Raih Banyak Dukungan, Persija Bakal 'Menjamu' Persib di SUGBK
 

Raih Banyak Dukungan, Persija Bakal 'Menjamu' Persib di SUGBK

Poin Ekstra

Pembahasan seputar sepak bola memang tak ada habisnya, hal ini berlaku banget buat para pria pecinta sepak bola. Bicara soal sepak bola, kabar terbaru yang lagi hangat datang dari dua klub sepak bola Indonesia Persija dan Persib. Laga besar Persija Jakarta dan Persib Bandung di pekan ke delapan Liga 1 2019, bakal dilakukan di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK) pada 10 Juli 2019. Itu artinya, Persija yang dikenal sulit untuk akur bakal menjamu Persib.

Hal tersebut diungkap secara langsung oleh CEO Persija, Ferry Paulus, ia ingin menjamu Persib di Stadion GBK. Dukungan jaminan keamanan dari Kepolisian dan Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan semakin membuat Persija percaya diri untuk menggelar laga. Jadi sebelumnya, Anies mengundang Persija untuk mengikuti halalbihalal. Dalam pertemuan tersebut dibicarakan rencana Persija Jakarta untuk bermain di SUGBK, melawan skuad Maung Bandung. Alhasil Anies turut mendukungnya bahkan menjamin keamanan selama pertandingan berlangsung. Selain itu, pengelola Stadion GBK pun mempersilahkan Persija Jakarta bermain melawan Persib.

Image result for Ferry Paulusgoogle.com

Ferry berharap supaya keinginan Persija menjamu Persib di SUGBK berjalan lancar. Ia juga berharap Polda Metro Jaya bisa memberikan izin keamanan untuk Persija dalam duel bigmatch tersebut. Terlebih situasi Jakarta sudah mulai kondusif setelah persidangan Pilpres 2019. Ferry malah enggak habis pikir kalau nantinya Persija batal menggunakan SUGBK, karena menurutnya, penolakan itu tidak mungkin terjadi apalagi SUGBK membutuhkan dana lebih untuk renovasi usai Asian Games tahun lalu.

Image result for Ferry Paulusgoogle.com

Bicara soal Persija dan Persib, keduanya memang kontroversional. Sejak 2012, terhitung ada tujuh suporter yang meninggal dunia karena pertandingan antara Persija dan Persib. Di tahun 2018 lalu, seorang suporter bernama Haringga Sirila tewas. Ia dikeroyok oleh oknum Bobotoh sebelum kickoff pertandingan di Gelora Bandung Lautan Api. Menurut catatan Save Our Soccer (SOS), Haringga merupakan korban jiwa keenam dari pertandingan antara Persija dan Persib sejak 2012. Sebagian besar kehilangan nyawa karena dikeroyok.

Image result for persija gugungoogle.com

Usut punya usut, permusuhan antara Jakmania dan suporter Persib (Bobotoh dan Viking), sebenarnya bermula sejak tahun 2000 atau liga indonesia ke 6. Eko Maung menceritakan secara lengkap bagaimana posisi perseteruan para suporter dimana Jakmania tadinya sama sekali tak dipandang. Lalu kemudian datanglah Gugun Gondrong dan Sutiyoso yang kemudian membangun fanatisme Jakmania dalam tataran sisi positif. Semua berubah sekitar tahun 1997, adalah seorang Gugun Gondrong sebagai pelaku utamanya. Bentrokan terhebat yang terjadi pasca insiden kuis siapa berani terjadi sekitar tahun 2001.

Saat itu PERSIB dijamu Persija di GBK Jakarta, kebetulan saat itu isu-nya masih terbatas Viking dan Jakmania, belum bobotoh ataupun suporter PERSIB secara keseluruhan. Bentrokan terjadi di luar dan dalam stadion karena beberapa kawan yang bisa masuk stadion (konon mereka ini adalah anak-anak jabodetabek) berada dalam jangkauan Jakmania sehingga polisi menembakkan gas air mata untuk menghalau the Jak. PERSIB kalah 0-3 dan bagi sebagian orang yang menjadi korban insiden pada hari itu, mereka telah menemukan alasan untuk menyatakan perang seumur hidup kepada Jakmania. Imbasnya sampai ke lapangan, konon Aceng Juanda cs pun bergelimpangan di lapangan hijau akibat gas airmata ini.

Image result for persija dan persibgoogle.com

Slogan-slogan permusuhan pun mulai marak dan menjadi komoditas ekonomi untuk dicetak pada kaos-kaos suporter. Kalo kamu salah satu anak Persija atau Persib, pastinya tau dong soal kabar diatas? Mungkin ada yang mau menambahkan?

 

 

Poin Ekstra

Artikel ini dibuat oleh tim Playworld Indonesia

Ran H
02 Jul 2019

20 Poin Ekstra
Pada tanggal berapa Persija akan menjamu Persib di SUGBK?

BALANCE ANDA SAAT INI

100
Points
5000
Coins
  1. Pastikan sudah login
  2. Tulis hanya bisa di jawab 1 kali per 1 user
  3. Hanya user dengan keanggotaan VIP yang bisa memberikan komentar.

POIN Ekstra: +20
2` Poin Ekstra

  1. Pastikan sudah login
  2. Tulis komentar dengan minimal terdiri dari 50 kata
  3. Poin hanya diberikan 1 kali untuk 1 User per 1 Artikel
  4. Seluruh komentar dimoderasi oleh tim Playworld ID dan bisa dihapus dan akan mengurangi total POIN jika komentar mengandung konten SARA, atau tidak sesuai dengan artikel yang dibaca
  5. Hanya user dengan keanggotaan VIP yang bisa memberikan komentar.




Extra POIN +2`
Kamu mendapat tambahan POIN karena telah memberikan KOMENTAR
SELAMAT!
Kamu Mendapatkan
SELAMAT!
Kamu Mendapatkan
POIN Ekstra : +2`

!
Pastikan selalu men-share dalam mode PUBLIC, jika tidak team PLAYWORLD.ID berhak untuk mendiskualifikasi kemenangan kamu.