5 Tips Anti Ribet Mengatasi HP Sering Mati Sendiri
 

5 Tips Anti Ribet Mengatasi HP Sering Mati Sendiri

Poin Ekstra

Bukan rahasia lagi kalau handphone sudah menjadi kebutuhan pokok saat ini. Makanya para produsen terus berlomba-lomba berinovasi menghadirkan ragamnya yang lebih canggih, dengan tampilan kekinian. Karena selain melihat fitur-fitur atau spesifikasi yang ada, para pengguna juga melihat penampilan dari handphone tersebut. Hampir dalam waktu berdekatan selalu ada model-model keluaran baru, dari berbagai perusahaan handphone.

Tapi, dibalik produk handphone yang semakin hari semakin beragam, para pengguna memiliki masalah umum seperti mati total. Banyak orang yang bingung ketika menggunakan handphone namun tiba-tiba mengalami mati total. Sontak kejadian tersebut bikin kita panik dan tak tau harus berbuat apa, mau diperbaiki sendiri tapi takut semakin rusak, sedangkan kalau hanya didiamkan rasa hati akan semakin gelisah. Nah, playworld punya sedikit informasi dan tips apa yang harus dilakukan ketika handphone mati mendadak.

Sebelum mengeluarkan uang ke tempat servis, yuk coba lakuin 5 hal di bawah ini

1. Lepas Semua Komponen Pada Handphone

Image result for Lepas Semua Komponen Pada Handphonegoogle.com

Salah satu pengguna android? Kalau tiba-tiba handphone mati tanpa sebab, coba lepaskan semua komponen yang ada pada handphone tersebut. Misal seperti casing, baterai, sim hingga kartu memori. Alasannya karena khawatir ada sedikit kerusakan pada bagian-bagian ponsel tersebut. Nah, kalau sudah dilepaskan jangan buru-buru dipasang kembali, coba diamkan selama 10 sampai 15 menit supaya ponsel bisa beristirahat sejenak. Kalau sudah, pasang komponen-komponan yang tadi dilepaskan dari tempatnya ke tempat semula. Biasanya cara ini ampuh lho untuk beberapa ponsel dengan tingkat kerusakan minim.

2. Coba Isi Baterai

Image result for Coba Isi Bateraigoogle.com

Bukan karena lowbat, metode mengecas handphone saat mati mendadak dilakukan untuk mengetes, apakah ponsel tersebut akan ada reaksi atau tidak ketika diisi baterai. Kalau menyala, artinya bisa dipastikan kalau handphoe hanya kehabisan baterai, tapi jika sebaliknya alias tidak merespon apa-apa atau layarnya tetap hitam, coba lakukan metode lain seperti menggunakan charger desktop. Jika baterai bisa diisi menggunakan model charger seperti itu dapat disimpulkan kalau bagian yang rusak adalah port usb. Lalu, kalau baterai sudah diisi dan setelah dipasang ke ponsel tidak bisa menyala juga, maka baterai lah yang mengalami kerusakan. Tapi, kalau handphone masih tetap tidak menunjukkan respon apapun, maka yang bermasalah adalah handphonenya.

3. Melakukan Factory Reset

Image result for Melakukan Factory Resetgoogle.com

Tips ketiga adalah melakukan Factory Reset, hal ini dilakukan karena keadaan mati total bukan sekedar tidak bisa menyala, tapi bisa saja ketika dinyalakan ponsel hanya terhenti di dalam booting lalu mati kembali. Kalau sudah seperti itu, artinya perangkat lunak yang mengalami kerusakan. Umumnya hal ini disebabkan karena menggunakan custom ROM, atau update android ke versi terbaru. Untuk memperbaiki atau mengatasinya, cukup melakukan factory reset melalui recovery mode. Dengan begitu ponsel bisa sembuh seperti sedia kala sehingga bisa digunakan kembali.

4. Ganti Baterai

Image result for Ganti Bateraigoogle.com

Cara lain yang bisa dicoba adalah dengan menggunakan baterai pengganti. Jika handphone bisa menyala dengan menggunakan baterai tersebut, berarti alat daya ponsel yang sedang mengalami kerusakan. Sedangkan, jika ponsel tetap saja tidak menunjukkan respon apapun, maka yang bobrok adalah handphone-nya. Jadi, cara ini bisa sekali dilakukan untuk memeriksa apakah handphone atau baterainya yang rusak.

5. Bawa ke tempat Servis

Image result for Bawa ke tempat Servisgoogle.com

Biasanya, handphone tiba-tiba mati saat kita bangun tidur ataupun setelah dikantongi. Nah, itu bisa terjadi lantaran ponsel tidak sengaja tertekan oleh tubuh ataupun celana kita yang terlalu ketat. Kalau ponsel ketika ditekan power masih bisa hidup, namun mati kembali berarti kerusakan ada pada layar. Sehingga kalian mau tidak mau harus membawanya ke tempat servis supaya normal kembali. Jadi, supaya hal ini tidak terjadi, pastikan ketika tidur letakkan ponsel pada tempat yang aman. Lalu, untuk penyimpanan ponsel saat bepergian lebih baik ditaruh di tas saja agar lebih aman.

Itulah sederet langkah yang bisa dilakukan ketika handphone kalian mati mendadak. Kira-kira, ada yang sudah berpengalaman belum nih? Atau mungkin diantara kalian punya tips lain bisa berbagi di kolom komentar yah

 

Poin Ekstra

Artikel ini dibuat oleh tim Playworld Indonesia

Rafta
08 Jul 2019

2 Poin Ekstra

  1. Pastikan sudah login
  2. Tulis komentar dengan minimal terdiri dari 50 kata
  3. Poin hanya diberikan 1 kali untuk 1 User per 1 Artikel
  4. Seluruh komentar dimoderasi oleh tim Playworld ID dan bisa dihapus dan akan mengurangi total POIN jika komentar mengandung konten SARA, atau tidak sesuai dengan artikel yang dibaca
  5. Hanya user dengan keanggotaan VIP yang bisa memberikan komentar.



Extra POIN +2
Kamu mendapat tambahan POIN karena telah memberikan KOMENTAR
SELAMAT!
Kamu Mendapatkan
SELAMAT!
Kamu Mendapatkan
POIN Ekstra : +2

!
Pastikan selalu men-share dalam mode PUBLIC, jika tidak team PLAYWORLD.ID berhak untuk mendiskualifikasi kemenangan kamu.