BMKG Jelaskan Fenomena Sambaran Petir di Letusan Gunung Taal Yang Viral
 

BMKG Jelaskan Fenomena Sambaran Petir di Letusan Gunung Taal Yang Viral

BMKG Jelaskan Fenomena Sambaran Petir di Letusan Gunung Taal Yang Viral / foto: Twitter @semestasains

Poin Ekstra

Gunung Api Taal di Filipina meletus pada Minggu (12/1/2020). Dalam sebuah rekaman video, terlihat kepulan awan panas membumbung setinggi  1 KM. Video itu semakin menyeramkan ketika sambaran petir muncul di dalam awan panas tersebut.

Melihat hal ini, warganet pun bertanya-tanya mengenai fenomena alam apa yang sebenarnya terjadi.

Seorang pengguna Twitter bernama Dinda @aingprincess mengunggah sebuah video yang menarik perhatian warganet. Dalam video tersebut, terliha petir yang terus-menerus menyambar di tengah kepulan awan vulkanik Gunung Taal.

Hingga artikel ini dibuat, cuitan tersebut telah di-retweet sebanyak lebih dari 10.000 oleh para pengguna Twitter.

Menanggapi hal ini, Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) melalui akun Twitternya @infoBMKG memberikan penjelasan ilmiah mengenai fenomena petir di dalam awan panas.

Menurut BMKG, terjadinya petir pada saat erupsi gunung berapi tidak berbeda dengan mekanisme petir biasa. Hanya saja, awan cumulonimbus yang biasanya menjadi "sarang" petir digantikan oleh awan kepulan uap air, abu, debu, dan partikel vulkanik lainnya yang menyembur ke angkasa secara masif.

Fenomena petir di Gunung Api Taal Filipina/ foto: twimg.com

Meski berukuran kecil, gunung yang berlokasi di tengah danau itu diketahui sebagai gunung berapi teraktif nomor dua di Filipina. Letaknya yang berada di area Cincin Api Pasifik membuat aktivitas vulkanik gunung ini terbilang sangat aktif.

Kini, sebanyak 16 ribu orang yang terdampak letusan telah dievakuasi ke tempat aman. Bahkan, sejumlah ruas jalan di Manila yang biasanya dipenuhi kenadaraan, kini terlihat lengang bak kota mati.

Bursa Efek di Manila menutup seluruh perdagangan. Sedangkan, sejumlah perusahaan memutuskan untuk menghentikan aktivitasnya

Erupsi Gunung Api Taal akibatkan sebagian jalan ditutup/ foto: indozone.id

Erupsi dengan kolom abu hingga 10 sampai 15 kilometer ke udara  juga menyebabkan Bandara Internasional Ninoy Aquino di Manila ditutup. Seluruh penerbangan di sekitar wilayah gunung yang berjarak 60 kilometer dari Ibu Kota Filipina ini ditunda dan jalurnya dialihkan untuk menghindari kerusakan akibat abu gunung api.

Dikutip dari The Inquirer Philippines, Gunung Taal kemungkinan masih terus menyemburkan lava dan awan abu ke udara. Kabar ini diinformasikan oleh Lembaga Vulkanologi dan Seismologi Filipina (Phivolcs).

Abu tebal selimuti jalanan dan tanaman/ foto: indozone.id

"Masih ada aktivitas yang berkelanjutan. Aktivitas Gunung Taal masih terus berlangsung. Emisi dan kolom abu akibat erupsi masih terus terbentuk.

Poin Ekstra

Artikel ini dibuat oleh tim Playworld Indonesia

Yoriza Hadzirotul Amri
13 Jan 2020

20 Poin Ekstra
Gunung Api Taal di Filipina meletus pada tanggal?

BALANCE ANDA SAAT INI

100
Points
5000
Coins
  1. Pastikan sudah login
  2. Tulis hanya bisa di jawab 1 kali per 1 user
  3. Hanya user dengan keanggotaan VIP yang bisa memberikan komentar.

POIN Ekstra: +20
2 Poin Ekstra

  1. Pastikan sudah login
  2. Tulis komentar dengan minimal terdiri dari 50 kata
  3. Poin hanya diberikan 1 kali untuk 1 User per 1 Artikel
  4. Seluruh komentar dimoderasi oleh tim Playworld ID dan bisa dihapus dan akan mengurangi total POIN jika komentar mengandung konten SARA, atau tidak sesuai dengan artikel yang dibaca
  5. Hanya user dengan keanggotaan VIP yang bisa memberikan komentar.




Extra POIN +2
Kamu mendapat tambahan POIN karena telah memberikan KOMENTAR
SELAMAT!
Kamu Mendapatkan
SELAMAT!
Kamu Mendapatkan
POIN Ekstra : +2

!
Pastikan selalu men-share dalam mode PUBLIC, jika tidak team PLAYWORLD.ID berhak untuk mendiskualifikasi kemenangan kamu.