Ramai Pendaftaran CPNS, Ini Sosok Pegawai Negeri Sipil Pertama di Indonesia
 

Ramai Pendaftaran CPNS, Ini Sosok Pegawai Negeri Sipil Pertama di Indonesia

Sosok Pegawai Negeri Sipil Pertama/ Foto: tempo.co

Poin Ekstra

Lulusan mahasiswa maupun SMA sederajat berbondong-bondong mengikuti pendaftaran calon pegawai negeri sipil. Di balik fenomena tersebut, kamu mungkin bertanya-tanya siapakah sosok PNS pertama di Indonesia?

Berdasarkan UU Nomor 5 Tahun 2014, ASN atau Aparatur Sipil Negara adalah warga negara yang berprofesi sebagai Pegawai Negeri Sipil dan Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK) yang bekerja pada instansi pemerintah.

Seseorang dapat diangkat menjadi PNS apabila telah memenuhi syarat yang ditentukan. Mereka diangkat oleh pejabat yang berwenang dan diserahi tugas dalam suatu jabatan negeri, atau diserahi tugas negara lainnya, dan digaji berdasarkan peraturan perundang-undangan yang berlaku.

Sesuai dengan UU Nomor 5 Tahun 2014 tersebut, siapakah sosok ASN pertama yang diangkat sebagai PNS di Indonesia?

Hasil gambar untuk Sri Sultan Hamengku Buwono IXSri Sultan Hamengku Buwono IX/ Foto: okeinfo.net

Sri Sultan Hamengku Buwono IX merupakan PNS pertama di Indonesia. Pengangkatannya dilakukan oleh oleh Alm. A.E Manihuruk. A.E Manihuruk saat itu menjabat sebagai Kepala Badan Administrasi Kepegawaian Negara yang statusnya bukan PNS. Alasannya, karena Kepala Badan kebanyakan berasal dari Pejuang, Tentara atau Politikus.

Setelah proses pengangkatan tersebut, Raja yang bertahta di Keraton Yogyakarta pada 1940-1988 itu resmi menjadi pegawai negeri sipil pertama republik yang memiliki Nomor Induk Pegawai (NIP) 010000001.

Fakta tersebut tertuang dalam Kartu Pegawai Negeri Sipil Republik Indonesia yang diterbitkan Badan Administrasi Kepegawaian Negara (BAKN) di Jakarta 1-11-1974 yang ditandatangani oleh Alm. A.E. Manihuruk.

Hasil gambar untuk Sri Sultan Hamengku Buwono IXSri Sultan Hamengku Buwono IX/ Foto: kompasiana.com

Sri Sultan Hamengku Buwono IX sudah menjadi pegawai mulai tahun 1940. Di tahun itu juga beliau dinobatkan menjadi Raja Keraton Yogyakarta, yaitu lima tahun sebelum Indonesia memproklamasikan kemerdekaannya.

Di balik pengangkatannya sebagai PNS, ada proses yang membuat Sri Sultan Hamengku Buwono IX bisa menyandang sebagai PNS pertama.

"Nomor NIP diberikan pemerintah pusat karena sikap beliau saat jumenengan (bertahta) di tahun 1940," ujar Romo Tirun kepada Tempo di sela syawalan Trah Hamengku Buwono di Dalem Benawan Rotowijayan Yogyakarta pada Minggu 16 Juni 2019.

Romo Tirun mengungkapkan, saat naik tahta menjadi raja, Sri Sultan Hamengku Buwono IX mengeluarkan pernyataannya yang cukup fenomenal saat situasi Indonesia belum merdeka. Dalam pidato jumenengannya pada tanggal 18 Maret 1940, Sri Sultan Hamengku Buwono IX mengatakan,'Di pundak saya, ada satu tugas yang berat.

Hasil gambar untuk Sri Sultan Hamengku Buwono IX PNSSri Sultan Hamengku Buwono IX/ Foto: blogspot.com

Saya harus mengharmoniskan antara yang Barat dan yang Timur, tanpa menghilangkan kepribadian yang Timur. Walaupun saya mendapatkan pendidikan Barat yang sesungguhnya, saya adalah tetap orang Jawa'.

Kemudian, Sri Sultan Hamengku Buwono IX menutup pidato jumenengannya dengan menyatakan, '...Maka saya akan mendharmabaktikan diri saya, kepada nusa dan bangsa sesuai dengan kemampuan yang ada pada diri saya'.

"Saat itu HB IX mengatakan akan mengabdi untuk republik dengan menyatakan 'kepada nusa dan bangsa' bukan 'kepada negara' karena saat itu belum merdeka," ujar Tirun yang merupakan cucu dari Sultan HB VIII itu.

Pidato HB IX sebagai raja yang bersedia mengabdikan diri untuk nusa dan bangsa di tahun 1940 itulah yang membuat pemerintah Indonesia mengapresiasinya dan mencatatnya sebagai pegawai pertama republik dengan memberinya nomor induk pegawai istimewa yakni 010000001 di tahun 1974.

Poin Ekstra

Artikel ini dibuat oleh tim Playworld Indonesia

Alfa Anggraini
02 Dec 2019

2 Poin Ekstra
Kapan pidato jumeneng berlangsung?

BALANCE ANDA SAAT INI

100
Points
5000
Coins
  1. Pastikan sudah login
  2. Tulis hanya bisa di jawab 1 kali per 1 user
  3. Hanya user dengan keanggotaan VIP yang bisa memberikan komentar.

POIN Ekstra: +2
2 Poin Ekstra

  1. Pastikan sudah login
  2. Tulis komentar dengan minimal terdiri dari 50 kata
  3. Poin hanya diberikan 1 kali untuk 1 User per 1 Artikel
  4. Seluruh komentar dimoderasi oleh tim Playworld ID dan bisa dihapus dan akan mengurangi total POIN jika komentar mengandung konten SARA, atau tidak sesuai dengan artikel yang dibaca
  5. Hanya user dengan keanggotaan VIP yang bisa memberikan komentar.




Extra POIN +2
Kamu mendapat tambahan POIN karena telah memberikan KOMENTAR
SELAMAT!
Kamu Mendapatkan
SELAMAT!
Kamu Mendapatkan
POIN Ekstra : +2

!
Pastikan selalu men-share dalam mode PUBLIC, jika tidak team PLAYWORLD.ID berhak untuk mendiskualifikasi kemenangan kamu.