Jaringan 5G dikabarkan Membahayakan Kesehatan Manusia, Benarkah?
 

Jaringan 5G dikabarkan Membahayakan Kesehatan Manusia, Benarkah?

Jaringan 5G/ Foto: Gatra.com

Poin Ekstra

Meskipun saat ini masih belum dapat diaplikasikan di Indonesia, jaringan 5G muncul sebagai generasi lanjutan dari teknologi seluler untuk smartphone di masa mendatang. Jaringan 5G telah mengalami uji coba selama beberapa tahun terakhir dan banyak operator yang mulai meluncurkan standar nirkabel baru. Beberapa operator di luar negeri seperti AT&T, Verizon, dan Sprint sudah mulai mengerahkan jaringan mereka tahun ini. Tidak menutup kemungkinan Indonesia juga harus beradaptasi dengan perangkat dan penyedia layanan yang sudah beralih ke 5G. Samsung Galaxy S10 dan tablet Galaxy Fold misalnya, kedua produk tersebut sudah membenamkan teknologi pintarnya yang siap menerima jaringan 5G. Rencananya, LG, Huawei, Motorola, ZTE, dan banyak produk lagi yang beralih dengan memanfaatkan kemajuan penemuan jaringan tercepat saat ini.

Ada baiknya kita mengingat kembali tentang ancaman kesehatan yang berkaitan dengan radiasi ponsel yang sudah tidak diragukan lagi bahayanya. Kekhawatiran tentang adanya jaringan yang lebih unggul yaitu 5G dianggap memberikan kontribusi radiasi elektromagnetik yang lebih kuat. Hipersensitivitas elektromagnetik adalah salah satu penyakit yang menjangkit para pengguna ponsel di mana orang-orang tertentu mengalami gangguan saat sedang berada dalam jarak terdekat dari Wi-Fi. Meskipun orang mengklaim sensitivitas seperti itu hanya akan terjadi kepada seseorang setidaknya setelah 30 tahun kemudian, tinjauan ilmiah sistematis telah menemukan bahwa korban yang mengalami kebutaan tidak dapat mengetahui kapan mereka berada di hadapan medan elektromagnetik. 

Hasil gambar untuk jaringan 5gJaringan 5G/ Foto: Medcom.id

Sebenarnya, akar dari semua kekhawatiran tentang jaringan ponsel adalah radiasi frekuensi radio (RFR). RFR adalah segala bentuk frekuensi yang dipancarkan dalam spektrum elektromagnetik dari gelombang mikro ke sinar-x ke gelombang radio menuju ke gelombang cahaya dari monitor ponselmu atau cahaya matahari. Para ilmuwan mengatakan bahwa yang paling penting tentang adanya bahaya yang ditimbulkan dari radiasi RFR adalah, apakah radiasi tersebut termasuk dalam kategori radiasi pengion atau non-pengion. Sederhananya, radiasi apa pun yang non-ionisasi terlalu lemah untuk memutuskan ikatan kimia. Radiasi tersebut termasuk ultraviolet, inframerah, dan semua yang memiliki frekuensi lebih rendah seperti gelombang radio. Teknologi sehari-hari seperti saluran listrik, radio FM, dan Wi-Fi juga termasuk dalam kisaran ini. 

Steve Novella, asisten profesor neurologi di Yale dan editor Ilmu Kedokteran, memahami bahwa orang-orang pada umumnya khawatir tentang radiasi. “Menggunakan istilah radiasi itu menyesatkan karena orang berpikir tentang senjata nuklir — mereka memikirkan radiasi pengion yang benar-benar dapat menyebabkan kerusakan. Itu bisa membunuh sel. Ini dapat menyebabkan mutasi DNA.” Tetapi karena radiasi non-pengion tidak menyebabkan kerusakan DNA atau kerusakan jaringan, Novella mengatakan bahwa sebagian besar kekhawatiran tentang RFR ponsel salah tempat. "Tidak ada mekanisme yang diketahui untuk sebagian besar bentuk radiasi non-pengion terbukti memiliki efek biologis," katanya.
 

Poin Ekstra

Artikel ini dibuat oleh tim Playworld Indonesia

Alfa Anggraini
06 Nov 2019

20 Poin Ekstra
Berikut daftar operator yang ada di luar negeri, kecuali?

BALANCE ANDA SAAT INI

100
Points
5000
Coins
  1. Pastikan sudah login
  2. Tulis hanya bisa di jawab 1 kali per 1 user
  3. Hanya user dengan keanggotaan VIP yang bisa memberikan komentar.

POIN Ekstra: +20
2 Poin Ekstra

  1. Pastikan sudah login
  2. Tulis komentar dengan minimal terdiri dari 50 kata
  3. Poin hanya diberikan 1 kali untuk 1 User per 1 Artikel
  4. Seluruh komentar dimoderasi oleh tim Playworld ID dan bisa dihapus dan akan mengurangi total POIN jika komentar mengandung konten SARA, atau tidak sesuai dengan artikel yang dibaca
  5. Hanya user dengan keanggotaan VIP yang bisa memberikan komentar.



Extra POIN +2
Kamu mendapat tambahan POIN karena telah memberikan KOMENTAR
SELAMAT!
Kamu Mendapatkan
SELAMAT!
Kamu Mendapatkan
POIN Ekstra : +2

!
Pastikan selalu men-share dalam mode PUBLIC, jika tidak team PLAYWORLD.ID berhak untuk mendiskualifikasi kemenangan kamu.