Indonesia Punya Tradisi Ekstrim yang Lebih Horor Dari Halloween
 

Indonesia Punya Tradisi Ekstrim yang Lebih Horor Dari Halloween

Pesta Halloween/ Foto: Kanal247.com

Poin Ekstra

Pesta Halloween dirayakan setiap tanggal 31 Oktober di setiap negara yang merayakannya, tak terkecuali di Indonesia. Terkadang untuk menjelaskan perihal tradisi pesta Hallowen di Indonesia rasanya agak sulit karena memang masyarakat Indonesia hanya mengadaptasinya. Halloween sebenarnya merupakan perayaan setiap akhir Oktober di Amerika Serikat. Perayaan tersebut ditujukan untuk memperingati arwah para kerabat ataupun orang suci yang biasa diwarnai dengan kemeriahan, menggunakan hiasan-hiasan bertema kematian dan diikuti dengan tradisi Trick or Treat yang seru. Tidak seperti perayaan Natal, perayaan yang satu ini tidak pernah sepenuhnya dirayakan di Indonesia. Pesta dengan tema Halloween hanya diselenggarakan oleh sebagian kecil komunitasnya saja serta mall-mall yang mengadaptasinya mungkin hanya memasang hiasan labu dan tengkorak sebagai pajangan.

Tahukah kamu bahwa di Indonesia sendiri memiliki banyak tradisi adat yang sama seperti Halloween?Peristiwa keagamaan maupun budaya seperti Halloween di Indonesia yang paling terkenal adalah Nyepi yang dirayakan oleh umat Hindu di Bali. Pada malam sebelum hari raya Nyepi, yang merupakan tahun baru umat Hindu, masyarakat di Bali meninggalkan rumah mereka dan menciptakan keramaian di sekitarnya untuk menakuti roh-roh jahat. Keesokan harinya, pada saat ditetapkannya tanggal Nyepi, mereka harus tinggal di dalam rumah dan tidak melakukan pekerjaan apa pun seperti memasak atau membuat suara yang akan mengundang roh untuk masuk ke rumah mereka. TIdak hanya Nyepi, di Indonesia juga terdapat beberapa tradisi ekstrim yang bisa dibilang cocok untuk dikategorikan ke dalam perayaan Halloween. 

Iki Palek

Hasil gambar untuk iki palekTradisi potong jari Iki Palek/ Foto: Kumparan.com

Iki Palek merupakan suatu tradisi potong jari yang dilakukan oleh suku Dani di Papua. Tradisi ini diselenggarakan sebagai bentuk solidaritas dan kasih sayang terhadap sanak saudara yang terlebih dahulu meninggalkan dunia. Bagi suku Dani yang bermukim di Papua ini, kebersamaan sangatlah penting sehingga saat kehilangan anggota keluarga, mereka akan segera memotong ruas jarinya. Jari tangan yang dipotong sebagai symbol untuk menunjukan berapa banyak keluarga mereka yang telah meninggal. Meskipun yang melakukan tradisi ini adalah mayoritas kaum wanita, tetapi pria juga ikut melakukannya sebagai bentuk atas kesedihan yang ditanggungnya.

Ma’nene

Hasil gambar untuk Ma’neneTradisi Ma'nene/ Foto: Indonesiakaya.com

Ma’nene adalah sebuah ritual yang sampai saat ini masih diterapkan setiap satu tahun sekali di bulan Agustus. Tradisi Ma’nene masih dilestarikan oleh para pemukim di Tana Toraja, Sulawesi Utara. Tradisi ini dimulai dengan mengeluarkan jasad yang sebelumnya telah dikubur dalam liang batu. Ada juga jasad yang dikubur dalam makam berjenis patane yang bentuknya menyerupai rumah berukuran kecil. Tradisi ini dilakukan untuk menghormati arwah para nenek moyang serta sanak saudara yang telah meninggal dengan membersihkan makan dan mengganti pakaian jasad tersebut.

Pawai Tatung 

Hasil gambar untuk Pawai TatungPawai tataung di Singkawang/ Foto: Indonesiakaya.com

Tak seperti perayaan cap gomeh yang biasa dilakukan kebanyakan orang, pawai tatung di Singkawang memperlihatkan percampuran buadaya Tionghoa dengan budaya lokal di Kalimantan Barat. Bberapa hari setelah imlek, para Tatung yang merupakan sebutan dari Hakka atau orang yang dirasuki roh akan di arak keliling Singkarang menggunakan pakaian yang mewakili masyarakat Tionghoa dan Dayak. Sambil di arak, para Tatung akan melakukan atraksi layaknya debus untuk memperlihatkan kekebalan mereka.

Poin Ekstra

Artikel ini dibuat oleh tim Playworld Indonesia

Alfa Anggraini
04 Nov 2019

20 Poin Ekstra
Darimanakah tradisi Ma'nene berasal?

BALANCE ANDA SAAT INI

100
Points
5000
Coins
  1. Pastikan sudah login
  2. Tulis hanya bisa di jawab 1 kali per 1 user
  3. Hanya user dengan keanggotaan VIP yang bisa memberikan komentar.

POIN Ekstra: +20
2 Poin Ekstra

  1. Pastikan sudah login
  2. Tulis komentar dengan minimal terdiri dari 50 kata
  3. Poin hanya diberikan 1 kali untuk 1 User per 1 Artikel
  4. Seluruh komentar dimoderasi oleh tim Playworld ID dan bisa dihapus dan akan mengurangi total POIN jika komentar mengandung konten SARA, atau tidak sesuai dengan artikel yang dibaca
  5. Hanya user dengan keanggotaan VIP yang bisa memberikan komentar.




Extra POIN +2
Kamu mendapat tambahan POIN karena telah memberikan KOMENTAR
SELAMAT!
Kamu Mendapatkan
SELAMAT!
Kamu Mendapatkan
POIN Ekstra : +2

!
Pastikan selalu men-share dalam mode PUBLIC, jika tidak team PLAYWORLD.ID berhak untuk mendiskualifikasi kemenangan kamu.