Ada Kerajaan Agung Sejagat di Purworejo yang Mendadak Viral
 

Ada Kerajaan Agung Sejagat di Purworejo yang Mendadak Viral

Keraton Agung Sejagat/ Foto: suara.com

Poin Ekstra

Purworejo sedang jadi perbincangan publik. Ada kemunculan keraton Agung Sejagat yang berada di Desa Pogung Jurutengah, Bayan, Kabupaten Purworejo, Jawa Tengah.

Di berbagai social media tiba-tiba muncul foto kirab budaya yang diadakan keraton ini mulai 10-12 Januari 2020.

Kerajaan ini bahkan mengklaim sebagai Majapahit baru pantas saja netizen pun geger dibuatnya setelah mendapati kerajaan baru ini. Ada beberapa fakta terkait kerajaan Agung Sejagat yang digunjingkan dibawah ini !

Punya Ratusan Pengikut

Biarpun terbilang kerajaan baru namun kirabnya saja diikuti oleh ratusan orang. Kabarnya pengikut keraton Agung Sejagat diklaim mencapai 450 orang.

Totok Santosa Hadiningrat didaulat menjadi raja kerajaan Agung Sejagat. Sedangkan istrinya yakni Dyah Gitarja menjadi kanjeng ratu kekinian.

Menurut Resi Joyodiningrat penasihat kerajaan ini menyatakan mereka muncul karena telah berakhirnya perjanjian 500 tahun lalu.

Anggota Kerajaan Agung Sejagat/ Foto: merdeka.com

Perjanjian tersebut memiliki isi bahwa penguasa Portugis akan mengembalikan kekuasaan tertinggi kepada pemiliknya yakni Keraton Agung Sejagat.

Keraton Agung Sejagat diklaim sebagai penerus dari Medang Majapahit, yang merupakan Dinasti Sanjaya dan Syailendra. Perjanjian tersebut dibuat pada 1518.

Terkait kirab ini pun pihak kepolisian memanggil yang bersangkutan yakni Totok untuk memberikan laporan ke pihak berwajib. 

Pihak keraton juga memindahkan batu kuno untuk dijadikan prasasti. Dibangun pula singgasana lengkap dengan ornamen yang didominasi warna emas.

Pantas saja netizen ikut geger dibuatnya akan munculnya kerajaan baru ini di tanah air.

Siapa Sosok Totok, Raja dari Kerajaan Agung Sejagad?

Totok Santosa Hadiningrat/ Foto: suara.com

Tentunya yang bikin penasaran lagi ialah sosok sinuhun atau raja dari kerajaan Agung Sejagad. Totok dianggap cukup kontroversial.

Pasalnya pada 2016 lalu ia pernah menjanjikan uang ratusan dolar AS tiap bulan. Ia memberikan uang kepada Jogjakarta Development Committe (JOGJA-DEC).

Dikutip melalui liputan6.com Totok menjelaskan terkait donasinya :

“Uang ini merupakan hak bagi bangsa Indonesia. Namun untuk memperoleh uang tersebut harus memiliki register dan nomor keanggotaan di JOGJA-DEC. Nanti bisa dikirim tiap bulan lewat ATM atau lewat koperasi,"

 

Poin Ekstra

Artikel ini dibuat oleh tim Playworld Indonesia

Nurchalimah
14 Jan 2020

20 Poin Ekstra
Berapakah jumlah anggota Keraton Agung Sejagat?

BALANCE ANDA SAAT INI

100
Points
5000
Coins
  1. Pastikan sudah login
  2. Tulis hanya bisa di jawab 1 kali per 1 user
  3. Hanya user dengan keanggotaan VIP yang bisa memberikan komentar.

POIN Ekstra: +20
2 Poin Ekstra

  1. Pastikan sudah login
  2. Tulis komentar dengan minimal terdiri dari 50 kata
  3. Poin hanya diberikan 1 kali untuk 1 User per 1 Artikel
  4. Seluruh komentar dimoderasi oleh tim Playworld ID dan bisa dihapus dan akan mengurangi total POIN jika komentar mengandung konten SARA, atau tidak sesuai dengan artikel yang dibaca
  5. Hanya user dengan keanggotaan VIP yang bisa memberikan komentar.




Extra POIN +2
Kamu mendapat tambahan POIN karena telah memberikan KOMENTAR
SELAMAT!
Kamu Mendapatkan
SELAMAT!
Kamu Mendapatkan
POIN Ekstra : +2

!
Pastikan selalu men-share dalam mode PUBLIC, jika tidak team PLAYWORLD.ID berhak untuk mendiskualifikasi kemenangan kamu.