5 Gerakan Olahraga yang Cocok Banget Buat Wanita Hamil
 

5 Gerakan Olahraga yang Cocok Banget Buat Wanita Hamil

Ibu hamil olahraga/ Foto: Ngclub.co.id

Poin Ekstra

Menjaga kesehatan atau kebugaran tubuh dengan olahraga menjadi pilihan banyak orang termasuk wanita hamil. Tapi tak sedikit juga yang bingung untuk mencari jenis olahraga apa yang aman dan disarankan untuk wanita hamil. Bahkan tak hanya aman, kabarnya sejumlah olahraga dapat membantu melancaran, menyehatkan serta membuat persalinan normal. 

Dilansir dari Pregnancy Related, ada 5 jenis olahraga untuk wanita hamil yang bisa dilakukan di rumah. Apa saja itu? Simak listnya di bawah ini

1. Berjalan Kaki

Hasil gambar untuk ibu hamil jalan kakiBumi jalan kaki/ Foto: Solusisehatku.com

Sekedar berjalan kaki di halaman rumah atau komplek ternyata memiliki banyak manfaat untuk wanita hamil. Olahraga yang sangat mudah ini bisa membantu mendorong kontraksi alami saat akan melahirkan. Ketika sudah mengalami kontraksi, berjalan kaki dengan tegak bisa membantu bayi berada dalam posisi ideal untuk lahir ke dunia.

2. Lunges

Hasil gambar untuk ibu hamil LungesLunges/ Foto: Motherandbaby.co.id

Lunges adalah gerakan merentangkan satu kaki dan menekuk kaki lainnya dengan pikiran rileks. Gerakan ini merupakan posisi yoga yang sangat bermanfaat bagi Ibu hamil. Karena ia dapat membantu sendi rahim agar tidak bengkok dan mempersiapkan tubuh untuk proses persalinan mudah. Kabarnya mereka yang tidak pernah melakukan yoga saat hamil beresiko mengalami pembengkokan sendi rahim bagian bawah, serta menyebabkan posisi rahim menyempit. 

3. Duduk di atas Bola Raksasa

Hasil gambar untuk ibu hamil duduk di atas bolaIbu Hamil/ Foto: Hipwee.com

Ketika masa kehamilan sudah sampai mengalami kontraksi, posisi duduk yang benar untuk membantu mengurangi sakit adalah menguatkan tubuh serta menstabilkan posisi panggul. Pastikan ia duduk dengan posisi tegak dan panggul terkunci ke depan di atas bola raksasa.

4. Mengangkat dan Memiringkan Panggul

Gambar terkaitIbu hamil/ Foto: Vixdata.io

Terlentang lah di atas matras untuk mempraktikkan gerakan ini, kemudian tekuk lutut dan telapak kaki menjejak lantai. Secara perlahan angkat panggul dan pastikan bahu serta kaki tidak ikut terangkat. Olahraga ini tak hanya membantu mengencangkan otot, tapi juga menjaga sendi panggul tetap longgar sehingga bayi bisa berada dalam posisi terbaik untuk lahir. Lakukan olahraga ini selama 5-10 menit setiap hari sambil mendengarkan musik favorit.

5. Jongkok Berdiri (Squat)

Hasil gambar untuk ibu hamil Jongkok Berdiri (Squat)Ibu hamil/ Foto: Hipwee.com

Berjongkok kemudian berdiri lalu diulang kembali adalah cara melakukan squat. Olahraga wanita hamil yang satu ini dianggap sebagai olahraga paling aman yang bisa dilakukan bahkan oleh mereka yang tengah hamil tua untuk menyiapkan tubuhnya menghadapi persalinan. Squat membantu menguatkan otot panggul Bunda menjadi lebih baik dan mendorong bayi agar turun lebih rendah. Agar persalinan normal berjalan lancar, lakukan squat mendekati waktu perkiraan lahir.

So, tunggu apalagi, buat kalian para wanita hamil yang ingin melakukan olahraga bisa mencoba praktikan gerakan di atas yah...
 

Poin Ekstra

Artikel ini dibuat oleh tim Playworld Indonesia

Andina BP
13 Nov 2019

20 Poin Ekstra
Apakah nama lain dari gerakan jongkok berdiri?

BALANCE ANDA SAAT INI

100
Points
5000
Coins
  1. Pastikan sudah login
  2. Tulis hanya bisa di jawab 1 kali per 1 user
  3. Hanya user dengan keanggotaan VIP yang bisa memberikan komentar.

POIN Ekstra: +20
2 Poin Ekstra

  1. Pastikan sudah login
  2. Tulis komentar dengan minimal terdiri dari 50 kata
  3. Poin hanya diberikan 1 kali untuk 1 User per 1 Artikel
  4. Seluruh komentar dimoderasi oleh tim Playworld ID dan bisa dihapus dan akan mengurangi total POIN jika komentar mengandung konten SARA, atau tidak sesuai dengan artikel yang dibaca
  5. Hanya user dengan keanggotaan VIP yang bisa memberikan komentar.




Extra POIN +2
Kamu mendapat tambahan POIN karena telah memberikan KOMENTAR
SELAMAT!
Kamu Mendapatkan
SELAMAT!
Kamu Mendapatkan
POIN Ekstra : +2

!
Pastikan selalu men-share dalam mode PUBLIC, jika tidak team PLAYWORLD.ID berhak untuk mendiskualifikasi kemenangan kamu.