. Musik yang diperdengarkan dapat mengurangi stres, meningkatkan memori serta  meningkatkan kekebalan tubuh. Mulailah dengan mendengarkan musik-musik yang sesuai dengan suasana hati kamu. Biarkan tubuh bergerak seiring dengan irama musik agar tubuh mengeluarkan keringat yang lebih menyehatkan.

4. Berkumur

Image result for berkumurBerkumur di dalam kamar mandi

Foto: Beritagar.id

Air garam dapat digunakan untuk mengurangi nyeri dari sakit tenggorokan. Hasil studi membuktikan bahwa seseorang yang sering berkumur dapat terhindar dari penyakit dengan baik daripada seseorang yang jarang berkumur atau menggosok gigi.

5. Mulai menerapkan pola makan sehat

Image result for pola makan sehatPola makan sehat

Foto: Hellosehat.com

Selalu menjaga kebersihan dengan mencuci tangan sebelum melakukan aktifitas dapat menekan jumlah virus yang kemungkinan masuk melalui makanan dan menyerang tubuh kita. Mengonsumsi buah-buahan yang kaya antioksidan serta vitamin C dapat membantu organ dalam tubuh untuk memperkuat sistem imun. Buah-buahan apa sajakah yang kaya antioksidan dan vitamin C itu? Kamu dapat menemukan manfaat vitamin C yang kaya akan antioksidan dari buah Pomegrante, anggur dan blackcurrent. Selain dapat dikonsumsi sebagai salad atau jus, kini kamu juga dapat menikmatinya dalam bentuk minuman kesehatan yang cukup praktis untuk dibawa kemanapun.

Poin Ekstra

Artikel ini dibuat oleh tim Playworld Indonesia

Alfa Anggraini
25 Oct 2019

2 Poin Ekstra

  1. Pastikan sudah login
  2. Tulis komentar dengan minimal terdiri dari 50 kata
  3. Poin hanya diberikan 1 kali untuk 1 User per 1 Artikel
  4. Seluruh komentar dimoderasi oleh tim Playworld ID dan bisa dihapus dan akan mengurangi total POIN jika komentar mengandung konten SARA, atau tidak sesuai dengan artikel yang dibaca
  5. Hanya user dengan keanggotaan VIP yang bisa memberikan komentar.




Extra POIN +2
Kamu mendapat tambahan POIN karena telah memberikan KOMENTAR
SELAMAT!
Kamu Mendapatkan
SELAMAT!
Kamu Mendapatkan
POIN Ekstra : +2

!
Pastikan selalu men-share dalam mode PUBLIC, jika tidak team PLAYWORLD.ID berhak untuk mendiskualifikasi kemenangan kamu.