Jadi Menteri Polhukam, ini Rekam Jejak Mahfud MD yang Mengagumkan
 

Jadi Menteri Polhukam, ini Rekam Jejak Mahfud MD yang Mengagumkan

https://cdn2.tstatic.net/solo/foto/bank/images/foto-mahfud-md.jpg
Poin Ekstra

Pelantikan Presiden dan Wakil Presiden RI 2019-2024 telah selesai, kini saatnya menantikan pengesahan para calon menterinya yang dijadwalkan pada hari Senin 21 Oktober 2019. Setelah dilantik sebagai Presiden, Jokowi menyatakan akan memperkenalkan kandidat menterinya pada hari Senin. Sejumlah tokoh telah mendatangi Kompleks Istana Kepresidenan pada hari itu juga untuk bertemu Presiden Joko Widodo. Rabu ini susunan kabinet pemerintahan telah diumumkan presiden terpilih Jokowi. Salah satu nama yang muncul adalah Mahfud MD, sejauh mana kamu mengenalnya?

Sempat hadir bersama keluarga mengenakan kemeja putih berlengan panjang dan celana hitam, Prof. Dr. Mohommad Mahfud MD.,S.H. adalah pakar hukum tata negara asal Madura. Mahfud dipercaya menjabat Menteri Pertahanan oleh Presiden Abdurrahman Wahid tahun 2000-2001. Ia juga sempat merangkap jabatan sebagai Menteri Kehakiman dan HAM. Ia terpilih sebagai anggota DPR dari PKB pada Pemilu 2004. Ia berada di Komisi III dan sempat di Komisi I. Mahfud juga pernah memimpin Badan Legislasi DPR.  Pada akhir masa jabatan sebagai anggota legislative tahun 2008, Mahfud mengikut uji kelayakan calon hakim Mahkamah Konstitusi (MK). Ia terpilih dan dipercaya menjadi Ketua MK periode 2008-2013.

Image result for mahfud mdimage source: tempo.co

Inisial MD sebenarnya adalah nama ayahnya karena saat di SMP ada dua anak yang bernama Mahfud, maka untuk membedakannya ditambahkan MD. Sejak kecil Mahfud menempuh dua jenis pendidikan diantaranya agama dan umum. Pagi ia belajar umum di sekolah dasar dan sorenya bersekolah agama di madrasah. Setelah lulus sekolah dasar, Mahfud menempuh Pendidikan Guru Agama Negeri di Pamekasan, Madura dan melanjutkan Pendidikan Hakim Islam Negeri (PHIN) selama tiga tahun di Yogyakarta.

Setelah lulus tingkat SMA, Mahfud menjalani dua perguruan tinggi sekaligus. Ia mengambil Jurusan Sastra Arab di UGM dan Jurusan Hukum Tata Negara di UII, Yogyakarta. Namun, ia lebih fokus mendalami Hukum Tata Negara dan meninggalkan Sastra Arab. Dengan nilai bagus yang diperolehnya, Mahfud mendapatkan beasiswa.
Setelah memperoleh gelar sarjana hukum di usia 26 tahun, Mahfud lantas memulai kariernya sebagai dosen di UII. Kendatipun disibukkan dengan kegiatannya menjadi dosen, ia tetap menyelesaikan pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi di UGM. Nama Mahfud dikenal secara nasional saat ia dipilih sebagai Menteri Pertahanan oleh Presiden Abdurrahman Wahid pada periode 2000-2001. Mahfud merangkap Menteri Kehakiman dan HAM di masa jabatan saat itu. Setelah tidak menjadi eksekutif lagi, Mahfud melirik dunia legislatif. Awalnya ia bergabung dengan Partai Amanat Nasional (PAN), kemudian memilih mantap ke Partai Kebangkitan Bangsa (PKB), yaitu pertai yang didirikan oleh Abdurrahman Wahid.

Image result for mahfud mdimage source: klimg.com

Pada pemilu 2004, Mahfud terpilih sebagai anggota legislatif dari PKB periode 2004-2009. Ketika masa jabatannya berakhir di DPR pada tahun 2008, Mahfud sempat mengikuti uji kelayakan calon hakim konstitusi. Hasilnya, ia lolos seleksi dan terpilih juga sebagai Ketua Mahkamah Konstitusi (MK) untuk periode 2008-2013. Sikapnya yang tegas, lugas, dan jujur mengantarkan Mahfud pada jabatan Menteri Koordinator Politik, Hukum, dan Keamanan yang dipilih presiden periode 2019-2024. Selamat, ya!

Poin Ekstra

Artikel ini dibuat oleh tim Playworld Indonesia

Alfa Anggraini
23 Oct 2019

2 Poin Ekstra

  1. Pastikan sudah login
  2. Tulis komentar dengan minimal terdiri dari 50 kata
  3. Poin hanya diberikan 1 kali untuk 1 User per 1 Artikel
  4. Seluruh komentar dimoderasi oleh tim Playworld ID dan bisa dihapus dan akan mengurangi total POIN jika komentar mengandung konten SARA, atau tidak sesuai dengan artikel yang dibaca
  5. Hanya user dengan keanggotaan VIP yang bisa memberikan komentar.




Extra POIN +2
Kamu mendapat tambahan POIN karena telah memberikan KOMENTAR
SELAMAT!
Kamu Mendapatkan
SELAMAT!
Kamu Mendapatkan
POIN Ekstra : +2

!
Pastikan selalu men-share dalam mode PUBLIC, jika tidak team PLAYWORLD.ID berhak untuk mendiskualifikasi kemenangan kamu.