5 Negara yang Sempat Memindahkan Ibu Kotanya
 

5 Negara yang Sempat Memindahkan Ibu Kotanya

Poin Ekstra

Akhir-akhir ini, presiden Indonesia yakni Jokowi punya wacana nih untuk memindahkan Ibu Kota Indonesia. Dari yang pertamanya di Jakarta berpindah ke daerah Kalimantan. Nah, tentunya hal ini menimbulkan pro dan kontra yeee kaann? Banyak yang pesimis tapi ada juga yang optimis. Sebenernya gengs, pemindahak Ibu Kota dari sebuah negara itu bukanlah hal yang aneh dan wajar banget. Di belahan dunia lainnya, ada juga yang sempat memindahkan Ibu Kota mereka lho dan berhasil. Mau tahu negara apa aja?

1. Amerika Serikat

Sebelum tahun 1800, Amerika Serikat tuh rupanya punya Ibu Kota ada di New York yang saat ini jadi pusat bisnis terkemuka di dunia. Nah, setelah tahun 1800, Ibu Kota digantikan ke Washington D.C.

2. Arab Saudi

Di tahun 1818, Arab Saudi juga sempat memindahkan Ibu Kotanya. Dari daerah Diriyah menuju Riyadh, saat ini kedua daerah tersebut sama-sama menjadi kota yang cukup maju.

3. Brazil

Dari Ibu Kota Salvador, Brazil akhirnya memindahkan Ibu Kotanya lagi menuju Rio de Janeiro. Namun, sejak tahun 1961, Ibu Kota dipindahkan di Brasillia.

4. Finlandia

Di tahun 1812, Finlandia sempat memindahkan Ibu Kotanya dari Turku menuju Helsinki. Sampai saat ini, mereka bertahan dengan Helsinki sebagai Ibu Kota.

5. India

Calcutta adalah Ibu Kota pertama dari India, tepatnya tahun 1911. Namun, di tahun 1947, mereka memindahkannya menuju New Delhi.

 

Poin Ekstra

Artikel ini dibuat oleh tim Playworld Indonesia

Andina BP
04 Aug 2019

2 Poin Ekstra

  1. Pastikan sudah login
  2. Tulis komentar dengan minimal terdiri dari 50 kata
  3. Poin hanya diberikan 1 kali untuk 1 User per 1 Artikel
  4. Seluruh komentar dimoderasi oleh tim Playworld ID dan bisa dihapus dan akan mengurangi total POIN jika komentar mengandung konten SARA, atau tidak sesuai dengan artikel yang dibaca
  5. Hanya user dengan keanggotaan VIP yang bisa memberikan komentar.




Extra POIN +2
Kamu mendapat tambahan POIN karena telah memberikan KOMENTAR
SELAMAT!
Kamu Mendapatkan
SELAMAT!
Kamu Mendapatkan
POIN Ekstra : +2

!
Pastikan selalu men-share dalam mode PUBLIC, jika tidak team PLAYWORLD.ID berhak untuk mendiskualifikasi kemenangan kamu.