Google Doodle Bikin Batik Bernuansa Biru Spesial 'Hari Batik Nasional'
 

Google Doodle Bikin Batik Bernuansa Biru Spesial 'Hari Batik Nasional'

Poin Ekstra

Tampilan Google Doodle hari ini cukup menarik perhatian masyarakat Indonesia. Bagaimana tidak, logo Google di halaman utamanya secara jelas berubah dan menampilkan latar belakang motif batik bernuansa biru oranye. Ternyata, mesin pencarian raksasa tersebut tengah menyemarakkan "Hari Batik Nasional" yang diperingati setiap tanggal 2 Oktober ini.

Desain Google Doodle ini dibuat oleh seorang seniman handal bernama Lydia Nichols. Tampilan tersebut memang dibuat secara manual alias bukan menggunakan rekayasa komputer. Dengan kain putih yang diwarnai oleh pigmen alami nila dan oranye, Nichols belajar langsung proses pembuatan batik dimana lilin dioleskan langsung ke kain muslin. Kemudian, kain tersebut dicelupkan ke dalam air yang telah diberikan osage oranye sehingga memunculkan warna kuning.

Image result for lydia nichols

Setelahnya, Nichos kembali melapisi kain dengan lilin menggunakan tjanting. Lalu dituangnya pewarna indigo yang membuat warna kain menjadi biru karena proses oksidasi. Saat semua aplikasi lilin dan sekarat selesai, kain direbus untuk menghilangkan lilin yang menempel. Kalau lilin naik serta mengeras, itu artinya sudah bisa langsung digantung hingga kering. So, gimana menurut kalian, tampilan batik Google Doodle keren banget kan?

Google Doodle Semarakkan Hari Batik Nasionalgoogle.com

Tentu saja, di sisi lain "Hari Batik Nasional" baru ditetapkan setelah batik memperoleh pengakuan dunia di tahun 2009 silam dari UNESCO (United Nations Educational, Scientific and Cultural Organization). Batik dinilai sebagai ikon budaya yang memiliki keunikan dan filosofi mendalam. Alhasil UNESCO menetapkan batik sebagai warisan budaya dunia tak benda atau 'Intangible Cultural Heritage'. Biasanya dalam rangka memperingati Hari Batik Nasional, masyarakat Indonesia menggunakan pakaian batik untuk bekerja dan sebagainya. Kamu juga?

Poin Ekstra

Artikel ini dibuat oleh tim Playworld Indonesia

Andina BP
02 Oct 2019

20 Poin Ekstra
Sebutkan desainer yang membuat Google Doodle dari batik?

BALANCE ANDA SAAT INI

100
Points
5000
Coins
  1. Pastikan sudah login
  2. Tulis hanya bisa di jawab 1 kali per 1 user
  3. Hanya user dengan keanggotaan VIP yang bisa memberikan komentar.

POIN Ekstra: +20
2 Poin Ekstra

  1. Pastikan sudah login
  2. Tulis komentar dengan minimal terdiri dari 50 kata
  3. Poin hanya diberikan 1 kali untuk 1 User per 1 Artikel
  4. Seluruh komentar dimoderasi oleh tim Playworld ID dan bisa dihapus dan akan mengurangi total POIN jika komentar mengandung konten SARA, atau tidak sesuai dengan artikel yang dibaca
  5. Hanya user dengan keanggotaan VIP yang bisa memberikan komentar.




Extra POIN +2
Kamu mendapat tambahan POIN karena telah memberikan KOMENTAR
SELAMAT!
Kamu Mendapatkan
SELAMAT!
Kamu Mendapatkan
POIN Ekstra : +2

!
Pastikan selalu men-share dalam mode PUBLIC, jika tidak team PLAYWORLD.ID berhak untuk mendiskualifikasi kemenangan kamu.