Seberapa Besar Pengaruh Olahraga Terhadap Kram Perut Saat Haid, Mau Tahu?
 

Seberapa Besar Pengaruh Olahraga Terhadap Kram Perut Saat Haid, Mau Tahu?

Poin Ekstra

Bagi wanita kram perut saat haid adalah hal biasa, sekalipun rasanya sangat menyakitkan hingga menggangu aktivitas. Namun tahukah anda jika sebenarnya kram perut bisa di redakan dengan olahraga?

Sebagian dari kita mungkin sedikit salah kaprah menyimpulkan jika rutin olahraga di hari-hari biasa, atau menjelang haid malah akan malah menimbulkan nyeri perut yang teramat sakit. Padahal sebenarnya tidak loh. Sebaliknya, yang terjadi adalah rutin olah raga mampu mengurangi nyeri atau kram perut.

Seperti kita tahu, saat menstruasi wanita akan mengalami banyak sekali gangguan, baik gangguan fisik maupun emosional. Seperti sakit kepala, nyeri pada sendi, perubahan mood, nyeri pada bagian payudara, diare, perut kembung, hingga nyeri kram. Kondisi-kondisi ini yang kemudian membuat wanita seringkali terpaksa absen bekerja ataupun sekolah. Apalagi jika sudah pada kondisi nyeri atau kram perut berkepanjangan.

Hasil gambar untuk women exerciseshapes

Selama ini beberapa orang percaya jika mengkonsumi obat pereda nyeri perut mampu menghilangkan rasa sakit yang ada. Beberapa orang mungkin menyadari perubahan yang ada, namun bisa jadi beberapa lagi menganggap tidak ada perubahan yang berarti. Apalagi mengkonsumsi obat pereda nyeri secara terus menerus juga tidak dianjurkan karena bisa menimbulkan kecanduan.

Nah, salah satu yang bisa anda lakukan untuk tetap menjaga tubuh supaya tetap fit dan bertenaga saat haid adalah dengan cara rajin berolah raga. Olah raga, baik sebelum ataupun saat haid dipercaya efektif mencegah rasa sakit saat haid. Saat olahraga, tubuh akan melepas hormone endorphin atau hormone alami manusia.

Hasil gambar untuk women exerciseself

Selain meredakan nyeri, hormone endorfin juga diduga ampuh mengatasi kram akibat kontraksi otot rahim saat haid. Ketika berolah raga, analgesic yang dikeluarkan dari hormone endorphin mampu membantu meningkatkan peredaran darah ke seluruh tubuh. Sehingga nyeri dan kram perut berkurang.

Meski olahraga bagus untuk mengatasi nyeri dan kram perut, namun perlu dipahami jika saat sedang haid ada beberapa olahraga yang sangat dianjurkan. Beberapa diantaranya ada yoga, dan aerobic. Kedua olahraga ini bisa anda lakukan setiap hari untuk memaksimalkan pengaruhnya terhadap nyeri ataupun kram perut. Selain itu, pada hari-hari biasa anda juga bisa menambahkan dengan rutin berjalan kaki ataupun berlari. Dijamin deh hasilnya akan sangat terasa.

Yuk hidup sehat dengan berolah raga!

Poin Ekstra

Artikel ini dibuat oleh tim Playworld Indonesia

Galih
24 Sep 2019

20 Poin Ekstra
Saat berolah raga tubuh kita akan melepaskan hormon apa?

BALANCE ANDA SAAT INI

100
Points
5000
Coins
  1. Pastikan sudah login
  2. Tulis hanya bisa di jawab 1 kali per 1 user
  3. Hanya user dengan keanggotaan VIP yang bisa memberikan komentar.

POIN Ekstra: +20
2` Poin Ekstra

  1. Pastikan sudah login
  2. Tulis komentar dengan minimal terdiri dari 50 kata
  3. Poin hanya diberikan 1 kali untuk 1 User per 1 Artikel
  4. Seluruh komentar dimoderasi oleh tim Playworld ID dan bisa dihapus dan akan mengurangi total POIN jika komentar mengandung konten SARA, atau tidak sesuai dengan artikel yang dibaca
  5. Hanya user dengan keanggotaan VIP yang bisa memberikan komentar.




Extra POIN +2`
Kamu mendapat tambahan POIN karena telah memberikan KOMENTAR
SELAMAT!
Kamu Mendapatkan
SELAMAT!
Kamu Mendapatkan
POIN Ekstra : +2`

!
Pastikan selalu men-share dalam mode PUBLIC, jika tidak team PLAYWORLD.ID berhak untuk mendiskualifikasi kemenangan kamu.