Jennie Blackpink Bikin Heboh Lewat Olahraga Pilates
 

Jennie Blackpink Bikin Heboh Lewat Olahraga Pilates

Poin Ekstra

Kabar seputar girlband asal Korea Selatan, Blackpink memang selalu menghebohkan jagat media sosial. Kepopulerannya semakin hari semakin mendunia bahkan mengalahkan pamor dari Bangtan Boys (BTS). Nah belum lama ini, salah satu personel Blackpink, Jennie kembali membuat para penggemar mendekat dengan gaya olahraganya. Jennie yang terlihat sangat feminin ternyata diam-diam gemar melakukan olahraga pilates.

View this post on Instagram

여블리쌤과 함께 ???? 떰토사랑 ???? @jessie_yeovely

A post shared by J (@jennierubyjane) on

Jennie membagikan foto dirinya tengah melakukan olahraga pilates di instagram. Pilates sendiri adalah salah satu metode olahraga yang berasal dari Jerman, dan sudah ada sejak awal abad ke-20. Metode ini pertama kali dikembangkan oleh seorang profesor bernama Joseph Hubert Pilates, sehingga namanya sendiri diambil dari sang profesor. Semasa kecil Joseph mengalami banyak penyakit seperti asma dan demam rematik. Ketika beranjak dewasa ia tertarik pada dunia gym sehingga menjadi sering berolahraga. Dari situ Joseph menyimpulkan kalau salah satu penyebab seorang mengalami penyakit adalah kurang olahraga.

Joseph lalu mengembangkan suatu jenis olahraga yang dapat menyeimbangkan kesehatan pikiran dan tubuh. Olahraga tersebut dinamai dengan nama "Pilates" yang sebenarnya merupakan gabungan antara gym, ilmu bela diri, yoga dan menari. Pilates identik dengan gerakan-gerakan yang membuat otot tubuh bekerja keras, meskipun melelahkan namun akan cepat membentuk otot-otot pada tubuh. Postur tubuh memang sangat penting bagi penampilan serta kesehatan tubuh seseorang, buruknya postur tubuh bisa membuat otot dan tulang tidak simetris. Hal ini lantas bisa melukai dan mengganggu kerja organ vital seperti jantung dan paru.

Image result for Joseph Hubert Pilatesgoogle.com

Mereka yang mengalami skoliosis (struktur tulang belakang yang miring) juga memiliki risiko yang lebih tinggi untuk terkena osteopenia (gangguan pada tulang akibat kehilangan kepadatannya). Mereka juga akan mengalami keterbatasan dalam beraktivitas, seperti tidak bisa duduk atau berdiri terlalu lama hingga mengalami nyeri pada punggung belakang. Nah, pilates ternyata bisa membantu menurunkan derajat kemiringan tulang belakang pada orang dengan skoliosis. Tak hanya itu, gerakan-gerakan pilates pun mampu membantu mengendalikan keparahan gejala skoliosis, termasuk mengurangi nyeri akibat skoliosis. Selain itu, berbagai gerakan pada olahraga pilates ini mampu menguatkan dan meningkatkan massa otot-otot tubuh.

Makanya enggak heran kalau olahraga ini dapat meningkatkan kelenturan dan ketahanan tubuh, sehingga sangat cocok bagi mereka yang berprofesi sebagai penari atau perenang indah. Manfaat memperbaiki postur tubuh ini diperoleh melalui berbagai gerakan pada pilates yang membutuhkan kerja otot sehingga akan membentuk otot dan gerakan tersebut dilakukan secara berulang, mulai dari tahap awal hingga tingkatan yang lebih sulit.

Image result for Joseph Hubert Pilatesgoogle.com

Nah, playworld juga sudah merangkum apa saja tips yang harus dilakukan oleh para pemula. Yang utama adalah bernapas dengan lega sampai kamu bisa merasakan pelebaran pada iga terbawah. Teknik ini dilakukan dengan belajar mencari posisi netral pada tulang belakang, dengan melibatkan otot yang tepat. Ketika melakukan gerakan yang melibatkan kepala juga leher, hindari penekanan dagu kamu ke leher. Lakukanlah dalam suasana dan kondisi tenang serta rileks. Mulailah dari tahap awal terlebih dahulu, kalau mulai terbiasa, kamu bisa meningkatkan ke level lebih tinggi. Kamu juga harus menggunakan kekuatan otot perut, menarik sisi punggung ke atas dan mengencangkan bagian bokong.

Image result for olahraga pilatesgoogle.com

Setelah itu coba peragakan beberapa gerakan pilates sederhana yang bisa dilkukan di rumah. Seperti Simple Leg Lifts, gerakan ini cukup sederhana dengan mengangkat bagian bawah kaki secara bergantian sebanyak lima kali, setelah itu lakukan Alternating leg Lifts yaitu dengan mengangkan kaki kanan, diikuti dengan kaki kiri sehingga kedua kaki dinaikkan. Lalu turunkan kaki kanan diikuti dengan kaki kiri ulangi sebanyak lima kali. Baru lakukan SIngle Leg Kick, kamu bisa melakukannya sambil berbaring tengkurap dan tubuh bagian atas ditahan oleh kedua lengan. Kemudian tekuklah salah satu kaki ke arah bokong, lakukan juga pada kaki yang satu lagi secara bergantian.

Image result for olahraga pilatesgoogle.com

Ada beberapa poin yang harus diperhatian ketika melakukan Pilates, yaitu berkonsentrasilah dalam setiap gerakan yang dilakukan karena tidak ada bagian tubuh yang tidak penting. Lalu kendalikan setiap gerakan, enggak cuma gerakan besar saja tapi juga setiap gerakan kecil demi memperbaiki postur tubuh. Lakukan semua itu secara perlahan dan pasti, jangan terlalu kaku dan terlalu cepat atau lambat.

Setelah selesai melakukan Pilates, jangan lupa untuk cool down. Soalnya teknik pendinginan dilakukan supaya kita terasa lebih tenang dan segar. Caranya gampang, cukup bersandar pada dinding kemudian bukalah kedua kaki dengan lebar dan rileks. So, ayo kita coba praktikan salah satu olahraga yang disenangi oleh Jennie Blackpink yah...

Poin Ekstra

Artikel ini dibuat oleh tim Playworld Indonesia

Ran H
07 Jul 2019

2 Poin Ekstra

  1. Pastikan sudah login
  2. Tulis komentar dengan minimal terdiri dari 50 kata
  3. Poin hanya diberikan 1 kali untuk 1 User per 1 Artikel
  4. Seluruh komentar dimoderasi oleh tim Playworld ID dan bisa dihapus dan akan mengurangi total POIN jika komentar mengandung konten SARA, atau tidak sesuai dengan artikel yang dibaca
  5. Hanya user dengan keanggotaan VIP yang bisa memberikan komentar.




Extra POIN +2
Kamu mendapat tambahan POIN karena telah memberikan KOMENTAR
SELAMAT!
Kamu Mendapatkan
SELAMAT!
Kamu Mendapatkan
POIN Ekstra : +2

!
Pastikan selalu men-share dalam mode PUBLIC, jika tidak team PLAYWORLD.ID berhak untuk mendiskualifikasi kemenangan kamu.