NASA Bakal Panen Cabai Super Pedas di Luar Angkasa
 

NASA Bakal Panen Cabai Super Pedas di Luar Angkasa

Poin Ekstra

Badan Antariksa Amerika Serikat (NASA) memang paling jago membuat penghuni bumi gencar dengan berbagai riset-risetnya. Bahkan kali ini, NASA kembali membawa kabar unik seputar penelitiannya di ruang angkasa. NASA menyebut para peneliti berencana bakal menanam sebuah tanaman cabai super pedas, yaitu Cabai Espanola (Capsicum Annuum) di Stasiun Luar Angkasa (ISS). Keputusan ini memang masih rencana, tapi kalau tidak ada halangan, rencana tersebut akan dieksekusi pada bulan November tahun ini.

Dilansir dari Science Alert, rencana ini terbilang sangat penting apalagi mengingat rencana ambisius NASA, untuk mengirim manusia ke planet Mars. Setelah manusia sampai di planet merah itu, maka menanam makanan sendiri bakal jadi prioritas yang berpeluang besar. "Kita dapat membangun semua roket ke Mars, tetapi itu tidak ada artinya kalau tidak memiliki makanan untuk dimakan," tambah Jacob Torres, ilmuwan hortikultura NASA. Bukan cuma itu, rencana penanaman cabai juga akan menjadikan Espanola sebagai tanaman penghasil buah pertama, yang tumbuh ditanam di Mars oleh para astronot NASA. Para peneliti memilih cabai Espanola sebagai tanamannya, lantaran ia mampu tumbuh di dataran tinggi. Cabai tersebut pun memiliki periode pertumbuhan jangka pendek dan mudah diserbuki.

Image result for cabai espanolagoogle.com

Sebetulnya sejak tahun 1982, para astronot AS dan kosmonaut Rusia pernah berhasil menumbuhkan beberapa tanaman di stasiun luar angkasa, salah satunya adalah Arabidopsis yang berhasil tumbuh di pesawat luar angkasa Soviet Salyut 7. Selain itu, di tahun 2003, para kosmonot Rusia pun sudah melakukan kebiasaan mengonsumsi makanan yang diproduksi di ruang angkasa. Sedangkan tahun 2015 silam, mereka berhasil menumbuhkan tanaman selada, sampai saat ini para astronot dan kosmonaut telah menanam banyak sayuran di ISS termasuk lobak Swiss, kol China dan kacang polong. Secara botani, kacang polong adalah bagian dari buah, selama bertahun-tahun para kosmonaut Rusia menanamnya di segmen Rusia di ISS. Tapi sejauh ini, belum ada astronot AS yang mencoba menanam tanaman buah di ISS, artinya akhir tahun cabai Espanola bakal jadi tanaman buah pertama yang ditanam oleh astronot AS. Makin enggak sabar yah?

Image result for nasa bakal tanam cabai di luar angkasagoogle.com

Sabar dulu, karena program budidaya tanaman di ISS ini bertujuan untuk mempelajari tata cara menanam tanaman segar di luar angkasa. Kepentingan tersebut pun demi mewujudkan mimpi ambisius NASA mengirim penghuni bumi alias manusia ke Mars. Padahal, pada dasarnya semua jenis tanaman sulit untuk dikembangkan di alam ruangan yang memiliki tingkat gravitasi rendah, karena tanaman punya sistem akar kompleks yang membutuhkan gravitasi bumi supaya tanaman bisa menyesuaikan diri. Tapi kalau dilihat dari keunggulan cabai Espanola, sepertinya ia mampu bertahan di ruang tersebut. Apalagi, permintaan para astronot saat ini adalah makanan yang lebih pedas dan beraroma. Wheeler juga bilang kalau makin banyak cabai, artinya semakin banyak vitamin C yang penting untuk pola makan luar angkasa.

Image result for nasa bakal tanam cabai di luar angkasagoogle.com

Bicara soal NASA dan ide-ide ruang angkasanya, mengingatkan kita kalau belum lama ini lembaga tersebut memperingati 50 tahun, misi pendaratan manusia pertama di bulan. Menariknya, di momen tersebut NASA menjual lewat lelang cuplikan momen bersejarah 'Pendaratan Manusia di Bulan' dengan harga selangit.

Image result for apollo 11google.com

Balai lelang di Amerika Serikat, Sotheby's melelang tiga rekaman orisinal misi Apollo 11 keluaran NASA dengan harga $1,82 Juta US Dollar atau berkisar Rp25 Miliar. Harga bakal terus meningkat 8.000 kali lipat dari nilai semula yang dibayar oleh pemegang NASA, Gary George pada saat ia membelinya dalam sebuah lelang yang disponsori Pemerintah pada 1976. Video tersebut masih dalam kondisi semula sebagaimana mereka diproduksi, belum direstorasi, ditingkatkan kualitasnya atau di-reproduksi ke medium lain. Fyi, rekaman tersebut berisi berbagai gambar yang telah diperlihatkan di seluruh dunia, tapi resolusinya bakal lebih tajam dan berbeda. Rekaman yang ditunjukkan pada siaran televisi jaringan kehilangan kualitas video dan audio dengan setiap transmisi dari menara pemancar ke pemancar lain, tambah Sotheby's.

Selain itu, google juga sempat merayakannya melalui desain google doodle, dan cuplikan video pendaratan manusia di bulan. Kira-kira, kabar apalagi nih yang bakal diumumkan NASA untuk warga dunia?

Poin Ekstra

Artikel ini dibuat oleh tim Playworld Indonesia

Andina BP
22 Jul 2019

20 Poin Ekstra
Apakah nama latin dari cabai Espanola?

BALANCE ANDA SAAT INI

100
Points
5000
Coins
  1. Pastikan sudah login
  2. Tulis hanya bisa di jawab 1 kali per 1 user
  3. Hanya user dengan keanggotaan VIP yang bisa memberikan komentar.

POIN Ekstra: +20
2 Poin Ekstra

  1. Pastikan sudah login
  2. Tulis komentar dengan minimal terdiri dari 50 kata
  3. Poin hanya diberikan 1 kali untuk 1 User per 1 Artikel
  4. Seluruh komentar dimoderasi oleh tim Playworld ID dan bisa dihapus dan akan mengurangi total POIN jika komentar mengandung konten SARA, atau tidak sesuai dengan artikel yang dibaca
  5. Hanya user dengan keanggotaan VIP yang bisa memberikan komentar.




Extra POIN +2
Kamu mendapat tambahan POIN karena telah memberikan KOMENTAR
SELAMAT!
Kamu Mendapatkan
SELAMAT!
Kamu Mendapatkan
POIN Ekstra : +2

!
Pastikan selalu men-share dalam mode PUBLIC, jika tidak team PLAYWORLD.ID berhak untuk mendiskualifikasi kemenangan kamu.