Mengejutkan, Inovasi Plastik Ramah Lingkungan Ini Terbuat Dari Sisik Ikan!
 

Mengejutkan, Inovasi Plastik Ramah Lingkungan Ini Terbuat Dari Sisik Ikan!

Plastik dari sisik ikan/ Foto: reutersmedia.net

Poin Ekstra

Seorang mahasiswa desain produk di Universitas Sussex, Hughes, tertarik memanfaatkan hal-hal yang biasanya dibuang orang. Dia memutuskan untuk mengunjungi pabrik pengolahan ikan di dekat Universitas-nya di pantai selatan Inggris.

Setelah mengamati berbagai bagian tubuh ikan, ia mengembangkan bahan mirip plastik yang terbuat dari sisik dan kulit ikan tersebut. Tidak hanya terbuat dari limbah, plastik temuannya ini juga dapat terurai secara hayati.

Hughes tinggal di pinggiran kota London sehingga ia senang menghabiskan waktu di dekat laut. Sebagai mahasiswa perancang produk, ia terganggu oleh statistik sampah plastik yang naik 40 persen akibat produk kemasan yang hanya digunakan satu kali.

Pada tahun 2050, ia memprediksi akan ada lebih banyak plastik di laut daripada ikan. Dari fakta menyedihkan tersebut, ia ingin mengembangkan sesuatu yang berkelanjutan.

"Ada nilai yang bisa kita manfaatkan dari sebuah limbah, dan kita harus melihat ke arah positif akan produk limbah itu jika kita bisa," kata Hughes.

Hasil gambar untuk MarinaTexPlastik dari limbah ikan/ Foto: ytimg.com

Begitu Hughes memutuskan untuk meneliti kulit ikan dan bagian sisiknya, ia mulai mencari perekat untuk menyatukan material tersebut. Hughes mulai bereksperimen dengan rumput laut dan kitosan dari cangkang kerang. Menggunakan dapurnya sendiri sebagai laboratorium, ia mencoba lebih dari 100 kombinasi.

Berdasarkan ilmu pengetahuan dan motivasi dari komunitas bioplastik global, para ilmuwan berbagi ide dan formula secara bebas untuk kebaikan yang lebih besar. Akhirnya dia memilih ganggang merah sebagai perekat.

"Saya mempelajari semuanya saat saya sedang berjalan-jalan, keinginan saya tetap tidak terhalang oleh penemuan sebelumnya yang tidak berhasil," kata Hughes.

Akhirnya, produk plastik yang dihasilkan cukup kuat, fleksibel dan tembus cahaya. Penampilan plastic dari sisik ikan tersebut mirip dengan terpal plastik. Bahan sisik ikan dan ganggang sendiri bisa hancur secara alami dalam waktu empat hingga enam minggu.

Hasil gambar untuk MarinaTexPlastik dari sisik ikan/ Foto: goodtimes.my

Penemuan plastik dari sisik ikan tersebut memberikan manfaat yang lebih besar di masa depan dibandingkan dengan bahan plastik tradisional yang sebagian besar membutuhkan komposer industri untuk dipecah.

Selain menggunakan bahan sisik ikan yang seharusnya dibuang, proses produksi itu sendiri hanya membutuhkan sedikit energi, karena tidak memerlukan suhu panas. Satu ikan cod Atlantic tunggal menghasilkan limbah yang cukup untuk menciptakan 1.400 kantong MarinaTex.

MarinaTex adalah bahan jadi dari pengolahan limbah sisik ikan terobosan Hughes. Bahan jadi berupa lembaran transparan dan fleksibel tersebut dapat digunakan sebagai pengganti produk plastik.

Hasil gambar untuk MarinaTexPlastik dari sisik ikan/ Foto: amazonaws.com

Hughes mengatakan, "Saya ingin memulai dengan menggunakan limbah sebagai sumber daya."

Secara khusus, ia memperoleh peluang tersebut saat mengetahui bahwa Inggris memproduksi lebih dari 492.000 ton limbah ikan setiap tahun. Ia lantas mencari solusi dan memulai proyeknya dengan menggiling sisik ikan tersebut di dapurnya.

"Setelah saya menemukan bahan dasarnya, saya terus bereksperimen untuk melihat apakah MarinaTex dapat digunakan sebagai pembungkus makanan, atau untuk kegunaan lain. Selain itu saya juga terus mengamati hasil biodegradasinya," kata Hughes.

Semoga penemuan ini bisa terus dikembangkan dan menjadi contoh teknologi plastik di belahan dunia. 

Poin Ekstra

Artikel ini dibuat oleh tim Playworld Indonesia

Alfa Anggraini
02 Dec 2019

20 Poin Ekstra
Dalam waktu berapa lama sisik ikan dapat hancur secara alami?

BALANCE ANDA SAAT INI

100
Points
5000
Coins
  1. Pastikan sudah login
  2. Tulis hanya bisa di jawab 1 kali per 1 user
  3. Hanya user dengan keanggotaan VIP yang bisa memberikan komentar.

POIN Ekstra: +20
2 Poin Ekstra

  1. Pastikan sudah login
  2. Tulis komentar dengan minimal terdiri dari 50 kata
  3. Poin hanya diberikan 1 kali untuk 1 User per 1 Artikel
  4. Seluruh komentar dimoderasi oleh tim Playworld ID dan bisa dihapus dan akan mengurangi total POIN jika komentar mengandung konten SARA, atau tidak sesuai dengan artikel yang dibaca
  5. Hanya user dengan keanggotaan VIP yang bisa memberikan komentar.



Extra POIN +2
Kamu mendapat tambahan POIN karena telah memberikan KOMENTAR
SELAMAT!
Kamu Mendapatkan
SELAMAT!
Kamu Mendapatkan
POIN Ekstra : +2

!
Pastikan selalu men-share dalam mode PUBLIC, jika tidak team PLAYWORLD.ID berhak untuk mendiskualifikasi kemenangan kamu.