Indonesia Dinobatkan sebagai Negara dengan Spam Terbanyak ke-3 di Dunia
 

Indonesia Dinobatkan sebagai Negara dengan Spam Terbanyak ke-3 di Dunia

Handphone / foto : mereka.com

Poin Ekstra

Pernahkah kamu tiba-tiba menerima pesan berupa iklan produk dari nomor yang tidak dikenal? Hal itu merupakan salah satu dari bentuk spam yang seringkali mengganggu.

Dua tahun lalu, sebuah badan riset telah merilis Truecaller Insights Report pertama yang dibuat untuk memahami dampak dari adanya spam di seluruh dunia. Dengan edisi laporan yang ketiga, Truecaller Insights Report dapat melihat perubahan yang signifikan terkait negara mana saja yang paling banyak menerima spam.

Semakin tahun, adanya permasalahan spam di suatu negara justru semakin bertambah. Sesuai dengan data terbaru yang diambil dalam satu tahun terakhir ini, Truecaller Insights Report telah melihat tren SMS spam di seluruh dunia dan mampu menunjukkan dengan tepat 20 negara teratas yang menerima SMS spam terbanyak.

kotak masuk pesan / foto : techpoint.africa

Mengapa spam berupa SMS ini banyak terjadi?

Telepon hampir menjadi bagian dari tubuh kita, dan kita selalu menggunakannya untuk berkomunikasi agar dapat terhubung dengan dunia luar yang tak terjangkau. Sementara itu, hal yang paling menakutkan adalah data kita selalu dapat diakses. Data berupa nomor telepon hingga lokasi kita menjadi sesuatu yang dapat dimanfaatkan dan disalahgunakan oleh spammer dan scammer.

Pada tahun 2019, Truecaller Insights Report telah membantu pengguna untuk memblokir dan mengidentifikasi sekitar 26 miliar panggilan spam. Prosentase tersebut mengalami peningkatan 18% dibandingkan tahun lalu. Selain itu, Truecaller Insights Report juga telah membantu mengidentifikasi sekitar 116 miliar panggilan dengan nomor yang tidak dikenal. Angka tersebut mengalami peningkatan 56% dibandingkan tahun lalu.

catatan dari truecaller / foto : wowshack.com

Seperti yang diungkapkan dalam laporan tahun lalu, Brasil menyalip India sebagai negara yang paling banyak menyebarkan spam di dunia. Data tahun 2019 menunjukkan bahwa Brasil masih menduduki posisi atas. Sebagai faktanya, panggilan spam telah meningkat di Brasil sejak saat itu.

Sementara itu, Indonesia dinobatkan sebagai negara dengan penyebaran spam terbanyak ketiga di dunia versi Truecaller Insights Report. Riset yang dilakukan pendiri aplikasi ponsel pintar dari Swedia bernama Truecaller ini menyebut bahwa untuk tahun ini posisi Indonesia naik dari posisi ke-16.

Menurut Truecaller Insights Report terbaru yang diterbitkan pada tanggal 3 Desember kemarin, pengguna ponsel di Indonesia saat ini telah menerima hingga 27,9 panggilan spam per bulan. Spam tersebut rata-rata berisi tentang promosi jasa keuangan (40%) dan pialang asuransi (23%) serta diidentifikasi sebagai spammer tertinggi di Indonesia.

aplikasi truecaller / foto : http://www.techsmart.co.za/

Data tersebut dikompilasi dari panggilan masuk antara 1 Januari dan 30 Oktober yang ditandai sebagai spam oleh pengguna atau ditandai secara otomatis. Adanya laporan tersebut menjadikannya Truecaller Insights Report secara total telah mengidentifikasi 116 miliar panggilan tidak dikenal secara global, 26 miliar panggilan spam dan 8,6 miliar pesan SMS spam.

Hasil yang paling mengkhawatirkan adalah panggilan penipuan yang telah meningkat lebih dari dua kali lipat dalam satu tahun terakhir, yaitu dari 10 persen menjadi 21 persen, menurut laporan tersebut. Truecaller Insights Report juga menambahkan bahwa laporannya telah menerima umpan balik dari pengguna bahwa penipu telah membuat kerusuhan baru-baru ini di negara dengan spam tertinggi sebagai kesempatan untuk menipu orang.

Rata-rata satu pengguna ponsel di Indonesia menerima hingga 46 pesan spam setiap bulannya. Dengan adanya hasil riset tersebut, sebagai pengguna ponsel kamu harus berhati-hati dan tetap meningkatkan kewaspadaan terhadap spam yang beredar.

Poin Ekstra

Artikel ini dibuat oleh tim Playworld Indonesia

Alfa Anggraini
12 Dec 2019

2 Poin Ekstra

  1. Pastikan sudah login
  2. Tulis komentar dengan minimal terdiri dari 50 kata
  3. Poin hanya diberikan 1 kali untuk 1 User per 1 Artikel
  4. Seluruh komentar dimoderasi oleh tim Playworld ID dan bisa dihapus dan akan mengurangi total POIN jika komentar mengandung konten SARA, atau tidak sesuai dengan artikel yang dibaca
  5. Hanya user dengan keanggotaan VIP yang bisa memberikan komentar.




Extra POIN +2
Kamu mendapat tambahan POIN karena telah memberikan KOMENTAR
SELAMAT!
Kamu Mendapatkan
SELAMAT!
Kamu Mendapatkan
POIN Ekstra : +2

!
Pastikan selalu men-share dalam mode PUBLIC, jika tidak team PLAYWORLD.ID berhak untuk mendiskualifikasi kemenangan kamu.