Dengan Kamera Depan, Kamu Bisa Lebih Rileks Mengetik di Ponsel Tanpa Keyboard
 

Dengan Kamera Depan, Kamu Bisa Lebih Rileks Mengetik di Ponsel Tanpa Keyboard

Samsung rilis teknologi keyboard ajaib yang tak kasat mata/ Foto: metbuat.az

Poin Ekstra

Di CES 2020 kemarin, Samsung juga meririlis teknologi keyboard ajaib yang tak kasat mata. Pameran keyboard tersebut baru saja muncul di situs web komunitas Korea-nya.

Disebut dengan Selfie Type, Samsung sebelumnya telah membagikan beberapa detail tentang proyek tersebut. Dalam video demo yang diunggah menunjukkan cara kerja metode input keyboard baru di ponsel, tablet, dan ponsel lipat yang dapat ditempatkan di mana saja.

Selfie Type adalah proyek inkubator ide in-house Samsung C-Labs yang menghadirkan keyboard virtual kepada pengguna dengan bantuan algoritma AI dan kamera yang menghadap ke depan. Tidak diperlukan perangkat keras tambahan untuk mengaturnya.

Samsung C-Labs/ foto: i0.wp.com

Keyboard ini didesain untuk memungkinkan pengguna mengetik tanpa secara fisik menyentuh papan keyboard di layar gadget mereka.

Tingkat keakuratan keyboard tak kasat mata dalam melacak penekanan tombol masih dipantau, namun dalam video demo unggahan resmi Samsung menunjukkan pengoperasiannya yang cukup lancar.

Sebuah email yang diketik dalam video menunjukkan bahwa Selfie Type akan dirilis kepada pengguna Samsung sebagai pembaruan. Fitur tersebut rencananya akan kompatibel untuk semua flagships Samsung saat ini.

Selfie Type/ foto: mediacdn.vn

Pada saat dirilis, tampaknya yang diperlukan untuk mengoperasikan keyboard tersebut hanyalah kamera yang menghadap ke depan.

Detailnya yang masih langka, Samsung secara resmi mengkonfirmasi bahwa teknologi tersebut menganalisis gerakan jari yang terdeteksi dari kamera depan, dan mengubahnya menjadi input keyboard QWERTY.

Dengan Selfie Type buatan Samsung tersebut, diharapkan ponsel yang memiliki kamera selfie dapat melacak pergerakan jari-jari pengguna saat mengeluarkan kata-kata dan kalimat di permukaan datar.

Disisipi kecerdasan buatan yang mampu menganalisis gerakan, Selfie Type dengan lihai membaca gerakan tanganmu dan mengubahnya menjadi teks di smartphone, tablet, atau laptop.

Selfie Type, Samsung/ foto: techawarness.com

Menurut Sebastian Seung selaku Wakil Presiden Eksekutif dan Kepala Riset Ilmuwan Samsung, teknologi kecerdasan buatan adalah solusi di masa depan. Oleh karenanya Samsung melihat AI sebagai pusat pengalaman yang benar-benar pribadi.

AI di perangkat Selfie Type membuat pengguna bisa mengendalikan informasi serta melindungi privasi sambil memberi kekuatan personalisasi.

Meskipun mengandalkan kecerdasan buatan, mengetik menggunakan keyboard tak kasat mata ini memerlukan sedikit keahlian.

Selfie Type virtual ini tidak diproyeksikan kemana pun sehingga pengguna diharapkan sangat fasih dengan tata letak tanda baca konvensional saat mengetik.

Kemampuan menghafal tata letak huruf berdasarkan QWERTY ini membuat pengguna cukup menaruh ponsel atau tablet dalam posisi tegak di depan. Dengan begitu pengguna bisa mulai mengetik di tempat datar karena kecerdasan buatan akan mendeteksi gerakan jari yang presisi.

Saat ini, Selfie Type masih dalam bentuk prototype dan belum jelas kapan produk terbaru Samsung ini akan dirilis. Terkait akurasi produk ini juga masih dalam penyesuaian lebih lanjut.


Poin Ekstra

Artikel ini dibuat oleh tim Playworld Indonesia

Alfa Anggraini
14 Jan 2020

20 Poin Ekstra
Apakah nama teknologi mengetik tanpa keyboard tersebut?

BALANCE ANDA SAAT INI

100
Points
5000
Coins
  1. Pastikan sudah login
  2. Tulis hanya bisa di jawab 1 kali per 1 user
  3. Hanya user dengan keanggotaan VIP yang bisa memberikan komentar.

POIN Ekstra: +20
2 Poin Ekstra

  1. Pastikan sudah login
  2. Tulis komentar dengan minimal terdiri dari 50 kata
  3. Poin hanya diberikan 1 kali untuk 1 User per 1 Artikel
  4. Seluruh komentar dimoderasi oleh tim Playworld ID dan bisa dihapus dan akan mengurangi total POIN jika komentar mengandung konten SARA, atau tidak sesuai dengan artikel yang dibaca
  5. Hanya user dengan keanggotaan VIP yang bisa memberikan komentar.



Extra POIN +2
Kamu mendapat tambahan POIN karena telah memberikan KOMENTAR
SELAMAT!
Kamu Mendapatkan
SELAMAT!
Kamu Mendapatkan
POIN Ekstra : +2

!
Pastikan selalu men-share dalam mode PUBLIC, jika tidak team PLAYWORLD.ID berhak untuk mendiskualifikasi kemenangan kamu.