Aplikasi Pendeteksi Plagiarisme dan Mencegah Tulisanmu diblokir Google
 

Aplikasi Pendeteksi Plagiarisme dan Mencegah Tulisanmu diblokir Google

Plagiarism/ Foto: Dailytrojan.com

Poin Ekstra

Jumlah sumber online yang memiliki akses gratis telah meningkat secara dramatis dan laju peningkatannya pun semakin cepat. Itulah sebabnya semakin banyak orang tergoda untuk mengakui tulisan orang lain adalah karya milik sendiri. Jika kamu mencoba copy-paste tapna sepengetahuan pemiliknya, nantinya akan menjadi sulit menyingkirkan kebiasaan buruk semacam itu. Namun Google dapat memberlakukan hukuman dengan memblokir postingan yang disinyalir plagiarisme. Agar nantinya tidak bermasalah, kamu harus memanfaatkan aplikasi canggih untuk mendeteksi plagiarisme. Berikut adalah panduan singkat yang dapat membantumu menghindari diri dari pemblokiran dan mendeteksi plagiarisme yang tidak disengaja.

Unplag

Alat pendeteksi plagiarisme direkomendasikan untuk para siswa, pendidik, penulis, dan editor. Dengan Unplag, kamu tidak perlu menginstal peralatan dan program tambahan apa pun karena dapat diakses secara online. Unplag memungkinkan penulis untuk memindai secara bersamaan sebanyak mungkin teks dalam berbagai format yang kamu butuhkan dalam waktu 4 detik per pemindaian teks dengan kecepatan yang stabil. Untuk mengidentifikasi penjiplakan terkecil sekalipun, Unplag memeriksa teks dan membandingkannya dengan 16 miliar halaman dan dokumen yang dimuat di Google dan Bing. Unplag memberikan laporan plagiarisme setelah pemindaian selesai. Laporan ini mencakup persentase kesamaan dan orisinalitas dari file yang dipindai serta semua elemen asli yang disoroti dengan hyperlink ke sumber asli. Selain itu, semua file yang kamu simpan di akun pribadi tetap aman berkat enkripsi.

Hasil gambar untuk UnplagUnplag/ Foto: Unicheck.com

Kelebihan: Sebelum berlangganan, kamu dapat menggunakan percobaan gratis maksimal 275 kata. Dalam aplikasi ini, kamu dapat membuat basis data pribadi dan menggunakan empat jenis pindaian, yang meliputi pemeriksaan file terhadap file lain atau terhadap semua file yang kamu miliki di akun sosial media, Unplag database, atau Internet. Secara default, kamu dapat mengunggah file .pdf, .docx, .doc, .txt atau .html untuk diperiksa plagiarismenya.

Kekurangan: Untuk menggunakan seluruh tools-nya ini, kamu perlu berlangganan satu bulan, tiga bulan atau satu tahun.

Writecheck

Hasil gambar untuk WritecheckWritecheck/ Foto: Blogspot.com

Ini adalah aplikasi yang memungkinkan siswa atau penulis memeriksa makalah mereka dari plagiarisme untuk memastikan bahwa tulisannya mengutip semua sumber yang digunakan dalam teks. Selain itu, Writecheck memindai makalah yang mengandung kesalahan tata bahasa dan ejaan. Untuk memindai tulisanmu, kamu dapat mengunggah dokumen Microsoft Word, WordPerfect, PostScript, .pdf, html, dan .rtf. Setelah setiap kamu akan mendapatkan laporan plagiarisme dengan elemen non-unik yang disorot dan tautan langsung ke sumber plagiat. Untuk memindai makalah agar terbebas dari unsur penjiplakan, kamu perlu registrasi dan membayar untuk memulai membuat akun pribadi karena uji coba gratis tidak tersedia. Ukuran teks yang akan diperiksa tidak boleh melebihi 5.000 kata. Jika sebuah makalah berisi lebih dari 5.000 kata, kamu harus membayar biaya tambahan.

Kelebihan: Writecheck memungkinkan penulis mengunggah berbagai format file dan memberi laporan plagiarisme yang terperinci.

Kekurangan: Aplikasi ini tidak memberikan uji coba gratis. Namun meskipun demikian kamu masih akan mendapatkan banyak manfaat dari aplikasi ini.

Poin Ekstra

Artikel ini dibuat oleh tim Playworld Indonesia

Alfa Anggraini
08 Nov 2019

20 Poin Ekstra
Berapakah jumlah maksimal kata selama percobaan gratis?

BALANCE ANDA SAAT INI

100
Points
5000
Coins
  1. Pastikan sudah login
  2. Tulis hanya bisa di jawab 1 kali per 1 user
  3. Hanya user dengan keanggotaan VIP yang bisa memberikan komentar.

POIN Ekstra: +20
2 Poin Ekstra

  1. Pastikan sudah login
  2. Tulis komentar dengan minimal terdiri dari 50 kata
  3. Poin hanya diberikan 1 kali untuk 1 User per 1 Artikel
  4. Seluruh komentar dimoderasi oleh tim Playworld ID dan bisa dihapus dan akan mengurangi total POIN jika komentar mengandung konten SARA, atau tidak sesuai dengan artikel yang dibaca
  5. Hanya user dengan keanggotaan VIP yang bisa memberikan komentar.



Extra POIN +2
Kamu mendapat tambahan POIN karena telah memberikan KOMENTAR
SELAMAT!
Kamu Mendapatkan
SELAMAT!
Kamu Mendapatkan
POIN Ekstra : +2

!
Pastikan selalu men-share dalam mode PUBLIC, jika tidak team PLAYWORLD.ID berhak untuk mendiskualifikasi kemenangan kamu.