Hari Pangan Sedunia, Intip 5 Makanan Paling Bergizi di Indonesia
 

Hari Pangan Sedunia, Intip 5 Makanan Paling Bergizi di Indonesia

Poin Ekstra

Masyarakat dunia tengah memperingati 'Hari Pangan' yang jatuh setiap tanggal 16 Oktober. Peringatan tersebut ditetapkan oleh negara-negara anggota FAO (Organisasi Pangan dan Pertanian) lembaga PBB (Perserikatan Bangsa-Bangsa), dalam konferensi umum ke-20 pada November 1979. Sedangkan tanggalnya sendiri diambil dari tanggal jadi FAO di tahun 1945 silam. Setiap tahunnya, sekitar 150 negara turut memperingati 'Hari Pangan Sedunia' demi meningkatkan kepedulian terhadap kemiskinan dan kelaparan.

Bicara soal pangan, di Indonesia sendiri bahan pangan tak perlu diragukan lagi ketersediaannya. Indonesia memiliki alam dan hasilnya yang kaya raya, entah berasal dari laut, hutan dan sebagainya. Hal itu pula yang membuat Indonesia mempunyai deretan pangan bergizi tinggi, mau tau apa saja? Simak ulasannya di bawah ini

1. Brokoli

Image result for brokolisajadah.co

Diantara sekian banyak sayuran hijau, brokoli pantas disebut sebagai rajanya. Karena sayuran ini memiliki kandungan gizi yang terbilang tinggi. Seratnya saja sudah mampu mengeluarkan kolestrol dalam tubuh, bahkan kandungan karotenoid, zeaxanthin, beta-karoten dan antioksidannya menjadi sumber alami terbaik untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh.

2. Salmon

Image result for salmonwindows.net

Walaupun identik dengan negara Jepang, namun Salmon dapat ditemukan di lautan Indonesia. Ikan ini ampuh untuk kesehatan tubuh mulai dari rambut, kulit, tulang, persendian hingga otak. Salom diperkaya dengan vitamin, mineral dan yang terpenting adalah omega-3. Maka tak heran kalau Salmon banyak dikonsumsi dalam bentuk tablet, sirup hingga kapsul sebagai suplemen.

3. Kacang-Kacangan

Image result for kacangkacangangrid.id

Sumber protein nabati meliputi kacang-kacangan dan hasil olahannya seperti kedelai, tahu, tempe, kacang hijau, kacang tanah, dan lainnya memiliki gizi yang sangat tinggi. Jenis ini sampai dijuluki 'superfood' karena memiliki protein nabati yang hampir sama dengan kualitas protein hewani.

4. Alpukat

Image result for Alpukatakamaized.net

Buah alpukat berbeda dengan kebanyakan buah yang kalian temui sehari-hari. Alpukat mengandung lemak sehat dan tentunya bergizi ketimbang karbohidrat. Selain tinggi lemak, alpukat juga tinggi serat dan kalium sehingga sesuai dengan kategori makanan bergizi.

5. Pisang

Image result for Pisanghellosehat.com

Kalau alpukat adalah buah dengan kandungan lemak sehat, pisang justru mengandung kalium terbaik dari semua buah yang ada. Satu buah pisang berukuran sedang menyediakan 0,43 miligram atau 33 persen dari vitamin B6 yang perlu dikonsumsi dalam sehari. Selain tidak mahal, pisang juga dapat dengan mudah di tanam di pekarangan rumah. Dengan mengonsumsi buah pisang, sistem pencernaan dijamin akan berfungsi dengan lancar.

Selamat Hari Pangan Sedunia! Jangan lupa untuk peduli akan gizi dalam pangan yang kalian konsumsi yah...

 

Poin Ekstra

Artikel ini dibuat oleh tim Playworld Indonesia

Galih
16 Oct 2019

20 Poin Ekstra
Sebutkan salah satu kandungan yang ada di Brokoli?

BALANCE ANDA SAAT INI

100
Points
5000
Coins
  1. Pastikan sudah login
  2. Tulis hanya bisa di jawab 1 kali per 1 user
  3. Hanya user dengan keanggotaan VIP yang bisa memberikan komentar.

POIN Ekstra: +20
2 Poin Ekstra

  1. Pastikan sudah login
  2. Tulis komentar dengan minimal terdiri dari 50 kata
  3. Poin hanya diberikan 1 kali untuk 1 User per 1 Artikel
  4. Seluruh komentar dimoderasi oleh tim Playworld ID dan bisa dihapus dan akan mengurangi total POIN jika komentar mengandung konten SARA, atau tidak sesuai dengan artikel yang dibaca
  5. Hanya user dengan keanggotaan VIP yang bisa memberikan komentar.




Extra POIN +2
Kamu mendapat tambahan POIN karena telah memberikan KOMENTAR
SELAMAT!
Kamu Mendapatkan
SELAMAT!
Kamu Mendapatkan
POIN Ekstra : +2

!
Pastikan selalu men-share dalam mode PUBLIC, jika tidak team PLAYWORLD.ID berhak untuk mendiskualifikasi kemenangan kamu.