Agar Bermental Kuat Seperti Awkarin dan Nadiyah Saat Menghadapi Hujatan Netizen
 

Agar Bermental Kuat Seperti Awkarin dan Nadiyah Saat Menghadapi Hujatan Netizen

Ilustrasi Wanita Bermuka Dua / Foto : metro.co.uk

Poin Ekstra

Perseteruan antara Nadiyah Rizki S dengan Awkarin masih berlanjut dan tidak kunjung mendapatkan titik temu. Permasalahan terjadi karena Karin tidak memenuhi tuntutan Nadiyah yang meminta agar ia mengakui karya-karyanya. Lebih buruknya, diantara mereka terdapat komentar-komentar Netizen yang saling membela pihak yang mereka anggap benar dan menjatuhkan yang bersalah.

Baik pendukung Awkarin maupun Nadiyah, sebagian besar tidak memperdulikan komentar yang justru bersifat mengancam dan menyakiti kedua belah pihak. Banyak sekali pihak yang menyalahkan Awkarin dengan komentar kasarnya, begitu juga tidak sedikit yang menghujat Nadiyah dan mengeluarkan kalimat yang menjatuhkan. Sosial media seolah tidak dapat mengendalikan kekerasan verbal yang berujung pada bullying. Nah, bagaimana caranya agar kita memiliki mental yang kuat saat menerima pesan yang tidak menyenangkan di sosial media?

Percaya diri yang tinggi dan yakin dengan kemampuanmu

Ilustrasi Wanita Percaya Diri / Foto : shopback.com

Seseorang yang dapat mengendalikan kekuatan emosional, ia memiliki kepercayaan diri yang tinggi terhadap kemampuannya sendiri. Sebuah keyakinan diperlukan untuk membangun kesuksesan dan mereka yang percaya diri cenderung memiliki pekerjaan yang lebih baik atau berhasil mendapatkan apa yang dicita-citakan. Kekuatan mental berasal dari kemampuan untuk membangun rasa kepercayaan diri dan keyakinan pada diri sendiri. Jika kamu merasa kurang percaya diri, berpura-puralah sampai kamu benar-benar percaya diri. Cobalah berlatih untuk tenyum lebar dan menarik nafas dalam-dalam. Hal itu dapat memberikan efek yang ajaib dalam mengubah sikap dan sudut pandangmu terhadap lingkungan sekitar.

Tidak perlu takut lagi untuk mengatakan “TIDAK”

ilustrasi katakan tidak / Foto : lifehacks.io

Orang yang kuat secara mental tahu kapan harus tegas untuk mengatakan tidak. Mereka memahami bahwa menolak bukan berarti melakukan perbuatan yang jahat. Justru dengan sikap tegas untuk menolak, ia mengutamakan kebahagiaan dan kesehatan mental diri sendiri. Di sisi lain, orang yang tidak bisa mengatakan tidak biasanya lebih mudah merasa stres dan tertekan daripada mereka yang melakukannya. Berusahalah untuk memiliki kendali atas tindakan dan keputusanmu. Semakin lama kamu akan lebih mudah menemukan kedamaian tanpa harus terbebani perasaan bersalah atas penolakanmu terhadap hal-hal yang tidak berkenan di hatimu.

Menyadari bahwa perubahan adalah hal yang layak diterima

Hasil gambar untuk human changeilustrasi wanita menerima perubahan / Foto : psychologytoday.com

Kekuatan mental juga berarti fleksibel dan mampu beradaptasi terhadap perubahan. Perubahan membawa peluang yang lebih baik dan orang yang kuat secara mental dapat beradaptasi dengan lingkungan mereka. Tentu saja, hal ini perlu dilatih karena tidak semua orang dapat dengan mudah menerima perubahan dalam hidup mereka. Namun mengertilah, kamu dapat mengambil hikmah yang terbaik dari setiap situasi. Setelah kamu tertantang untuk menerima perubahan, kamu dapat menemukan sisi positif yang justru akan mengubah hidupmu. Lagipula, melakukan hal yang sama berulang kali akan melemahkan mentalmu saat menghadapi kegagalan dan kebosanan. Tetaplah berpikiran terbuka, menerima perubahan dan menunggu hal-hal indah terjadi.

 

Poin Ekstra

Artikel ini dibuat oleh tim Playworld Indonesia

Alfa Anggraini
01 Nov 2019

2 Poin Ekstra

  1. Pastikan sudah login
  2. Tulis komentar dengan minimal terdiri dari 50 kata
  3. Poin hanya diberikan 1 kali untuk 1 User per 1 Artikel
  4. Seluruh komentar dimoderasi oleh tim Playworld ID dan bisa dihapus dan akan mengurangi total POIN jika komentar mengandung konten SARA, atau tidak sesuai dengan artikel yang dibaca
  5. Hanya user dengan keanggotaan VIP yang bisa memberikan komentar.




Extra POIN +2
Kamu mendapat tambahan POIN karena telah memberikan KOMENTAR
SELAMAT!
Kamu Mendapatkan
SELAMAT!
Kamu Mendapatkan
POIN Ekstra : +2

!
Pastikan selalu men-share dalam mode PUBLIC, jika tidak team PLAYWORLD.ID berhak untuk mendiskualifikasi kemenangan kamu.