Thailand Khon Kaen Games Jadi Ajang Kontingen Muda Indonesia Raih Prestasi
 

Thailand Khon Kaen Games Jadi Ajang Kontingen Muda Indonesia Raih Prestasi

Poin Ekstra

Setelah selesai berhasil menjadi juara umum ASEAN School Games 2019 (ASG), para kontingen Indonesia kini bersiap untuk mengikuti 22nd Thailand Sports School 2019 Khon Kaen Games.

Event yang diikuti oleh berbagai sekolah olahraga di Asia seperti tuan rumah Thailand, Malaysia, Singapura, Indonesia, dan Brunei. Ada 21 cabang olahraga yang akan dipertandingkan dan diikuti lebih dari 9.000 atlet yang akan bersaing di bawah slogan "Persahabatan Tanpa Batas".

Indonesia sendiri akan diwakili tiga sekolah olahraga terbaiknya, mereka adalah Sekolah Olahraga Ragunan Kemenpora yang diwakili oleh 78 atlet mereka akan dibagi ke tujuh cabang olahraga seperti sepakbola, panahan, renang, atletik, gulat dan bola voli serta pencak silat. Pusat Pendidikan dan Latihan Olahraga Pelajar (PPLP) DKI Jakarta, dan PPLP Jawa Tengah.

Menurut Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) DKI Jakarta Achmad Firdaus tujuan pengiriman atlet pelajar Provinsi DKI Jakarta ini sebagai bahan evaluasi dan motivasi pembinaan atlet Pusat Pelatihan Olahraga Pelajar (PPOP) untuk melihat seberapa besar hasil yang diperoleh dari pendidikan dan latihan yang dilaksanakan selama ini.

“Mayoritas anak-anak PPOP yang selama ini mereka sudah berlatih. Saatnya mereka bertanding dengan atlet dari dalam dan luar negeri,”

“Jangan kalah sebelum bertanding. Saya berharap Indonesia Raya dikumandangkan di Thailand."

Hasil gambar untuk Thailand Sports School 2019 Khon Kaen Gameskompas

Seperti yang dikutip dari Kompas, Bayu Rahadian selaku CdM Indonesia mengatakan bahwa melalui event ini sebagai ajang evaluasi, lantaran siswa SKO memang dipersiapkan untuk bertanding.

"Kita mengharapkan prestasi yang terbaik dari anak didik kita, apa yang dicapai akan menjadi evaluasi kita kedepannya. Keberhasilan menjadi sebuah pemicu, namun kegagalan tentu akan dievaluasi,karena mereka memang disiapkan untuk siap bertanding dan berprestasi,"

Dukungan juga mengalir dari Sekeretaris Deputi Pembudayaan Olahraga Kemenpora, Suryati, dia menilai 22nd Thailand Sports School 2019 Khon Kaen Games akan selalu ada persaingan yang ketat diajang ini namun begitu para perwakilan Indonesia harus optimis untuk mendapatkan hasil yang baik sehingga bisa mempersembahkan prestasi.

"Persaingan diajang ini memang cukup ketat, akan tetapi bukan membuat kita pesimis, namun sebuah langkah awal keoptimisan kita untuk membuktikan kemampuan dari pada atlet-atlet kita, untuk itu kami berharap anak-anak selalu semangat setelah dipertandingan pertama kita meraih kemenangan melalui cabang olahraga sepakbola, semoga itu bisa menular pada cabang olahraga lainnya,".

Pada hari pertama event tersebut digelar Indonesia sudah mempersembahkan satu kemenangan lewat cabor sepakbola, dimana mereka berhasil megalahkan tim Roi-Et Provincial Administrative Organization Sports School, tim asuhan Bambang Warsito itu menang tipis dengan skor 3-2 ketika bermain di lapangan SKO Khon Kaen.

Bambang Warsito mengaku puas dengan permainan anak asuhnya, meski lawan yang dihadapi diatas rata-rata para pemainnya, lantaran menurut pelatih yang akrab disapa Bambang Ito itu, anak asuhnya bermain secara tim walau masih terbilang kelelahan.

Hasil gambar untuk Thailand Sports School 2019 Khon Kaen Gamesharian terbit

"Anak-anak masih dalam fisik yang kurang menguntungkan karena kelelahan, recovery kita kurang, namun mereka mengerti untuk bermain simple, kolektif tidak sendiri-sendiri. Hal tersebut dilihat dari gol-gol kita yang dihasilkan atas permainan dari kaki ke kaki," ucap Bambang

Pertandingan tersebut juga langsung disaksikan oleh Deputi Pembudayaan Olahraga Kemenpora, Suryati, dia menilai jika mereka ingin memenangkan pertandingan maka para pemain harus menjaga stamina mereka karena tangga menuju juara masih sangat jauh.

"Kami berharap para pemain SKO mampu dengan cepat mendapatkan kebugarannya setelah melakukan perjalanan yang cukup melelahkan ditambah menjalani laga pertama ini,"

Sebelum berangkat ke 22nd Thailand Sports School 2019 Khon Kaen Games, para pelatih sudah mempersiapkan para atlet yang akan bertanding atau berkompetisi dengan mendapatkan hasil terbaik, tidak hanya itu para atlet muda yang diturunkan sudah melewati proses pelatihan yang panjang sehingga mereka tinggal berjuang untuk mendapatkan hasil yang maksimal.

Poin Ekstra

Artikel ini dibuat oleh tim Playworld Indonesia

Galih
31 Jul 2019

2` Poin Ekstra

  1. Pastikan sudah login
  2. Tulis komentar dengan minimal terdiri dari 50 kata
  3. Poin hanya diberikan 1 kali untuk 1 User per 1 Artikel
  4. Seluruh komentar dimoderasi oleh tim Playworld ID dan bisa dihapus dan akan mengurangi total POIN jika komentar mengandung konten SARA, atau tidak sesuai dengan artikel yang dibaca
  5. Hanya user dengan keanggotaan VIP yang bisa memberikan komentar.




Extra POIN +2`
Kamu mendapat tambahan POIN karena telah memberikan KOMENTAR
SELAMAT!
Kamu Mendapatkan
SELAMAT!
Kamu Mendapatkan
POIN Ekstra : +2`

!
Pastikan selalu men-share dalam mode PUBLIC, jika tidak team PLAYWORLD.ID berhak untuk mendiskualifikasi kemenangan kamu.