Wahgela! Ada Perusahaan yang Menyimpan Data Instastory Kita Secara Diam-Diam
 

Wahgela! Ada Perusahaan yang Menyimpan Data Instastory Kita Secara Diam-Diam

Poin Ekstra

Kalau kalian berfikir Instastory bakal hilang secara otomatis dalam 24 jam setelah diposting kalian bakal salah besar, karena wadah yang dipakai oleh sebagian besar anak muda untuk meng-unggah peristiwa baik dalam bentuk video ataupun gambar ternyata memiliki celah.

Hal tersebut diungkapkan oleh Business Insider, bahwa ada perusahaan yang secara diam-diam menghapus jutaan data pengguna Instagram dan juga menyimpan cerita mereka ke dalam suatu server yang belum diketahui terletak dimana. Terbongkarnya celah ini menjadi pengingat bahwa kita tidak boleh sembarangan posting di media sosial karena dapat disalahgunakan dan disimpan oleh orang asing yang tidak pernah kita ketahui.

Image result for Hyp3rgoogle.com

Setelah ditelusuri lebih dalam siapa yang berhasil memanfaatkan celah tersebut ditemukanlah nama perusahaan dari San Francisco, bernama Hyp3r yang telah secara ilegal menarik data dari aplikasi dan situs web milik Facebook tentang para penggunanya termasuk Instastory. Mereka mengumpulkan gambar-gambar dari para penggunanya dan juga kebiasaan mereka, serta tempat yang sering mereka kunjungi.

Apakah ini berarti sudah tidak aman lagi? Mungkin. Tetapi yang perlu dicatat adalah ketika kamu posting di Instastory dan menandai dengan lokasi tertentu (misalnya, jika kamu mengambil selfie dan menandai restoran favorit kamu) hal tersebut akan ditangkap oleh Hyp3r. Mereka akan mengolah kembali untuk dimanfaatkan demi kepentingan perusahaan, tapi tidak semua data yang mereka gunakan hanya yang dianggap penting oleh mereka.

Dan tentu saja, pengambilan data dilakukan secara diam-diam ketika Instastory dibagikan secara publik. Jika akun Instastory diatur ke pribadi, kamu tidak perlu khawatir karena Hyp3r tidak bisa mengambil data kamu. Business Insider juga mengungkapkan bahwa Hyp3r kurang lebih sudah mengisap 1 juta posting Instagram dalam waktu sebulan, sampai saat ini tidak jelas ada berapa data akun yang sudah mereka kumpulkan.

Image result for Hyp3rgoogle.com

Hyp3r sendiri telah membantah kesalahan yang dituduhkan kepadanya dengan alasan bahwa semua data adalah untuk umum dan diakses secara sah, dan mereka sudah mematuhi semua undang-undang privasi yang relevan dan ketentuan layanan jejaring sosial. Instagram tidak setuju, menuduh Hyp3r melanggar peraturan, dan telah menendang perusahaan dari platformnya dan mengeluarkannya.

"Tindakan Hyper tidak disetujui dan melanggar kebijakan kami. Kami juga telah melakukan perubahan produk yang seharusnya membantu mencegah perusahaan lain untuk melakukan tindakan ini dengan cara berbeda." dilansir Business Insider. Keputusan ini diambil demi mencegah pengambilan data yang diambil Hyp3r.

Tapi Hyp3r hampir pasti bukan satu-satunya organisasi di luar sana yang menggunakan teknologi yang secara diam-diam memantau aktivitas jejaring sosial orang lain. Agar hal ini tidak terjadi lagi baik Instagram dan Facebook masih berjuang untuk melindungi data pengguna karena sudah lebih dari setahun mereka diguncang dengan skandal tersebut.

Image result for Hyp3rgoogle.com

Bos Hyp3r Carlos Garcia juga mengatakan kepada Business Insider: "Kami tidak melihat konten atau informasi apa pun yang tidak dapat diakses secara publik oleh semua orang yang online."

Dan dia yakin Hyp3r dapat dengan cepat menyelesaikan masalah apa pun dengan Instagram.

Poin Ekstra

Artikel ini dibuat oleh tim Playworld Indonesia

Kaira Wu
09 Aug 2019

20 Poin Ekstra
Darimanakah perusahaan Hyp3r berasal?

BALANCE ANDA SAAT INI

100
Points
5000
Coins
  1. Pastikan sudah login
  2. Tulis hanya bisa di jawab 1 kali per 1 user
  3. Hanya user dengan keanggotaan VIP yang bisa memberikan komentar.

POIN Ekstra: +20
2 Poin Ekstra

  1. Pastikan sudah login
  2. Tulis komentar dengan minimal terdiri dari 50 kata
  3. Poin hanya diberikan 1 kali untuk 1 User per 1 Artikel
  4. Seluruh komentar dimoderasi oleh tim Playworld ID dan bisa dihapus dan akan mengurangi total POIN jika komentar mengandung konten SARA, atau tidak sesuai dengan artikel yang dibaca
  5. Hanya user dengan keanggotaan VIP yang bisa memberikan komentar.



Extra POIN +2
Kamu mendapat tambahan POIN karena telah memberikan KOMENTAR
SELAMAT!
Kamu Mendapatkan
SELAMAT!
Kamu Mendapatkan
POIN Ekstra : +2

!
Pastikan selalu men-share dalam mode PUBLIC, jika tidak team PLAYWORLD.ID berhak untuk mendiskualifikasi kemenangan kamu.