Anak Wakil Wali Kota Tidore Jadi Kuli Bangunan? Kisahnya Inspiratif!
 

Anak Wakil Wali Kota Tidore Jadi Kuli Bangunan? Kisahnya Inspiratif!

Poin Ekstra

Kisah inspiratif datang dari anak kandung Wakil Wali Kota Tidore, Muhammad Senin bernama Rafdi Maradjabessy. Kalau dilihat dari statusnya sebagai anak kandung Wakil Wali Kota Tidore, rasanya tak mungkin kalau hidup Rafdi terbilang susah. Tapi ternyata, prinsip hidup untuk tidak memanfaatkan jabatan sang Ayah telah ditanamkan di keluarga mereka. Itu artinya, hidup Rafdi tidak seindah atau semudah yang dibayangkan masyarakat awam. Karena kenyataannya, Rafdi bekerja sebagai 'kuli bangunan' dan sama sekali tidak malu mengakui profesinya tersebut.

Rafdi merupakan anak ketiga dari lima bersaudara, sedari kecil ia sudah diajarkan dan ditanami prinsip kehidupan yang sangat inspiratif oleh kedua orangtuanya. Seluruh saudara sekandung pun merasakan hal yang sama, mereka memegang teguh prinsip yang diajarkan oleh orangtua. Kakak pertama Rafdi berprofesi sebagai pegawai honorer di rumah sakit Tidore. Anak kakak keduanya baru saja menyelesaikan kuliah S1 dan berencana melanjutkan ke jenjang S2. Rafdi pribadi hanya lulusan SMA sejak 2017, adik pertamanya masih kuliah sedangkan adik yang terakhir mengenyam pendidikan di bangku Sekolah Dasar (SD).

Image result for rafdi maradjabessygoogle.com

Keputusan Rafdi memang sempat membuat masyarakat setempat mempertanyakannya. Apalagi melihat jabatan yang dimiliki oleh sang Ayah membuat sebagian orang merasa aneh. Bahkan hampir semua orang mencemoohnya karena bekerja sebagai kuli bangunan. Tapi, ia tidak memedulikannya, Rafdi hanya menjawab semua pertanyaan itu dengan bijaksana, ia sendiri terinspirasi dari sang Ayah. Sebelum menjadi Wakil Wali Kota, Muhammad Senin memulainya dari bawah alias belum memiliki apa-apa dan mencapainya dengan perjuangan keras.

Image result for rafdi maradjabessygoogle.com

Tapi tetap, keputusan tersebut bukan karena arahan dari sang Ayah. Melainkan keputusannya pribadi, yang penting bisa bekerja dan cari pengalaman kerja serta menambah nafkah hidup bagi istri dan satu anaknya. Meskipun bekerja sebagai kuli bangunan, tapi Rafdi menyebut ayahnya tidak pernah marah atau melarangnya, justru ia terus memotivasi supaya terus giat bekerja. “Sebe (Ayah) sering ke tempat saya kerja, biasanya di hari libur kerja. Kalau tidak datang, biasanya telepon menanyakan apakah hari ini kerja atau tidak,” ujar Rafdi.

Image result for rafdi maradjabessygoogle.com

Perlu kalian tau nih, biarpun Rafdi merupakan anak dari Wakil Wali Kota Tidore, tapi dirinya tetap diperlakukan secara adil atau sama rata dengan pegawai bangunan lainnya. Tidak ada perbedaan perlakuan atau sikap, bahkan upah pun disamaratakan. Hal tersebut dilakukan demi mengantisipasi kecemburuan sosial dan hal negatif lainnya. “Kalau misalkan pekerjaan bangunan sudah selesai dan belum ada pekerjaan baru, saya isi dengan ikut perahu pergi memancing. Kadang berhari-hari baru pulang,” katanya.

Usut punya usut, meskipun berprofesi sebagai kuli bangunan untuk saat ini. Namun Rafdi memiliki keinginan kuat untuk bisa seperti sang Ayah, ia pernah mengungkap ingin mengikuti jejak Senin yang memulai karir dari bawah, kemudian menjadi politisi, lanjut ke anggota DPRD hingga diberi kesempatan menjadi Wakil Wali Kota Tidore. Semua itu bisa digapai dengan kerja keras, prinsip hidup jujur dan tekun bertanggung jawab. Tapi, Rafdi mengaku tidak ingin melanjutkan sekolah ke jenjang yang lebih tinggi.

Image result for rafdi maradjabessygoogle.com

Fyi, Rafdi memang berstatus sudah berkeluarga saat ini, ia menikah dengan seorang wanita cantik yang setia mendampinginya bernama Sridayu sejak 2018 lalu. Kini mereka dikaruniai seorang anak berumur 3 bulan yang sangat lucu. Rafdi sendiri sudah tidak tinggal di kediaman kedua orangtuanya, ia memutuskan untuk tinggal bersama sang mertua yang masih bertempat di sekitar Tidore.

Image result for rafdi maradjabessygoogle.com

Dari kisah Rafdi kita bisa mengambil banyak pesan, yang utama dan terpenting adalah perjuangan dalam hidup serta tidak mengandalkan orang lain. Dengan perjuangan itu, kita bisa mendapat banyak pelajaran yang pastinya tidak akan sia-sia. Setidaknya dari pelajaran tersebut kita bisa berhati-hati ke depannya untuk hidup yang lebih baik. Rafdi pun memiliki sifat sabar dan jujur, dua sifat tersebut patut kita contoh untuk kepribadian. Dimanapun dan kapanpun ketika kita selalu pegang dua sifat itu, maka hidup akan terasa bahagia. Yang terakhir pastinya jangan lupa bersyukur yah...

Poin Ekstra

Artikel ini dibuat oleh tim Playworld Indonesia

Andina BP
11 Jul 2019

2 Poin Ekstra

  1. Pastikan sudah login
  2. Tulis komentar dengan minimal terdiri dari 50 kata
  3. Poin hanya diberikan 1 kali untuk 1 User per 1 Artikel
  4. Seluruh komentar dimoderasi oleh tim Playworld ID dan bisa dihapus dan akan mengurangi total POIN jika komentar mengandung konten SARA, atau tidak sesuai dengan artikel yang dibaca
  5. Hanya user dengan keanggotaan VIP yang bisa memberikan komentar.




Extra POIN +2
Kamu mendapat tambahan POIN karena telah memberikan KOMENTAR
SELAMAT!
Kamu Mendapatkan
SELAMAT!
Kamu Mendapatkan
POIN Ekstra : +2

!
Pastikan selalu men-share dalam mode PUBLIC, jika tidak team PLAYWORLD.ID berhak untuk mendiskualifikasi kemenangan kamu.