Diprotes MUI, Ternyata ini Alasan Cinta Laura Pakai Hudoq
 

Diprotes MUI, Ternyata ini Alasan Cinta Laura Pakai Hudoq

Poin Ekstra

MUI Jember dan FPI Jawa Timur memprotes penampilan Cinta Laura di Jember Fashion Carnaval (JFC) 2019 karena dinilai vulgar. Dalam kesempatan itu, Cinta mengenakan busana asal Kalimantan Timur, Hudoq. Di tengah kehebohan ini, ibunda Cinta Laura pun angkat bicara. Ia menjelaskan bahwa justru pihak JFC 2019-lah yang secara khusus meminta Cinta mengenakan Hudoq. Jadi, pihak JFC 2019 sendiri tidak ada masalah dengan busana yang dikenakan artis 25 tahun tersebut. Pihak Cinta sendiri pun tak menyangka busana itu akan mendapat protes dari pikah-pihak tertentu.

Image result for cinta laura jfc 2019

"Pada kesempatan itu Cinta diwajibkan sebagai ikon Jember Fashion Carnaval pakai baju hudoq, itu dari kebudayaan Kalimantan Timur. Jadi kita tak pikir negatif macam-macam, karena ini kebudayaan Dayak kan," ungkap Ibunda Cinta.

Namun karena acaranya telah berlangsung, pihak Cinta Laura pun tak bisa berbuat banyak selain menyampaikan permohonan maaf secara tulus. "Saya selaku Mama Cinta minta maaf kalau menurut MUI dan FPI itu terlalu vulgar. Tapi ini kan tujuannya promosi pariwisata dan budaya Indonesia, jadi kita harus lihat dari sudut pandang berbeda," sambungnya.

google.com

Sebelumnya, aktris sekaligus penyanyi tersebut memang ikut meramaikan ajang Jember Fashion Carnival (JFC) yang ke-18 yang berlangsung dari 31 Juli hingga 4 Agustus 2019. Perempuan berusia 25 tahun ini melenggang di atas runway dan menghibur para penonton acara JFC di Jember, Jawa Timur pada Minggu, 4 Agustus 2019. Dalam acara tersebut, Cinta tampil menggunakan kostum defile Hudoq yang megah. Kostum dengan jubah hijau itu disebut sebagai salah satu dari delapan kostum utama yang dipamerkan dalam acara bertema Tribal Grandeur (keagungan suku-suku bangsa) ini.

Sementara, Hudoq sendiri diketahui sebagai bagian dari kebudayaan Suku Dayak. Uniknya, kostum serupa juga pernah digunakan oleh Wilda Octaviana Situngkir dalam ajang Miss Supranational 2018 di Polandia. Mengutip laman resmi Puteri Indonesia, kostum yang aslinya didesain oleh almarhum Dynand Fariz ini membawa Wilda menjadi salah satu pemenang kategori Best National Costume di ajang tersebut.

Image result for cinta laura jfc 2019

google.com

Selain tampil menggunakan kostum Hudoq, Cinta Laura juga sempat menyanyikan lagu andalan terbarunya, 'Vida', serta melenggang menggunakan busana karya Anne Avantie dalam Jember Fashion Carnaval yang ke-18. Tak cuma karena kostumnya, kehadiran Cinta dalam JFC 2019 juga menarik perhatian karena dia tampil tanpa bayaran sepeser pun. Hal ini dikonfirmasi oleh Bubah Alfian, make up artist sekaligus salah satu peserta Jember Fashion Carnaval.

Sementara itu, Jember Fashion Carnaval sendiri merupakan acara tahunan yang rutin diselenggarakan sejak 2003. Acara yang diprakarsai oleh almarhum desainer Dynand Fariz ini telah menarik perhatian lokal maupun internasional karena keunikan dan kemegahan kostum-kostum yang disajikannya.

Poin Ekstra

Artikel ini dibuat oleh tim Playworld Indonesia

Andina BP
10 Aug 2019

2 Poin Ekstra

  1. Pastikan sudah login
  2. Tulis komentar dengan minimal terdiri dari 50 kata
  3. Poin hanya diberikan 1 kali untuk 1 User per 1 Artikel
  4. Seluruh komentar dimoderasi oleh tim Playworld ID dan bisa dihapus dan akan mengurangi total POIN jika komentar mengandung konten SARA, atau tidak sesuai dengan artikel yang dibaca
  5. Hanya user dengan keanggotaan VIP yang bisa memberikan komentar.




Extra POIN +2
Kamu mendapat tambahan POIN karena telah memberikan KOMENTAR
SELAMAT!
Kamu Mendapatkan
SELAMAT!
Kamu Mendapatkan
POIN Ekstra : +2

!
Pastikan selalu men-share dalam mode PUBLIC, jika tidak team PLAYWORLD.ID berhak untuk mendiskualifikasi kemenangan kamu.