Heboh Lulusan UI 'Sombong' Menolak Gaji 8 Juta dari Perusahaan Lokal
 

Heboh Lulusan UI 'Sombong' Menolak Gaji 8 Juta dari Perusahaan Lokal

Poin Ekstra

Media sosial tengah dihebohkan dengan story salah seorang pengguna instagram, terlihat dari story tersebut sang pengguna seakan 'menyombongkan diri' karena berlatar belakang #lulusanUI. Berikut unggahannya

https://pbs.twimg.com/media/EAKSZJOUEAAlW66?format=jpg&name=900x900google.com

“Jadi gue diundang interview kerja perusahaan lokal. Dan nawarin gaji kisaran 8 juta doang. Hello meskipun gue fresh graduate gue lulusan UI pak. Univesitas Indonesia. Jangan disamain ama fresh graduate kampus lain dong ah. Level UI mah udah perusahaan LN(luar negeri), kalau lokal mah oke aja asal harga cucok”.

Dilihat dari unggahannya, ia merupakan lulusan baru (fresh graduate) Universitas Indonesia, yang baru saja di undang interview oleh salah satu perusahaan lokal. Namun, ia memprotes karena salary atau gaji yang ditawarkan hanya berkisar Rp8 juta, menurutnya harga tersebut tidak bisa disamakan dengan fresh graduate lainnya. Bahkan, ia menyebut kalau lulusan Universitas Indonesia lebih pantas bermain di level perusahaan Luar Negeri dibandingkan dalam Negeri. Lalu, bagaimana tanggapan dari pihak kampus Universitas Indonesia?

Menurut Kepala Kantor dan KIP UI, Rifelly Dewi Astuti, hal tersebut merupakan bentuk ekspresi anak muda melalui media sosial. Ia enggan menanggapi lebih banyak lantaran identitas pemilik akun yang menulis postingan itu belum kelihatan. Makanya, akun ini belum bisa dipastikan apakah betul lulusan UI atau sebaliknya. Tapi, kalau benar postingan tersebut berasal dari anak UI, ia pun sangat menyayangkannya. Rifelly berharap netizen tidak langsung memberi cap negatif terhadap seluruh lulusan UI akibat postingan itu.

Image result for Rifelly Dewi Astuti

Usut punya usut, berdasarkan hasil survei yang dilakukan oleh tim Tracer Study Universitas Indonesia, 83 persen perusahaan puas dengan kinerja lulusan UI. Human Universitas Indonesia, Egia Tarigan juga menyatakan kalau lulusan UI memiliki daya saing lebih baik dibandingkan universitas lainnya. Beberapa keunggulan yang dimiliki lulusan UI adalah rata-rata cepat mengerti maksud perusahaan. Lalu, menurut survei Tracer Study pada 2018 terhadap 2.735 lulusan SI UI dapat beradaptasi dengan baik, para lulusan juga menguasai pengetahuan dalam bidang kerja yang diambil. "Rata-rata juga memiliki kemauan belajar, dapat bekerja sama dengan tim, dan penuh inisiatif," tutur Egi seperti yang dilansir dari Kompas.

Selain itu, unggahan tersebut juga menyita perhatian salah seorang profesor bernama Gus Nadir. Lewat akun twitter pribadinya, Gus Nadir memberi sindiran halus untuk si lulusan UI yang tolak gaji Rp8 Juta.

Gus Nadir yang merupakan lulusan IAIN dan kini seorang Profesor Hukum di Monash University, Melbourne, Australia mensyukuri pendapatan yang diterima asal bisa membahagiakan keluarga. Saya bukan #LulusanUI cuma lulusan IAIN, yang berganti nama menjadi UIN. Gaji berapa? Yah lumayanlah kalau dibelikan kerupuk, satu keluarga bisa kenyang," tulis na_dirs pada Kamis, 24 Juli kemarin. Selanjutnya, Gus Nadir menuliskan bila latar belakang pendidikan tak menjamin masa depan sesorang, semua tergantung dengan diri mereka sendiri.

