Indonesia Masuk Daftar Negara yang Mengalami Pemadaman Listrik Terbesar di Dunia
 

Indonesia Masuk Daftar Negara yang Mengalami Pemadaman Listrik Terbesar di Dunia

Poin Ekstra

Peristiwa pemadaman listrik yang melanda sejumlah wilayah di Pulau Jawa lagi hangat-hangatnya dibahas di media sosial. Bagaimana tidak, hal tersebut bukan hanya menimbulkan dampak kecil, melainkan berdampak sangat besar bagi kelangsungan hidup masyarakat. Bahkan peristiwa ini membuat banyak aktivitas terhambat, hingga jaringan seluler dan fasilitas umum terganggu.

Ini bukan pertama kalinya Indonesia mengalami pemadaman listrik atau yang dikenal dengan istilah 'blackout', karena di tahun 2002 alias 17 tahun silam Tanah Air juga pernah mengalami hal serupa, bahkan sampai tiga hari berturut-turut lamanya.

Tapi, Indonesia bukan negara pertama bahkan satu-satunya yang pernah mengalami blackout. Sejumlah negara lain seperti Thailand hingga Kanada pun pernah mengalaminya, berikut ulasan 5 negara dengan pemadaman listrik terbesar di dunia

1. Thailand

Image result for mati listrik thailandgoogle.com

Di tahun 1978 silam, Thailand mengalami pemadaman listrik serentak secara nasional. Peristiwa tersebut berlangsung selama sembilan jam sebelum pihak berwenang memulihkan daya listrik. Lalu pada bulan Mei 2013, Thailand kembali mengalami pemadaman besar-besaran dikarenakan hal serupa.

2. Brazil

Image result for brazil malam harigoogle.com

Brazil juga pernah mengalami hal serupa di tahun 1999, satu sambaran petir menghantam sebuah gardu listrik yang kemudian mematikan Itaipu, yaitu pembangkit listrik terbesar di dunia. Sehingga sekitar 97 juta dari 160 jutao rang yang tinggal di Brasil terdampak pemadaman listrik terbesar saat itu.

3. India

Image result for India malam harigoogle.com

Kegagalan gardu induk Uttar Pradesh memicu jaringan utara India runtuh, oleh karena itu pihak berwajib terpaksa memadamkan listrik selama kurang lebih 12 jam. Dalam peristiwa tersebut, Konfederasi Industri India memperkirakan kerugian dalam bisnis berjumlah sekitar $107,1 Juta.

4. Amerika Serikat dan Kanada

Related imagegoogle.com

Pada tahun 1965, relai di stasiun Sir Adam Beck di sisi Ontario, Niagara Falls mendadak bermasalah. Sehingga menyebabkan pemadaman listrik terbesar dalam sejarah Amerika Serikat, bahkan saluran transmisi 230 kilovolt menciptakan efek domino dari permasalahan tersebut. Alhasil gelombang kekuatan yang membanjiri saluran transmisi membuat New York mengalami kegelapan pada puncak jam sibuk.

5. Indonesia

Image result for indonesia mati lampugoogle.com

Selain di tahun 2002 dan 2019, ternyata pada 18 Agustus 2005 Indonesia juga pernah dilanda pemadaman listrik selama hampir 11 jam. Hal tersebut dikarenakan kegagalan saluran transmisi 500 kilovolt antara Cilegon dan Saguling, Jawa Barat.

Itulah lima peristiwa pemadaman listrik terbesar di dunia sampai saat ini. Ternyata Indonesia menjadi salah satu personil di dalamnya, semoga kejadian serupa tidak terulang kembali yah, karena dampak kerugiannya sangat luar biasa.

Poin Ekstra

Artikel ini dibuat oleh tim Playworld Indonesia

Andina BP
06 Aug 2019

20 Poin Ekstra
Pada tahun berapakah pemadaman listrik kedua terjadi di Thailand?

BALANCE ANDA SAAT INI

100
Points
5000
Coins
  1. Pastikan sudah login
  2. Tulis hanya bisa di jawab 1 kali per 1 user
  3. Hanya user dengan keanggotaan VIP yang bisa memberikan komentar.

POIN Ekstra: +20
2 Poin Ekstra

  1. Pastikan sudah login
  2. Tulis komentar dengan minimal terdiri dari 50 kata
  3. Poin hanya diberikan 1 kali untuk 1 User per 1 Artikel
  4. Seluruh komentar dimoderasi oleh tim Playworld ID dan bisa dihapus dan akan mengurangi total POIN jika komentar mengandung konten SARA, atau tidak sesuai dengan artikel yang dibaca
  5. Hanya user dengan keanggotaan VIP yang bisa memberikan komentar.




Extra POIN +2
Kamu mendapat tambahan POIN karena telah memberikan KOMENTAR
SELAMAT!
Kamu Mendapatkan
SELAMAT!
Kamu Mendapatkan
POIN Ekstra : +2

!
Pastikan selalu men-share dalam mode PUBLIC, jika tidak team PLAYWORLD.ID berhak untuk mendiskualifikasi kemenangan kamu.