Akibat Fatal Mengekspos 'Hari Pertama Sekolah' di Medsos
 

Akibat Fatal Mengekspos 'Hari Pertama Sekolah' di Medsos

Poin Ekstra

Hari Pertama Sekolah jadi trending topik di media sosial? Tentu saja, karena tepat di tanggal 15 Juli 2019 ini seluruh pelajar di Indonesia perdana menginjakkan kaki kembali, di sekolah masing-masing setelah libur panjang semester genap. Sejak tadi pagi sampai artikel ini diterbitkan, media sosial dipenuhi dengan foto-foto narsis para murid mengenakan seragam, hingga kehadiran orang tua yang mendampinginya di hari pertama.

Image result for hari pertama sekolahgoogle.com

Hari pertama sekolah bagi para pelajar SD, SMP hingga SMA memang bukanlah momen biasa-biasa saja. Buktinya, hampir seluruh orangtua di penjuru Indonesia, rela datang ke sekolah sejak subuh demi mencari bangku di barisan paling depan untuk sang anak. Salah satu contohnya terjadi di SD Negeri Sambongjaya Kota Tasikmalaya, ratusan orangtua siswa baru, memadati ruang kelas untuk berburu bangku. Bagi orangtua yang sudah mendapatkan kursi, maka akan mendudukinya supaya tidak ada siswa lain mengambil. Terlihat juga beberapa anak enggan ditinggal orang tuanya saat bel masuk sekolah berbunyi.

Euforia yang terjadi di 'Hari Pertama Sekolah' ini mengingatkan kita kepada saran dari Dinas Pendidikan. Kepala Dinas Pendidikan (Kadisdik) DKI Jakarta, Ratiyono mengirim surat edara kepada seluruh Kepala Sekolah terkait program "Gerakan Mengantar Anak Hari Pertama Masuk Sekolah" tahun ajaran 2019/2020. Surat edaran tertanggal 8 Juli 2019 tersebut, memberikan 5 catatan penting yang perlu diperhatikan pihak sekolah dan orang tua. Mau tau apa saja?

Yang pertama dan paling utama, orangtua wajib mengantar anak mereka ke sekolah di hari pertama. Kedua, Kepala Sekolah dan Guru diminta untuk menyambut anak didiknya dengan hangat. Ketiga, orangtua siswa harus menjalin komunikasi yang baik dengan pihak sekolah. Keempat, lakukan koordinasi dengan aparat keamanan setempat dalam rangka kelancaran, ketertiban, keamanan dan kenyamanan lalu lintas di lingkungan sekolah. Terakhir, disarankan untuk tidak mengendarai mobil pribadi. Kelima hal tersebut wajib banget untuk dilakuakn oleh para wali murid, mereka tidak boleh menyepelekan kelima hal diatas. Karena dalam masa-masa tersebut, yang pasti para murid sangat membutuhkan bimbingan dan perhatian lebih dari orangtua mereka. Usut punya usut, perhatian dan bimbingan tersebut bermanfaat untuk mengantisipasi kenakalan remaja kelak.

Bukan cuma Dinas Pendidikan, Ketua Umum Ikatan Guru Indonesia (IGI), Muhamad Ramli Rahim turut memberi perhatian terhadap fenomena 'Hari Pertama Sekolah' ini. Beliau mengimbau orang tua siswa dan siswi menyempatkan diri untuk mengantar anaknya ke sekolah, dan bersalaman dengan guru meskipun hanya sehari dalam satu tahun. Dia mengajak orang tua untuk hadir di sekolah lebih pagi supaya bisa bersalaman dan berkenalan dengan guru-guru di sekolah. Masuk ke ruang-ruang kelas, periksa toliet sekolahnya, lihat area istirahat siswa dan perhatikanlah hal-hal yang mungkin saja akan membahayakan anak-anak.

Menurut Ramli, kehadiran orang tua di sekolah sangat diperlukan. Paling tidak sebagai kesepakatan kerja sama antara orang tua dan guru serta pimpinan sekolah. Kehadiran orang tua untuk menyerahkan sepenuhnya anak-anak mereka untuk dididik di sekolah tentu saja di waktu sekolah. Sebab, di luar waktu sekolah kembali menjadi tanggung jawab orang tua. Selain itu, Kemendikbud juga memberi tau beberapa hal yang perlu diperhatian sebelum orangtua mengunggah foto hari pertama sekolah anak mereka berikut ini

1. Jangan memasang identitas lengkap (nama, tanggal lahir, lokasi sekolah, nomor telepon)

2. Matikan fitur geo-tagging atau penanda lokasi

3. Batasi ruang lingkup berbagi foto anak, mungkin hanya untuk keluarga saja

4. Jangan pasang foto yang mungkin akan mendapatkan pelecehan, penghinaan dan perundungan

5. Tanyakan anak bersedia atau tidak jika fotonya dipasang

6. Jangan memasang foto anak lain tanpa seizin orangtuanya

7. Ajak keluarga dan teman untuk berhati-hati

Itulah sejumlah hal yang perlu diperhatikan ketika mau mengunggah foto edisi 'Hari Pertama Sekolah'. Sekali lagi, buat kalian yang turut merayakannya, jangan sepelekan tujuh hal diatas. Karena semua dampak yang dirasakan akan sangat berpengaruh. Jadi, berhati-hatilah selalu, selamat buat para murid di Hari Pertama Sekolah!

Poin Ekstra

Artikel ini dibuat oleh tim Playworld Indonesia

Andina BP
15 Jul 2019

20 Poin Ekstra
Siapakah nama Kepala Dinas Pendidikan provinsi DKI Jakarta?

BALANCE ANDA SAAT INI

100
Points
5000
Coins
  1. Pastikan sudah login
  2. Tulis hanya bisa di jawab 1 kali per 1 user
  3. Hanya user dengan keanggotaan VIP yang bisa memberikan komentar.

POIN Ekstra: +20
2 Poin Ekstra

  1. Pastikan sudah login
  2. Tulis komentar dengan minimal terdiri dari 50 kata
  3. Poin hanya diberikan 1 kali untuk 1 User per 1 Artikel
  4. Seluruh komentar dimoderasi oleh tim Playworld ID dan bisa dihapus dan akan mengurangi total POIN jika komentar mengandung konten SARA, atau tidak sesuai dengan artikel yang dibaca
  5. Hanya user dengan keanggotaan VIP yang bisa memberikan komentar.




Extra POIN +2
Kamu mendapat tambahan POIN karena telah memberikan KOMENTAR
SELAMAT!
Kamu Mendapatkan
SELAMAT!
Kamu Mendapatkan
POIN Ekstra : +2

!
Pastikan selalu men-share dalam mode PUBLIC, jika tidak team PLAYWORLD.ID berhak untuk mendiskualifikasi kemenangan kamu.