Image result for feni rose uigoogle.com

Belum sampai disitu, bahkan seorang host papan atas Feni Rose yang ternyata merupakan alumni dari Universitas serupa, turut berkomentar. Fyi, Feni adalah lulusan FISIP Antropologi Universitas Indonesia tahun 1998. Menurut Feni Rose, mesikpun ia menyandang status sebagai alumni UNI, tapi ia pernah bekerja kantoran dan dirinya tidak stengil seperti pengguna tersebut. Sampai-sampai, Feni menyindir dengan kalimat "Itu UI jalur susah payah kali ya? Susah masuk susah keluar". tulis Feni Rose.

Image result for Dian Sastrowardoyo uigoogle.com

Bicara soal alumni UI, enggak sedikit artis Tanah Air yang merupakan alumni kampus ternama tersebut. Diantaranya mulai dari Dian Sastrowardoyo, Dian adalah lulusan SI Jurusan Filsafat Fakultas Ilmu Pengetahuan Budaya UI, ia lulus di tahun 2007 silam. Bukan cuma itu, Dia bahkan melanjutkan pendidikannya di Universitas serupa dengan jurusan S2 Manajemen Keuangan kemudian lulus di tahun 2014. Febby Rastanty menyandang gelar Sarjana Hukum dari Universitas Indonesia, ia masuk ke dalam kampus tersebut melalui jalur SBMPTN, Febby mampu menyelesaikan kuliahnya dalam waktu 3,5 tahun dan IPK Cumlaude. Selanjutnya adalah menantu Presiden ke-6 RI Susilo Bambang Yudhoyono, Annisa Yudhoyono, Annisa berhasil menyelesaikan S2-nya di UI jurusan Magister Manajemen dalam waktu 18 bulan dan mendapat IPK 3,98.

Image result for annisa yudhoyono uigoogle.com

Nah, mantan penyanyi cilik Tasya Kamila juga merupakan lulusan S1 Universitas Indonesia dengan masa kuliah 3,5 tahun, karena prestasinya pula Tasya berhasil meraih beasiswa di Colombia University.

Image result for tasya kamila uigoogle.com

Saking viralnya, peristiwa tersebut sampai menjadi trending dengan tagar #gaji8juta di twitter. Kalo kamu mau berkomentar apa nih?

Poin Ekstra

Artikel ini dibuat oleh tim Playworld Indonesia

Andina BP
25 Jul 2019

20 Poin Ekstra
Pada tahun berapakah Dian Sastro menyeleasikan S1-nya di Universitas Indonesia?

BALANCE ANDA SAAT INI

100
Points
5000
Coins
  1. Pastikan sudah login
  2. Tulis hanya bisa di jawab 1 kali per 1 user
  3. Hanya user dengan keanggotaan VIP yang bisa memberikan komentar.

POIN Ekstra: +20
2 Poin Ekstra

  1. Pastikan sudah login
  2. Tulis komentar dengan minimal terdiri dari 50 kata
  3. Poin hanya diberikan 1 kali untuk 1 User per 1 Artikel
  4. Seluruh komentar dimoderasi oleh tim Playworld ID dan bisa dihapus dan akan mengurangi total POIN jika komentar mengandung konten SARA, atau tidak sesuai dengan artikel yang dibaca
  5. Hanya user dengan keanggotaan VIP yang bisa memberikan komentar.




Extra POIN +2
Kamu mendapat tambahan POIN karena telah memberikan KOMENTAR
SELAMAT!
Kamu Mendapatkan
SELAMAT!
Kamu Mendapatkan
POIN Ekstra : +2

!
Pastikan selalu men-share dalam mode PUBLIC, jika tidak team PLAYWORLD.ID berhak untuk mendiskualifikasi kemenangan kamu.