Ga Nyangka, Jadi Tukang di Australia Bayarannya Lebih Mahal dari Kerja Kantoran!
 

Ga Nyangka, Jadi Tukang di Australia Bayarannya Lebih Mahal dari Kerja Kantoran!

Tukang bangunan di Australia/ Foto: insideconstruction.com.au

Poin Ekstra

Sebuah cuitan yang diunggah dalam akun twitter resmi milik Ariel Heryanto terlihat cukup mengejutkan. Bagaimana tidak, pemilik akun @ariel_heryanto mengungkapkan besaran gaji seorang tukang di Australia ternyata lebih besar dibandingkan menjadi seorang dosen.

“Seorang ASN studi lanjut di AUS, ga sengaja saya kenalan di tram, dia berkomentar: Lihat tuh orang2 Bule kerja kasaran. Saya ngelihatnya aneh. Maksudnya ga kayak di film2 Hollywood atau di RI. Dia ga tahu kalau gaji buruh AUS lebih gede ketimbang dosennya.”

Didin Andijaya adalah sosok yang tepat untuk mengungkap fakta lebih dalam dari cuitan Ariel.  Didin merupakan salah satu dari WNI yang bekerja sebagai 'tukang' AC di Sydney. Laki-laki kelahiran Malang tersebut mengaku mengawali karirnya dari nol. Awal kepindahannya ke Australia sebenarnya adalah untuk mengambil S-2 di bidang bisnis internasional dari Macquarie University. Ia lantas menjadi penduduk tetap atau 'permanent resident' Australia di awal tahun 2000-an.

"Mencari pekerjaan untuk PR tetap sulit, karena mereka lebih mencari orang yang punya pengalaman, ketimbang bergelar master," ujar Andy.

Suatu hari ia melihat lowongan pekerjaan sebagai 'tradesman' atau 'tradie' dari sebuah koran komunitas warga Indonesia di Sydney. Meski tidak memiliki pengalaman dengan sebagai 'tradie', Andy menunjukkan kesungguhannya setelah ia mendapat tawaran bekerja.

Hasil gambar untuk gaji tukang bangunan di australiaTukang bangunan di Australia/ Foto: republika.co.id

Setelah magang selama 3,5 tahun, Andy akhirnya mendapatkan lisensi sebagai teknisi AC. Di tahun 2010, ia berhasil mendirikan perusahaannya sendiri yang menawarkan layanan untuk instalasi AC, termasuk perawatan dan pembersihannya.

Sebuah layanan situs pencari kerja di Australia bernama SEEK, mencoba mengumpulkan data lewat jumlah gaji yang dicantumkan dalam owongan kerja 'tradie'. Hasilnya menunjukkan bahwa teknisi AC dan kulkas menjadi 'tradie' dengan upah tertinggi. Rata-rata pendapatannya bahkan mencapai AU$ 83,278, atau hampir Rp 795 juta per tahun.

Pekerjaan 'tradie' lain yang memiliki gaji terbesar adalah teknisi listrik, atau yang dikenal dengan istilah 'sparky' di Australia. Gaji rata-rata terendahnya mencapai AU$ 82,782, atau sekitar Rp 790 juta per tahun.

"Pekerjaannya berat dan beresiko, naik-naik ke rumah orang, karena itu mata dan tangan harus selalu awas," ujar Hilman yang merupakan salah satu pekerja.

Ada beberapa warga Indonesia yang hanya melihat uangnya yang memang jumlahnya besar. Namun begitu mengerjakannnya, mereka merasa pekerjaan tersebut berbahaya dan kotor. Oleh karenanya, tidak banyak warga Indonesia di Australia yang dapat bertahan lama menjadi teknisi AC dan listrik.

Hasil gambar untuk gaji tukang bangunan di australiaTukang bangunan di Australia/ Foto: kerjadiaustralia.com

"Di Australia tidak perlu takut mencoba apa yang kita tak pernah lakukan sebelumnya di Indonesia," kata Hilman.

"Disini selalu ada ahlinya dan mereka mau berbagi asal kita bertanya kepada mereka."

Setelah menggelutinya selama beberapa tahun, Hilman mengaku pekerjaan menjadi "tukang" di Australia sebenarnya bisa dilakukan oleh warga Indonesia. Sementara bagi Andy, pekerjaan menjadi "tukang" membuatnya bahagia dan tidak bisa diukur karena besarnya penghasilan.

Cuitan twitter tersebut semakin ramai oleh komentar yang juga mengungkap betapa upah per jam tukang ledeng di Australia sama dengan upah sehari scaffolder asal Indonesia yang bekerja di Brunei. Bahkan, ada juga warga Bandung yang tujuan awalnya kuliah di Australia beralih menjadi kuli setelah mengetahui gaji kuli jauh lebih besar.

Poin Ekstra

Artikel ini dibuat oleh tim Playworld Indonesia

Alfa Anggraini
29 Nov 2019

2 Poin Ekstra

  1. Pastikan sudah login
  2. Tulis komentar dengan minimal terdiri dari 50 kata
  3. Poin hanya diberikan 1 kali untuk 1 User per 1 Artikel
  4. Seluruh komentar dimoderasi oleh tim Playworld ID dan bisa dihapus dan akan mengurangi total POIN jika komentar mengandung konten SARA, atau tidak sesuai dengan artikel yang dibaca
  5. Hanya user dengan keanggotaan VIP yang bisa memberikan komentar.




Extra POIN +2
Kamu mendapat tambahan POIN karena telah memberikan KOMENTAR
SELAMAT!
Kamu Mendapatkan
SELAMAT!
Kamu Mendapatkan
POIN Ekstra : +2

!
Pastikan selalu men-share dalam mode PUBLIC, jika tidak team PLAYWORLD.ID berhak untuk mendiskualifikasi kemenangan kamu.