Hari Kesehatan Jiwa, ini 5 Makanan yang Ampuh Menghilangkan Stres
 

Hari Kesehatan Jiwa, ini 5 Makanan yang Ampuh Menghilangkan Stres

Poin Ekstra

Tepat di tanggal 10 Oktober masyarakat dunia kompak memperingati 'Hari Kesehatan Jiwa Sedunia' atau World Mental Health Day. Peringatan hari penting ini pertama kali diperingati pada tahun 1992 silam, dan tahun ini merupakan yang ke-27 kalinya. Dilansir dari situs resmi World Federation For Mental Health (WFMH), terbentuknya WMH Day adalah inisiasi dari Wakil Sekertaris Jendral, Richard Hunter di tahun serupa.

Tujuan dibentuknya hari peringatan WMH untuk mensosialisasikan dan mendidik masyarakat terkait kesehatan mental atau jiwa. Di sejumlah negara, WMH bukan hanya diperingati selama 1 hari namun beberapa hari, seminggu bahkan ada jangka panjang hingga berbulan-bulan. Tahun ini, WHO membuka tantangan bertajuk '40 Second of Action' tanda kontribusinya terhadap WMH. Setiap peserta bisa berperan dan berkontribusi mencegah terjadinya kasus bunuh diri. Karena berdasarkan data WHO, setiap 40 detik sekali peristiwa bunuh diri bisa saja terjadi di seluruh dunia.

Bicara soal Kesehatan Jiwa, tentu ada sejumlah makanan yang mungkin bisa mengontrol lebih baik kondisi jiwa manusia. Entah itu sekedar mencegah atau mungkin menghilangkan stres. Meskipun bukan untuk gangguan kesehatan jiwa kelas berat, tapi 5 makanan di bawah ini bisa membantu mencegahnya

1. Cokelat

Image result for cokelatnet.id

Camilan yang satu ini memiliki manfaat penting bagi kesehatan tubuh, kandungan serotonin dalam cokelat berfungsi sebagai antidepresan yang membuat penikmatnya terhindar atau terbebas dari stres. Apalagi kalau cokelat yang dikonsumsi adalah 'Dark Chocolate', camilan ini bisa menurunkan tekanan darah yang akan memicu perasaan tenang.

2. Almond

Image result for Almondmnn.com

Jenis kacang-kacangan ini mengandung serotonin yang dapat membantu menyeimbangkan mood dan stres. Ditambah kandungan zat besi di dalamnya pun mampu mengurangi efek negatif dari stres.

3. Berry

Image result for Berryimgix.net

Bukan buah namanya kalau tak memiliki kandungan bermanfaat untuk tubuh. Keluarga buah berry (termasuk raspberry, strawberry, blueberry hingga blackberry) dikabarkan bisa melawan stres karena kandungan vitamin C-nya yang tinggi.

4. Salmon

Image result for Salmonnyt.com

Kandungan asam lemak omega-3 dalam salmon memiliki sifat antiperadangan yang dapat melawan stres. Sebuah studi mahasiswa kedokteran tahun 2011 silam, menemukan kalau suplemen omega-3 setiap hari mampu menurunkan kecemasan hingga 20 persen.

5. Teh Hijau

 

Mengonsumsi teh hijau ternyata sangat bermanfaat bagi tubuh, kandungan asam aminonya baik untuk membantu merelaksasi tubuh dan meningkatkan konsentrasi. Ketika seseorang merasa tertekan, makan mengonsumsi teh hijau akan membuatnya lebih tenang.

Itulah lima makanan yang dipercaya bisa mengontrol rasa stres, semoga informasi diatas bermanfaat yah!

Poin Ekstra

Artikel ini dibuat oleh tim Playworld Indonesia

Andina BP
10 Oct 2019

20 Poin Ekstra
Vitamin apa yang terkandung dalam buah Berry?

BALANCE ANDA SAAT INI

100
Points
5000
Coins
  1. Pastikan sudah login
  2. Tulis hanya bisa di jawab 1 kali per 1 user
  3. Hanya user dengan keanggotaan VIP yang bisa memberikan komentar.

POIN Ekstra: +20
2 Poin Ekstra

  1. Pastikan sudah login
  2. Tulis komentar dengan minimal terdiri dari 50 kata
  3. Poin hanya diberikan 1 kali untuk 1 User per 1 Artikel
  4. Seluruh komentar dimoderasi oleh tim Playworld ID dan bisa dihapus dan akan mengurangi total POIN jika komentar mengandung konten SARA, atau tidak sesuai dengan artikel yang dibaca
  5. Hanya user dengan keanggotaan VIP yang bisa memberikan komentar.




Extra POIN +2
Kamu mendapat tambahan POIN karena telah memberikan KOMENTAR
SELAMAT!
Kamu Mendapatkan
SELAMAT!
Kamu Mendapatkan
POIN Ekstra : +2

!
Pastikan selalu men-share dalam mode PUBLIC, jika tidak team PLAYWORLD.ID berhak untuk mendiskualifikasi kemenangan kamu.