Fakta-Fakta Gila 'Rasul' Palsu Bernama Puang La'lang di Gowa
 

Fakta-Fakta Gila 'Rasul' Palsu Bernama Puang La'lang di Gowa

Puang La'Lang

Poin Ekstra

Akhir-akhir ini berbagai isu yang berkaitan dengan agama semakin merajalela. Kasus-kasus penistaan agama yang berkaitan dengan politik dan uang pun bermunculan. Salah satunya adalah pria yang mengaku maha guru dan rasul dari Gowa, Puang La’lang. 

Puang La’lang adalah seorang kakek tua berumur 74 tahun yang merupakan pemimpin aliran Tarekat Tajul Khalwatiyah Syekh Yusuf Gowa. Aliran ini secara resmi dinyatakan sesat oleh Majelis Ulama Indonesia (MUI) Kabupaten Gowa. Hal itu tertera dalam Fatwa MUI bernomor Kep 01/MUI-Gowa/XI/2016 tanggal 9 November 2016. Namun, aliran ini justru semakin berkembang dan memiliki beratus-ratus pengikut setia. Puang La’lang sendiri diduga sudah mengangkat dirinya menjadi Maha Guru bahkan rasul sejak tahun 1999. 

Puang La'lang/ Foto: Rakyatku.com

Polisi Gowa ungkap sederet kesesatan dan penyimpangan yang diajarkan Puang La’lang. Berikut adalah fakta-fakta ajaran rasul palsu Puang La’lang sehingga ditetapkan sebagai aliran sesat oleh MUI.

1. Para pengikut diwajibkan membayar sebesar Rp. 10 ribu hingga Rp. 50 ribu untuk mendapatkan kartu surga dari Puang La’lang. Hal ini tentu sangat di luar nalar. Jika ingin masuk surga semua orang tentu harus berbuat baik dan terus beribadah, bukannya membeli tiket surga. Tapi, para pengikut dengan setia dan pasrah mengikuti hal ini.

2. Pengikut dituntut membayar zakat sesuai berat badan, dengan tarif Rp. 5 ribu per kilogram. Hal ini tentu tidak ada dalam ajaran Islam. Ajaran ini menistakan Islam demi keuntungan pribadi. Dan lagi, para pengikut tetap menuruti.

3. Wajib menyetor 2,5% penghasilan kepada Maha Guru Puang La’lang sebagai bentuk zakat mal (harta).

4. Adanya kitab suci tersendiri (Kitabullah). “Kitabullah yang dimaksud, menurut dia, adlaah yang diajarkan Nabi Muhammad SAW kepada Syekh Yusuf di surga, kemudian ditemukan di peti jenazah Syekh Yusuf,” ungkap Kapolres Gowa.

5. Pemelesetan ayat suci Al-Quran yang diterjemahkan dan dimaknai sesuka hati. Ini adalah bentuk jelas terhadap penistaan kitab suci umat Islam, Al-Quran. 

6. Mengakui Allah pencipta, Allah Mama (Ibu), Allah Bapa, Allah Iblis, Allah Jin, Allah Syaitan, Allah Nafsu. Sementara agama Islam hanya mengakui satu Tuhan, yaitu Allah SWT. 

7. Mengangkat dirinya sebagai Maha Guru dan Rasul.

8. Mampu memperpanjang umur pengikut-pengikutnya hingga 15 tahun. 

9. Manusia yang wafat akan diangkat Allah menjadi Tuhan.

10. Al-Quran adalah hasil modifikasi modern yang terdiri dari 6.400 ayat yang seharusnya 6.666 ayat.

11. Allah akan memperlihatkan wajahnya kepada orang-orang yang berdzikir.

12. Kebenaran tidak ada dalam Al-Quran. Ajaran yang satu ini semakin memperjelas Puang La’lang menistakan Islam dan Al-Quran.

Puang La'lang/ Foto: Ujungjari.com

Berdasarkan 138 barang bukti yang disita Polisi di kediamannya di Desa Timbuseng, Kecamatan Patalassang, Gowa, Puang La’lang akhirnya ditetapkan sebagai tersangka pada 31 Oktober 2019 Kamis lalu. Penyidik telah memeriksa 42 saksi dan 2 ahli agama. Kapolres Gowa, AKBP Shinto Silitonga menyebut Puang La’lang telah melanggar sejumlah peraturan hukum.

“Pelaku menyebarkan aliran sesat dan menyesatkan dengan melakukan baiat, mendoktrin pengikutnya lalu menjanjikan keselamatan dunia dan akhirat, selanjutnya memberikan kartu surga sebagai tanda anggota,” Kata Shinto saat konferensi pers pada Senin (4/11/2019) di Sungguminasa, Sulawesi Selatan.

Puang La’lang dikenakan pasal berlapis yaitu Pasal 156 KUHP tentang penistaan agama; Pasal 378 KUHP tentang penipuan; Pasal 372 KUHP tentang penggelapan; Pasal 3,4,5 UU Nomor 8 Tahun 2010 tentang pencucian uang. Puang La’lang juga melanggar UU Nomor 22 Tahun 1946 tentang pencatatan nikah. Ia dilaporkan telah menikahkan sejumlah pengikutnya tanpa wali nikah dan tanpa pencatatan di KUA. Dengan semua peraturan yang dilanggarnya, Puang La’lang dijatuhi hukuman maksimal 20 tahun penjara. 

Poin Ekstra

Artikel ini dibuat oleh tim Playworld Indonesia

Anggia
06 Nov 2019

20 Poin Ekstra
Berasal dari kabupaten manakah Puang La'lang?

BALANCE ANDA SAAT INI

100
Points
5000
Coins
  1. Pastikan sudah login
  2. Tulis hanya bisa di jawab 1 kali per 1 user
  3. Hanya user dengan keanggotaan VIP yang bisa memberikan komentar.

POIN Ekstra: +20
2 Poin Ekstra

  1. Pastikan sudah login
  2. Tulis komentar dengan minimal terdiri dari 50 kata
  3. Poin hanya diberikan 1 kali untuk 1 User per 1 Artikel
  4. Seluruh komentar dimoderasi oleh tim Playworld ID dan bisa dihapus dan akan mengurangi total POIN jika komentar mengandung konten SARA, atau tidak sesuai dengan artikel yang dibaca
  5. Hanya user dengan keanggotaan VIP yang bisa memberikan komentar.




Extra POIN +2
Kamu mendapat tambahan POIN karena telah memberikan KOMENTAR
SELAMAT!
Kamu Mendapatkan
SELAMAT!
Kamu Mendapatkan
POIN Ekstra : +2

!
Pastikan selalu men-share dalam mode PUBLIC, jika tidak team PLAYWORLD.ID berhak untuk mendiskualifikasi kemenangan kamu.