Walaupun Berhembus Kabar Akan Terjadi Tsunami Gowes Nusantara Tetap Dilaksanakan
 

Walaupun Berhembus Kabar Akan Terjadi Tsunami Gowes Nusantara Tetap Dilaksanakan

Poin Ekstra

"Ayo Olahraga" merupakan salah satu program dari Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora) untuk mengajak masyarakat lebih aktif bergerak dan berolahraga.

Ternante dipilih menjadi tuan rumah perlombaan bertajuk Gowes Nusantara yang diikuti lebih dari 1300 orang, mengambil start di depan Kesultanan Ternate, Gowes Nusantara etape Gamalama dibuka secara resmi oleh Walikota Ternate, H. Burhan Abdurahman. Dalam sambutannya sebelum mengibaskan bendera start, Walikota sangat mengapresiasi animo warga masyarakat terhadap kegiatan yang digagas oleh Kemenpora itu.

"Atas nama warga masyarakat Ternate, dari lubuk hati yang paling dalam kami mengucapkan terimakasih kepada bapak Menpora RI H. Iman Nahrawi beserta jajarannya yang telah kembali mempercayai Ternate sebagai tuan rumah penyelenggaraan Gowes Nusantara untuk tahun ketiga secara beruntun," ucap Walikota Burhan Abdurahman dilansir Tempo.

Hasil gambar untuk gowes nusantara 2019 ternateindotimur

"Program ini selain mampu mendongkrak kesadaran warga untuk berolahraga dan bergerak apapun jenis olahraganya, ternyata mampu meningkatkan roda perekonomian serta destinasi wisata di Ternate ini," tambahnya.

Sebelumnya Gowes Nusantara terancam gagal diselenggarakan karena adanya potensi peringatan dini terkait tsunami sehingga berstatus waspada untuk wilayah Maluku Utara serta Sulawesi Utara, ternyata rumor tersebut tidak menyurutkan animo warga Ternate untuk melakukan olahraga bersama di pagi hari. Maklum saja pada pekan lalu terjadi di wilayah tersebut terjadi gucangan gempa dengan kekuatan 7.1 SR.

Gowes Nusantara di Ternate akan menempuh jarak 15 km, yang diikuti oleh segenap komponen dari seluruh masyarakat, komunitas, serta TNI dan Polri.

Sementara itu, asisten deputi Pengelolaan Olahraga Pendidikan Alman Hudri yang didampingi oleh Kabag Humas Kemenpora Isa Anshari, mengucapkan rasa  terima kasih sebesar-besarnya kepada Pemda kota Ternate, khusunya warga kota Ternate yang berpatisipasi dalam menyukseskan kegiatan  ini.

"Melihat animo masyarakat untuk bergerak dan berolahraga meski seminggu sebelumnya terjadinya gempa tektonik, sehingga BMKG merilis status waspada tsunami untuk kota ini, namun tak mengurangi niat masyarakat untuk hidup sehat mendapatkan kebugaran dalam mengikuti gelaran Gowes Nusantara," ucap Alman.

"Hal ini membuktikan bahwa kota ternate punya semangat tinggi dalam kegiatan olahraga, bahkan perhatian Walikota terhadap kebugaran warga kota sangat tinggi. Bukan hal yang mustahil, Insha Allah kedepannya Kemenpora dapat bersinergi kembali melalui program-program keolahragaan lainnya," tambahnya.

Sebelumnya kota Padang, Sumatera Barat, dipilih menjadi penanda dimulainya program Gowes Nusantara 2019 yang berlangsung pada 31 Maret kemarin. Sekali lagi program ini bertujuan mengajak masyarakat untuk berolahraga dan memasyarakatkan olahraga, dan recananya program Gowes Nusantara akan dilaksanakan di 50 titik kabupaten atau kota yang tersebar di 34 provinsi di seluruh Indonesia.

Hasil gambar untuk gowes nusantara 2019 ternateaspirasimalut

Selanjutnya program Gowes Nusantara akan bergerak ke daerah paling ujung timur Indonesia yakni Papua, mulai dari Merauke, Jayapura, Papua Barat, Maluku Utara, Maluku, NTT, dan akan berakhir di Mataram (Nusa Tenggara Barat). Rencananya puncak acara Gowes Nusantara 2019 direncanakan pada September 2019 mendatang. Tepatnya saat perayaan Hari Olahraga nasional (Haornas) yang selalu diadakan pada 9 September.

Dengan mengusung tema Kita Semua Bersaudara, Kemenpora mengharapkan lewat program Gowes Nusantara 2019 pemerintah bisa mempererat tali persaudaraan bagi seluruh rakyat Indonesia yang memiliki beragam suku, budaya, bahasa, maupun agama yang dianut lewat program ini.

"Saya berharap melalui program Gowes Nusantara 2019 ini mampu merangkai dan menguatkan persatuan dalam kebinekaan sesuai dengan tema yang diusung. Dengan bergowes bersama-sama baik melalui komunitas sepeda maupun personal, akan tercipta interaksi sosial yang positif. Dalam nuansa kegembiraan sambil bersepeda akan melahirkan persaudaraan yang kuat," ungkap Menpora Imam Nahrawi.

Tak hanya bersepeda, Gowes Nusantara juga diisi oleh jalan sehat, yang didahului oleh senam Ayo Olahraga bersama. Nah, buat kamu yang mager banget sama olah raga mending ikutan Gowes Nusantara deh, selain menyehatkan tubuh berarti kamu mendukung program pemerintah juga kan jadi tunggu kehadiran program ini di kota kamu.

Poin Ekstra

Artikel ini dibuat oleh tim Playworld Indonesia

Rafta
14 Jul 2019

20 Poin Ekstra
Di daerah manakah pertama kali Gowes Nusantara dilakukan?

BALANCE ANDA SAAT INI

100
Points
5000
Coins
  1. Pastikan sudah login
  2. Tulis hanya bisa di jawab 1 kali per 1 user
  3. Hanya user dengan keanggotaan VIP yang bisa memberikan komentar.

POIN Ekstra: +20
2 Poin Ekstra

  1. Pastikan sudah login
  2. Tulis komentar dengan minimal terdiri dari 50 kata
  3. Poin hanya diberikan 1 kali untuk 1 User per 1 Artikel
  4. Seluruh komentar dimoderasi oleh tim Playworld ID dan bisa dihapus dan akan mengurangi total POIN jika komentar mengandung konten SARA, atau tidak sesuai dengan artikel yang dibaca
  5. Hanya user dengan keanggotaan VIP yang bisa memberikan komentar.




Extra POIN +2
Kamu mendapat tambahan POIN karena telah memberikan KOMENTAR
SELAMAT!
Kamu Mendapatkan
SELAMAT!
Kamu Mendapatkan
POIN Ekstra : +2

!
Pastikan selalu men-share dalam mode PUBLIC, jika tidak team PLAYWORLD.ID berhak untuk mendiskualifikasi kemenangan kamu.