Lukisan Monalisa Dibikin Hidup, Teknologi AI Bawaan Samsung Jadi Peluang Penipuan
 

Lukisan Monalisa Dibikin Hidup, Teknologi AI Bawaan Samsung Jadi Peluang Penipuan

Teknologi Artificial intelligence/ Foto: Techspot.com

Poin Ekstra

Bayangkan jika ada seseorang yang memanfaatkan kecanggihan Artificial Intellegence dan membuat video deepfake hanya dengan mencuri foto profilmu di sosial media. Orang-orang jahat belum memiliki teknologi itu, tetapi Samsung telah menemukan cara untuk mewujudkannya. Perangkat lunak untuk membuat deepfake, yaitu klip buatan yang membuat orang tampak melakukan atau mengatakan hal-hal yang tidak pernah mereka lakukan, biasanya membutuhkan kumpulan data besar untuk membuat pemalsuan yang realistis. Sekarang, Samsung telah mengembangkan sistem kecerdasan buatan baru yang dapat menghasilkan klip palsu hanya dengan satu foto.

Teknologi ini, tentu saja, dapat digunakan sebagai hiburan semata, misalnya saja seperti menghidupkan potret klasik. Mona Lisa, yang hanya ada sebagai gambar tunggal, dianimasikan dalam tiga klip berbeda untuk menunjukkan teknologi baru. Sebuah laboratorium kecerdasan buatan Samsung di Rusia mengembangkan teknologi yang dipresentasikan pada awal pekan bulan Mei kemarin.

Kelemahannya, teknik-teknik semacam ini dalam perkembangan dunia teknologi yang cepat juga diprediksikan dapat menciptakan risiko kesalahan informasi, penyalahgunaan, dan penipuan, menurut Hany Farid, seorang peneliti Dartmouth yang berspesialisasi dalam forensik media untuk membasmi teknologi deepfake. Deepfake meningkatkan kekhawatiran bahwa kecanggihan teknologi akan menciptakan penipuan massa menjadi lebih mudah, karena pelaku deepfake lebih sulit untuk dicari dalam skala luas.

"Mengikuti tren tahun lalu, teknik ini membutuhkan data minim namun menghasilkan konten yang semakin canggih dan menarik," kata Farid. Meskipun dalam prosesnya Samsung dapat menciptakan gangguan visual, "penciptaan teknologi ini adalah langkah baru dalam evolusi teknik ... yang mengarah pada penciptaan konten multimedia yang pada akhirnya tidak dapat dibedakan dari hal yang nyata."

Hasil gambar untuk Artificial intelligence SamsungTeknologi AI Samsung/ Foto: Samsung.com

Seperti Photoshop yang dapat dimanfaatkan untuk membuat video steroid, perangkat lunak deepfake menghasilkan pemalsuan yang menggunakan kecerdasan mesin yang secara meyakinkan dapat membuat ilustrasi manusia yang bergerak dan berbicara. Meskipun manipulasi komputer dalam pembuatan video telah ada selama beberapa dekade, sistem deepfake telah membuat klip yang telah disunting, tidak hanya lebih mudah untuk dibuat tetapi juga lebih sulit untuk dideteksi. Anggap saja sebagai boneka digital yang tercipta dari foto yang terlihat realistis.

Banyak sekali deepfake percobaan yang terlihat berhasil dan meyakinkan karena minim kecacatan, seperti lukisan Mona Lisa yang terlihat menyenangkan dan tidak berbahaya. Teknologi ini justru membuka peluang bagi pengguna yang kreatif dalam menciptakan meme, seperti wajah Nicolas Cage yang dimasukkan ke dalam film dan acara TV tanpa sepengetahuannya. Tetapi teknologi deepfake juga bisa lebih berbahaya, ibarat mencangkok wajah seseorang. Masih ingatkah kamu dengan kasus beberapa artis Indonesia yang merasa nama baiknya tercemar saat ada yang mengunggah video porno dengan wajah mirip seperti dirinya? Ya, Nagita Slavina dan Gisella Anastasia adalah pihak yang dirugikan dengan beredarnya video yang mirip wajahnya itu. Jika benar nantinya Samsung akan meluncurkan ponsel yang ditanami Artificial Intellegence, semoga tidak ada pihak-pihak tidak bertanggungjawab yang menyalahgunakannya.

Poin Ekstra

Artikel ini dibuat oleh tim Playworld Indonesia

Alfa Anggraini
07 Nov 2019

20 Poin Ekstra
Siapakah nama peneliti Dartmouth yang berspesialisasi dalam forensik media?

BALANCE ANDA SAAT INI

100
Points
5000
Coins
  1. Pastikan sudah login
  2. Tulis hanya bisa di jawab 1 kali per 1 user
  3. Hanya user dengan keanggotaan VIP yang bisa memberikan komentar.

POIN Ekstra: +20
2 Poin Ekstra

  1. Pastikan sudah login
  2. Tulis komentar dengan minimal terdiri dari 50 kata
  3. Poin hanya diberikan 1 kali untuk 1 User per 1 Artikel
  4. Seluruh komentar dimoderasi oleh tim Playworld ID dan bisa dihapus dan akan mengurangi total POIN jika komentar mengandung konten SARA, atau tidak sesuai dengan artikel yang dibaca
  5. Hanya user dengan keanggotaan VIP yang bisa memberikan komentar.



Extra POIN +2
Kamu mendapat tambahan POIN karena telah memberikan KOMENTAR
SELAMAT!
Kamu Mendapatkan
SELAMAT!
Kamu Mendapatkan
POIN Ekstra : +2

!
Pastikan selalu men-share dalam mode PUBLIC, jika tidak team PLAYWORLD.ID berhak untuk mendiskualifikasi kemenangan kamu.