Tips merawat dan menggunakan Laptop dengan baik
 

Tips merawat dan menggunakan Laptop dengan baik

Poin Ekstra

Pernah gak sih lagi asik main dengan laptop kamu tiba-tiba dia mendadak menjadi error? Pasti langsung dongkol yah. Ternyata kejadian ini sering banget kita temui 80% belum ada setahun laptop sudah rusak dan ini terjadi karena kita tidak mengerti bagaimana menggunakan laptop dengan baik. Apalagi bagi mahasiwa yang hanya memakai laptop namun tidak tahu cara merawat dan pemakaian yang baik seperti apa. Kali ini admin akan memberikan tips cara merawat dan pemakaian baik untuk laptop.

Tujuan admin memberikan tips ini supaya laptop bisa digunakan dengan jangka waktu lama. 

1. Jangan menggunakan laptop di kasur

Hasil gambar untuk gambar laptop diatas kasur

google

Kamu tahu gak sih bahwa menggunakan laptop diatas kasur akan merusak dalam laptop khususnya perangkat Motherboard MSI dan secara tidak langsung akan membuat laptop mati secara mendadak, karena tidak ada udara atau angin untuk perangkat tersebut.  Jika hal ini terjadi secara terus menerus makan sudah dipastikan laptop kamu tidak akan bisa digunakan kembali.

2. Jangan main sambil charger

Hasil gambar untuk gambar laptop di charge

google

Terkadang secara tidak sadar kita sering melakukan charger pada laptop sambil menggunakannya. Kondisi membuat laptop panas dan ketahan baterai akan berkurang. Jadi kalau merasa sudah lowbat lebih baik berhenti sejenak biarkan laptop ke isi dengan penuh, setelah itu baru kamu gunakan kembali. Cara ini juga supaya mengistirahatkan mesin laptop.

3. Install perangkat anti virus

Hasil gambar untuk anti virus

google

Hal yang penting dalam merawat laptop adalah mempunyai anti virus untuk menjaga virus yang membahayakan laptop. kamu bisa install : Smadav, Avira, Avg. Tidak hanya itu setiap seminggu sekali kamu harus mengecek apakah laptop kamu ada virusnya atau tidak,  dengan aplikasi tersebut. 

4. Jangan colok flashddik atau hardisk sembarang

Hasil gambar untuk gambar laptop di charge

google

Sering banget kamu pasti memasukan fd atau hardisk sembarang ke laptop kamu, entah itu mungkin punya teman atau keluarga kamu. Mulai sekarang jangan deh, karena kita tidak tahu apakah fd dan hardisk tersebut bersih dan aman.

5. Jangan buat main game!

Hasil gambar untuk gambar laptop main game

google

Buat kamu yang hobi banget main game, jangan gunakan laptop untuk main game. Ada beberapa laptop untuk khusus main game, terkadang perangkat mesin laptop tidak kuat untuk main game. Laptop itu design bukan main game melainkan browsing, mengetik dan mencari hal sesuatu untuk tugas.

6. Dilarang mendowload sembarang!

Hasil gambar untuk dilarang download file

google

Pasti kamu sering banget mendownload apapun ke laptop dan kalian tidak sadar bahwa yang di download itu ada virus atau tidak aman buat laptop. Admin pernah mengalami hal ini saat itu admin mendownload sesuatu ke laptop ke esoknya semua tampilan laptop berubah dan lemot ketika digunakan. Mulai sekarang kalau kamu ingin mendownload sesuatu lebih baik dipikiran kembali sebelum nanti perangkat laptop kamu yang kena. 

7. Gunakan laptop dengan teratur

Sering banget kita menggunakan laptop sampai berjam-jam bahkan seharian penuh karena kebutuhan. Akan tetapi hal itu tidak baik untuk kondisi laptop. Menggunakan laptop dalam sehari lebih baik dua jam saja karena laptop semakin panas, semakin membakar perangkat di dalamnya otomatis akan rusak dengan cepat.

8. Mematikan laptop dengan menu dan klik shutdown

Gambar terkait

google

Kamu pasti sering banget mematikan laptop lewat tombol yang ada diatas begitu saja. Hal itu penyebab laptop kamu tidak bertahan lama, usahakan bagi kamu mematikan lewat menu dan klik shutdown. Mematikan lewat situ secara perlahan laptop mematikan mesin hal ini baik juga untuk perangkat yang ada di dalam. Kalau kamu mematikan lewat pencet tombol secara tidak langsung mesin mati mendadak dan itu bahaya buat perangkat laptop. 

9. Bersihkan sampah

Hasil gambar untuk empty trash

google

Kita sering menghapus file setiap harinya, namun apakah kamu tahu bahwa menghapus file saja tidak cukup. Di laptop ada yang namanya empty trash jadi ibaratnya pengumpulan sampah yang sudah di hapus dan numpuk disitu. Hal ini harus kamu perhatikan kalau kamu sudah menghapus file langkah selanjutnya memberishkan empty trash jadi file yang tidak penting benar-benar di hapus secara permanen dari laptop.

Itulah beberapa tips merawat dan pemakaian dengan baik. Laptop rusak terjadi karena kecerobohan kita dan pemakaian kita yang kurang baik. Ini lah yang membuat jangka waktu laptop tidak bertahan lama. semoga tips ini bermanfaat buat kamu semua dan silakan mempraktekannya di rumah mulai sekarang. 

Poin Ekstra

Artikel ini dibuat oleh tim Playworld Indonesia

Rafta
05 Jul 2019

10 Poin Ekstra

  1. Pastikan sudah login
  2. Tulis komentar dengan minimal terdiri dari 50 kata
  3. Poin hanya diberikan 1 kali untuk 1 User per 1 Artikel
  4. Seluruh komentar dimoderasi oleh tim Playworld ID dan bisa dihapus dan akan mengurangi total POIN jika komentar mengandung konten SARA, atau tidak sesuai dengan artikel yang dibaca
  5. Hanya user dengan keanggotaan VIP yang bisa memberikan komentar.



SELAMAT!
Kamu Mendapatkan
SELAMAT!
Kamu Mendapatkan
POIN Ekstra : +1

!
Pastikan selalu men-share dalam mode PUBLIC, jika tidak team PLAYWORLD.ID berhak untuk mendiskualifikasi kemenangan kamu.