Fakta Seputar Pemimpin ISIS al-Baghdadi yang Tewas di tangan Militer AS
 

Fakta Seputar Pemimpin ISIS al-Baghdadi yang Tewas di tangan Militer AS

Abu Bakar al-Baghdadi

Foto: Suara.com

Poin Ekstra

Dunia dihebohkan dengan kabar meninggalnya pemimpin ISIS (Islamic State of Iraq and Syira), Abu Bakar al-Baghdadi dalam operasi militer Amerika Serikat di Suriah. Kabar tersebut juga dikonfirmasi oleh Presiden AS Donald Trump pada Minggu, 27 Oktober pagi waktu setempat. 

Seperti yang kita tau, al-Baghdadi memang sosok yang paling diincar oleh otoritas penegak hukum internasional. Sejumlah pihk menilai bahwa salah satu cara menumpas ancaman ISIS adalah mengatasi sepak terjang sang khalifah palsu, al-Baghdadi. Bahkan beberapa waktu lalu, Presiden Trump sempat membuat sayembara bagi siapa yang dapat menemukan keberadaan al-Baghdadi dalam keadaan hidup ataupun tiada. 

Bukan cuma itu, di Indonesia sendiri, pemahaman atau doktrin ISIS sudah merajalela. So pasti, kalian penasaran kan dengan sejumlah fakta seputar al-Baghdadi? Berikut 5 diantaranya

1. Mengklaim Dirinya Keturunan Nabi

Hasil gambar untuk al baghdadiCeramah al-Baghdadi untuk ISIS

Foto: Bbci.co.uk

Di tahun 2013 silam, seorang ahli ideologi asal Bahrain, Turki al-Binali menulis biografi Baghdadi juga sejarah keluarganya. Ia mengklaim kalau Baghdadi merupakan keturunan Nabi Muhammad. Klaim tersebut menjadi kunci Baghdadi supaya dianggap sebagai khalifah atau pemimpin semua warga Muslim. Baghdadi sendiri berasal dari suku al-Bu Badri, yang sebagian besar berada di Samarra dan Diyala. Secara historis penduduknya dikenal sebagai keturunan Nabi Muhammad. 

2. Tak Kasat Mata

Selama memimpin ISIS, al-Baghdadi terkenal jarang menampakkan diri sehingga dijuluki sebagai 'Syekh Tak Kasat Mata' atau 'The Ghost' oleh sejumlah media internasional. Aktivitasnya yang sangat padat membuat sejumlah negara sulit untuk memburu sang pemimpin ISIS. 

3. Melakukan Tindak Kekerasan

Hasil gambar untuk al baghdadiCeramah al-Baghdadi untuk ISIS

Foto: Ariananews.com

Diketahui al-Baghdadi menguasai sejumlah tambang minyak di kawasan Irak dan Suriah. Sumber daya alam itu kemudian diselundupkan dan dijual ke beberapa sindikat dunia. Keuntungan dari transaksi itu mencapai US$ 1 juta hingga US$ 2 juta per-harinya. Ia juga diklaim pernah melakukan sejumlah tindakan kekerasan fisik, kekerasan seksual hingga pembunuhan. 

4. Punya Banyak Istri

al-Bahgdadi dikabarkan memiliki sejumlah istri antara lain Asma Fawzi Mohammed al-Dulaimi, Israa Rajab Mahal A-Qaisi, Diane Kruger, dan Sujidah al-Dulaimi. Semua istrinya bahkan belum diketahui sampai sekarang dimana keberadaan mereka.

5. Berpendidikan Tinggi

Hasil gambar untuk al baghdadiCeramah al-Baghdadi untuk ISIS

Foto: timesofisrael.com

al-Baghdadi ternyata memiliki gelar sarjana, magister dan doktor di bidang Kajian Islam dari Islamic Universoty of Baghdad. Selama belasan tahun, al-Baghdadi muda tinggal dalam sebuah pondok kecil di masjid di Tobchi, sebuah komunitas kumuh di Baghdad Barat. Penduduk sekitar mengidentifikasi al-Baghdadi sebagai pemuda yang insignifikan, pemalu, dan jarang menampakkan batang hidungnya di masyarakat. Pada Maret 2003, ketika Amerika Serikat menginvasi Irak, al-Baghdadi muda masih berstatus sebagai mahasiswa.

Itulah beberapa fakta seputar al-Baghdadi, kini pemerintah AS dikabarkan telah membuang mayat Baghdadi ke dalam laut. 
 

Poin Ekstra

Artikel ini dibuat oleh tim Playworld Indonesia

Andina BP
29 Oct 2019

2 Poin Ekstra

  1. Pastikan sudah login
  2. Tulis komentar dengan minimal terdiri dari 50 kata
  3. Poin hanya diberikan 1 kali untuk 1 User per 1 Artikel
  4. Seluruh komentar dimoderasi oleh tim Playworld ID dan bisa dihapus dan akan mengurangi total POIN jika komentar mengandung konten SARA, atau tidak sesuai dengan artikel yang dibaca
  5. Hanya user dengan keanggotaan VIP yang bisa memberikan komentar.




Extra POIN +2
Kamu mendapat tambahan POIN karena telah memberikan KOMENTAR
SELAMAT!
Kamu Mendapatkan
SELAMAT!
Kamu Mendapatkan
POIN Ekstra : +2

!
Pastikan selalu men-share dalam mode PUBLIC, jika tidak team PLAYWORLD.ID berhak untuk mendiskualifikasi kemenangan kamu.