Heboh Sungai Bengawan Solo Tercemar Ciu
 

Heboh Sungai Bengawan Solo Tercemar Ciu

Sungai Bengawan Solo/ Foto: Timlo.net

Poin Ekstra

Sungai Bengawan Solo di Jawa Tengah dikabarkan tengah tercemar air alkohol atau ciu. Dugaan tersebut muncul setelah hampir seluruh ikan-ikan yang ada di sungai tersebut mati. Limbah cair itu juga membuat operasional Instalasi Pengolahan Air (IPA) Semanggi, Pasar Kliwon, Solo, Jawa Tengah menjadi terganggu. Bahkan selama dua hari, IPA Semanggi tidak beroperasi karena air baku dari Sungai Bengawan Solo tidak bisa diolah. 

Pencemaran limbah ciu ini merupakan yang terparah jika dibandingkan dari tahun-tahun sebelumnya. Warna air sungai terlihat menjadi lebih hitam pekat dan tercium bau alkohol yang sangat menyengat akibat etanol dalam kandungan ciu. Kabarnya, limbah tersebut dilarikan dari sungai Sukoharjo menuju sungai Bengawan Solo. Direktur Teknik Perumda Air Minum Solo Tri Atmojo Sukomulyo mengatakan, pengambilan air baku baru dapat dilakukan di Intake Semanggi. Sementara air baku di intake Jurug dan Jebres masih tercemar limbah ciu.

Hasil gambar untuk bengawan solo tercemar ciuSungai bengawan Solo/ Foto: Kompas.com

Meskipun sungai tersebut sempat diguyur hujan deras pada Jumat, 1 November 2019 lalu, namun belum bisa membersihkan sungai dari limbah.  Direktur Teknik Perumda Air Minum Solo Tri Atmojo Sukomulyo mengatakan, pengambilan air baku baru dapat dilakukan di Intake Semanggi. Sementara air baku di intake Jurug dan Jebres masih tercemar limbah ciu.

Hal ini tentu sangat disayangkan, bukan hanya bagi masyarakat setempat, tapi juga bagi daerah-daerah sekitaran Bengawan Solo. Karena ternyata, limbah tersebut sedikit menyebar ke sungai di sekitar sungai itu. Warga berharap pencemaran lingkungan ini bisa segera terselesaikan dan tidak menyisakan limbah apapun. Sehingga para warga dapat kembali melakukan kegiatan seperti biasanya di sungai tersebut. 

Poin Ekstra

Artikel ini dibuat oleh tim Playworld Indonesia

Andina BP
05 Nov 2019

2 Poin Ekstra

  1. Pastikan sudah login
  2. Tulis komentar dengan minimal terdiri dari 50 kata
  3. Poin hanya diberikan 1 kali untuk 1 User per 1 Artikel
  4. Seluruh komentar dimoderasi oleh tim Playworld ID dan bisa dihapus dan akan mengurangi total POIN jika komentar mengandung konten SARA, atau tidak sesuai dengan artikel yang dibaca
  5. Hanya user dengan keanggotaan VIP yang bisa memberikan komentar.




Extra POIN +2
Kamu mendapat tambahan POIN karena telah memberikan KOMENTAR
SELAMAT!
Kamu Mendapatkan
SELAMAT!
Kamu Mendapatkan
POIN Ekstra : +2

!
Pastikan selalu men-share dalam mode PUBLIC, jika tidak team PLAYWORLD.ID berhak untuk mendiskualifikasi kemenangan kamu.