Canggihnya Jam Pintar Anti Kecanduan Internet Buatan Mahasiswa UI
 

Canggihnya Jam Pintar Anti Kecanduan Internet Buatan Mahasiswa UI

Nettox Watch karya Mahasiswa UI/ Foto: Ui.ac.id

Poin Ekstra

Candu tak hanya berasal dari narkotika, namun juga gadget. Jaman sekarang sudah banyak masyarakat yang kecanduan gadget karena menggunakannya tanpa jeda ataupun batas. Hal ini tentu menjadi masalah yang masih belum terpecahkan solusinya sampai sekarang. Namun kabarnya, sejumlah Mahasiswa Universitas Indonesia (UI) memiliki solusi atas masalah tersebut. Mereka baru saja menciptakan sebuah alat canggih berupa jam pintar (smart watch) demi mengatasi masalah kecanduan internet. 

Hasil gambar untuk nettox watchNettox Watch/ Foto: Cyberthreat.id

Dilansir dari ui.ac.id, jam pintar tersebut bernama Nettox Watch, ia diciptakan dengan teknologi yang dapat mendeteksi tingkat penurunan variabilitas detak jantung. Nettox Watch juga bisa mencatata waktu aktivitas internet pengguna secara langsung alias real time. Nantinya akan muncul peringatan kalau terjadi penurunan kondisi kesehatan akibat penggunaan internet berlebihan. Jam pintar ini pun menggunakan data dari sensor untuk mengindikasi bahwa pengguna mengalami penurunan kesehatan akibat internet atau tidak. 

Hasil gambar untuk nettox watchNettox Watch/ Foto: Cyberthreat.id

Selain itu, Nettox Watch juga menggunakan teknologi terapi berbsis Biofeeback yang menggunakan sinyal-sinyal biologis tubuh, untuk memberi peringatan kesehatan terhadap pengguna internet secara berlebihan khususnya di ponsel. 

Nettox Watch merupakan mahakarya dari tiga mahasiswa antara lain Irfan Budi Satria (Mahasiswa Teknik Elektro Fakultas Teknik), Nabila Ayu Budianti (Mahasiswa Biologi Fakultas MIPA), dan Alhuda Reza Mahara (Mahasiswa Teknik Komputer). Dalam menciptakan jam pintar ini, mereka dibimbing oleh sang dosen Fakultas Teknik UI, Eng Arief Udhiarto. Insipirasi tersebut datang dari perangkat wearable dengan sensor kesehatan yang kini semakin canggih, seperti Xiaomi Mi Band. 

Hasil gambar untuk nettox watchNettox Watch/ Foto: Teknologi.id

Dalam penggunaan jam tangan pintar ini akan memberikan efek berbeda pada masing-masing pengguna. Harapannya, Nettox Watch ini dapat menghasilkan efek yang lebih baik lagi bagi kehidupan masyarakat. 

Poin Ekstra

Artikel ini dibuat oleh tim Playworld Indonesia

Andina BP
08 Nov 2019

20 Poin Ekstra
Siapakah dosen yang membantu para mahasiswa dalam membuat Nettox Watch?

BALANCE ANDA SAAT INI

100
Points
5000
Coins
  1. Pastikan sudah login
  2. Tulis hanya bisa di jawab 1 kali per 1 user
  3. Hanya user dengan keanggotaan VIP yang bisa memberikan komentar.

POIN Ekstra: +20
2 Poin Ekstra

  1. Pastikan sudah login
  2. Tulis komentar dengan minimal terdiri dari 50 kata
  3. Poin hanya diberikan 1 kali untuk 1 User per 1 Artikel
  4. Seluruh komentar dimoderasi oleh tim Playworld ID dan bisa dihapus dan akan mengurangi total POIN jika komentar mengandung konten SARA, atau tidak sesuai dengan artikel yang dibaca
  5. Hanya user dengan keanggotaan VIP yang bisa memberikan komentar.



Extra POIN +2
Kamu mendapat tambahan POIN karena telah memberikan KOMENTAR
SELAMAT!
Kamu Mendapatkan
SELAMAT!
Kamu Mendapatkan
POIN Ekstra : +2

!
Pastikan selalu men-share dalam mode PUBLIC, jika tidak team PLAYWORLD.ID berhak untuk mendiskualifikasi kemenangan kamu.