Jack Ma Resmi Pensiun Dari Alibaba
 

Jack Ma Resmi Pensiun Dari Alibaba

Poin Ekstra

Genap berusia 55 tahun Jack Ma memilih untuk hengkang dari Alibaba.  Pada 10 September 2019 bertepatan dengan hari ulang tahunnya ia mengumumkan pensiun dari Alibaba Group. Ia mengadakan pesta perpisahan di stadion Hangzhou Olyimpic Sports Center. Pesta ini diisi oleh selebritis China.

Tanggal tersebut juga bertepatan dengan hari guru nasional di China. Rumor pensiunnya dari Alibaba sudah tercium tahun lalu saat ia sesumbar ingin memberikan kesempatan kepada juniornya untuk memimpin perusahaan.

Siapa Pengganti Jack Ma?

Hasil gambar untuk Daniel Zhangbizlaw

Keputusan Jack Ma ini memang bikin heboh apalagi orang terkaya se-China tersebut masih bisa dibilang terlalu muda untuk pensiun. Biarpun begitu Jack Ma sudah memutuskan juniornya untuk memimpin Alibaba Group yang didirikannya.  Kini posisi Jack Ma telah digantikan oleh Daniel Zhang. Jack Ma mengatakan bahwa juniornya tersebut memiliki ketrampilan, logika kritis serta komitmen untuk membawa inovasi bisnis yang lebih inovatif.

Daniel Zhang sendiri sudah bekerja di Alibaba sejak 2007 silam sebagai chief financial officer di Taobao yang merupakan anak perusahaan Alibaba.  Daniel Zhang juga yang mempelopori 11 November Shopping Festival (Single’s Day) yang merupakan festival belanja popular di China bagi mereka yang masih berstatus jomblo.

Setelah Ini Jack Ma Akan Fokus Di Filantrofi

businesswire

Walaupun pensiun namun Jack Ma tak lantas meninggalkan Alibaba begitu saja. ia akan terjun ke dunia pendidikan usai pensiun.  Jack Ma  sendiri akan lebih aktif pada Jack Ma Foundation yang berfokus pada kegiatan social, kemanusiaan dan pendidikan. Ia sendiri terinspirasi dengan Bill Gates yang lebih dahulu mendirikan Bill & Melinda Foundation. Jack Ma sendiri diketahui pernah menjadi seorang guru bahasa Inggris sebelum mendirikan Alibaba.

Alibaba merupakan perusahaan ecommerce terbesar yang ada di China. Bisnis alibaba bergerak pada komputasi awan meliputi teknologi finansial.  Alibaba sendiri memiliki nilai kapitalisasi pasar hingga 460 miliar dolar. Walau bergelimang harta Jack Ma dikenal sebagai pribadi yang sederhana dan tidak suka foya-foya. Tak heran bila ia juga disanjung oleh warga China.

 

Poin Ekstra

Artikel ini dibuat oleh tim Playworld Indonesia

Andina BP
11 Sep 2019

20 Poin Ekstra
Di usia ke berapakah Jack Ma pensiun dari Alibaba?

BALANCE ANDA SAAT INI

100
Points
5000
Coins
  1. Pastikan sudah login
  2. Tulis hanya bisa di jawab 1 kali per 1 user
  3. Hanya user dengan keanggotaan VIP yang bisa memberikan komentar.

POIN Ekstra: +20
2 Poin Ekstra

  1. Pastikan sudah login
  2. Tulis komentar dengan minimal terdiri dari 50 kata
  3. Poin hanya diberikan 1 kali untuk 1 User per 1 Artikel
  4. Seluruh komentar dimoderasi oleh tim Playworld ID dan bisa dihapus dan akan mengurangi total POIN jika komentar mengandung konten SARA, atau tidak sesuai dengan artikel yang dibaca
  5. Hanya user dengan keanggotaan VIP yang bisa memberikan komentar.




Extra POIN +2
Kamu mendapat tambahan POIN karena telah memberikan KOMENTAR
SELAMAT!
Kamu Mendapatkan
SELAMAT!
Kamu Mendapatkan
POIN Ekstra : +2

!
Pastikan selalu men-share dalam mode PUBLIC, jika tidak team PLAYWORLD.ID berhak untuk mendiskualifikasi kemenangan kamu.