Suka Ngantuk Pas Shalat Jumat? Intip 5 Penyebabnya
 

Suka Ngantuk Pas Shalat Jumat? Intip 5 Penyebabnya

Poin Ekstra

Shalat Jumat menjadi rutinitas wajib bagi lelaki muslim di penjuru dunia termasuk Indonesia. Shalat tersebut dilaksanakan secara berjama'ah setiap hari Jumat menggantikan shalat Dzuhur. Btw, Shalat Jumat juga identik dengan ceramah sebelumnya yang dinamakan khutbah. Tapi terkadang, enggak jarang para jama'ah merasa ngantuk berat ketika khutbah tengah berlangsung. Bahkan efek ngantuknya bisa terasa hingga shalat dan setelah shalat. Kira-kira, apa yang menyebabkan hal tersebut terjadi yah? Simak lima kemungkinannya di bawah ini

1. Kurang Tidur

Image result for kurang tidur bikin ngantukgoogle.com

Kurang tidur menjadi kemungkinan besar yang bisa menyebabkan rasa kantuk datang. Apalagi ketika tubuh merasakan kedamaian alias suasana mendukung, ngantuk berat dijamin mudah untuk menyerang.

2. Adanya Tekanan untuk Tidur (Adenosine)

Related imagegoogle.com

Makin lama manusia atau binatang terjaga, maka semakin besar rasa kantuknya, hal inilah yang disebut sebagai tekanan untuk tidur alias Adenosine. Penelitian menemukan Adenosine sebagai pemicu tekanan untuk tidur, bahan kimia ini terkumpul selama jam terjaga, yang membantu menstimulasi pola unik aktivitas otak selama tidur.

3. Otak Kurang Oksigen

Image result for Otak Kurang Oksigengoogle.com

Mengantuk bisa dikarenakan otak tengah mengalami kekurangan oksigen, oksigen dibutuhkan oleh sel-sel otak untuk melakukan aktifitas rutin sehari-hari. Jadi, apabila oksigen yang beredar di darah kurang mencukupi kebutuhan metabolisme dasar, maka otak akan kekurangan oksigen dan gejalanya adalah mengantuk.

4. Kurang Kadar Gula dalam Darah

Image result for Kurang Kadar Gula dalam Darahgoogle.com

Normalnya kadar gula dalam darah di atas 80 mg/dl, kalau kadarnya kurang maka akan menimbulkan gejala mengantuk. Karena untuk melakukan aktivitas secara normal, otak hanya mengandalkan pengiriman gula dari aliran darah. Otak tidak memiliki kemampuan untuk menyimpan gula sebagai cadangan energy. Sehingga ketika kadar gula darah di bawah 80 mg/dl, tubuh akan memberikan sinyal berupa rasa mengantuk.

5. Kekurangan Zat Besi

Image result for Kekurangan Zat Besigoogle.com

Ternyata zat yang satu ini amat sangat penting untuk kelancaran metabolisme tubuh. Kekurangan zat besi dalam konsumsi makanan sehari-hari akan menyebabkan gangguan pembentukan sel darah merah (eritrosit, hemoglobin). Akibatnya tubuh mengalami anemia, kalau sudah begitu pengidap anemia bakal mudah ngantuk di berbagai situasi yang memungkinkan.

Itulah lima alasan masuk akal kenapa jama'ah sering mengantuk ketika shalat Jumat. Cukup banyak bukan? Kini saatnya kita menganalisa diri sendiri kenapa mudah sekali mengantuk saat mendengarkan khutbah, bahkan pengajian atau ketika belajar di sekolah.

Poin Ekstra

Artikel ini dibuat oleh tim Playworld Indonesia

Andina BP
02 Aug 2019

20 Poin Ekstra
Apakah nama lain dari Adenosin?

BALANCE ANDA SAAT INI

100
Points
5000
Coins
  1. Pastikan sudah login
  2. Tulis hanya bisa di jawab 1 kali per 1 user
  3. Hanya user dengan keanggotaan VIP yang bisa memberikan komentar.

POIN Ekstra: +20
2 Poin Ekstra

  1. Pastikan sudah login
  2. Tulis komentar dengan minimal terdiri dari 50 kata
  3. Poin hanya diberikan 1 kali untuk 1 User per 1 Artikel
  4. Seluruh komentar dimoderasi oleh tim Playworld ID dan bisa dihapus dan akan mengurangi total POIN jika komentar mengandung konten SARA, atau tidak sesuai dengan artikel yang dibaca
  5. Hanya user dengan keanggotaan VIP yang bisa memberikan komentar.




Extra POIN +2
Kamu mendapat tambahan POIN karena telah memberikan KOMENTAR
SELAMAT!
Kamu Mendapatkan
SELAMAT!
Kamu Mendapatkan
POIN Ekstra : +2

!
Pastikan selalu men-share dalam mode PUBLIC, jika tidak team PLAYWORLD.ID berhak untuk mendiskualifikasi kemenangan kamu.