Kamu Mudah Panik? Hati-Hati Itu Tanda Kamu Kecanduan Smartphone
 

Kamu Mudah Panik? Hati-Hati Itu Tanda Kamu Kecanduan Smartphone

Kecanduan smartphone/ Foto: skyegrid.id

Poin Ekstra

Sebuah penelitian yang dilakukan oleh King's College London, tentang perilaku seseorang ketika kencanduan smartphone mengatakan. Bahwa mereka yang tidak bisa mengalihkan perhatian dari hanphone sangat mudah terserang perilaku 'panik' atau 'kesal' disebabkan oleh masalah kecil yang menimpa mereka seperti salah memasukan password atau memasukan pin berulang kali.

Belum lagi sang peneliti menemukan fakta lain yang cukup mengejutkan dimana anak-anak juga tidak dapat mengontrol jumlah waktu yang mereka habiskan di telepon. Padahal kecanduan seperti ini memiliki "konsekuensi serius" bagi kesehatan mental.

Hasil gambar untuk kecanduan smartphoneKecanduan Smartphone/ Foto: jalantikus.com

Penelitian tersebut, melibatkan setidaknya 42.000 anak muda dalam investigasi "penggunaan ponsel yang bermasalah". Peneliti menemukan 23% anak muda yang  kecanduan dengan smartphone mereka dengan mudah terserang penyakit kegelisahan karena tidak dapat menggunakan ponsel mereka, tidak mampu membagi  waktu dan menggunakan ponsel secara berlebihan sehingga merusak aktivitas lain.

Perilaku adiktif seperti itu dapat dikaitkan dengan masalah lain, kata sang penelitian, seperti stres, suasana hati yang tertekan, kurang tidur dan berkurangnya prestasi di sekolah.

"Smartphone ada di sini untuk tinggal dan ada kebutuhan untuk memahami prevalensi penggunaan smartphone yang bermasalah," kata salah satu penulis laporan, Nicola Kalk, dari Institute of Psychiatry, Psychology and Neuroscience di King's College London dilansir BBC.

Hasil gambar untuk kecanduan smartphoneKecanduan smartphone/ Foto: skyegrid.id

"Kami tidak tahu apakah smartphone itu sendiri yang dapat membuat ketagihan atau aplikasi yang digunakan orang," kata Dr Kalk.

"Namun demikian, ada kebutuhan untuk kesadaran publik tentang penggunaan smartphone pada anak-anak dan remaja, dan orang tua harus menyadari berapa banyak waktu yang dihabiskan anak-anak mereka di ponsel mereka."

Penulis Samantha Sohn memperingatkan bahwa kecanduan "dapat memiliki konsekuensi serius pada kesehatan mental dan fungsi sehari-hari, sehingga ada kebutuhan untuk penyelidikan lebih lanjut tentang penggunaan smartphone yang berlebihan".

Poin Ekstra

Artikel ini dibuat oleh tim Playworld Indonesia

Andina BP
29 Nov 2019

2 Poin Ekstra

  1. Pastikan sudah login
  2. Tulis komentar dengan minimal terdiri dari 50 kata
  3. Poin hanya diberikan 1 kali untuk 1 User per 1 Artikel
  4. Seluruh komentar dimoderasi oleh tim Playworld ID dan bisa dihapus dan akan mengurangi total POIN jika komentar mengandung konten SARA, atau tidak sesuai dengan artikel yang dibaca
  5. Hanya user dengan keanggotaan VIP yang bisa memberikan komentar.



Extra POIN +2
Kamu mendapat tambahan POIN karena telah memberikan KOMENTAR
SELAMAT!
Kamu Mendapatkan
SELAMAT!
Kamu Mendapatkan
POIN Ekstra : +2

!
Pastikan selalu men-share dalam mode PUBLIC, jika tidak team PLAYWORLD.ID berhak untuk mendiskualifikasi kemenangan kamu.