Indonesia Menargetkan Juara Umum di ASEAN School Games 2019
 

Indonesia Menargetkan Juara Umum di ASEAN School Games 2019

Poin Ekstra

Indonesia terpilih menjadi tuan rumah pesta olahraga terbesar pelajar bernama ASEAN School Games 2019 (ASG) yang akan berlangsung di Semarang. ASG edisi ke-11 ini dibuka di Holy Terang Bangsa Stadium. Banyak acara hiburan yang disajikan dalam pembukaan diantaranya tari-tarian khas Jawa Tengah yang diperagawakan oleh 50 orang wanita, sebelum ditutup oleh penyanyi jebolan Indonesia Idol, Virza cukup memukau.

Dalam acara tersebut ada momen yang tidak biasa dimana Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo, masuk ke dalam hall bersama sepeda kesayangannya. Bukannya menggunakan baju khas bersepeda Gubernur malah memakai pakaian adat beskap atau pakai tradisional Jawa Tengah.

Selain Gubernur Jawa Tengah, acara pembukaan tersebut juga disaksikan oleh Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora Imam Nahrawi), serta Presiden Asean School Sports Council (ASSC) Romaizah Binti Haji Mohd Saleh.

kemenpora

Setelah acara ceremony selesai, pembukaan ASG ditandai dengan pemukulan shuttlecock oleh Imam Nahrawi, Gubernur Ganjar, serta Presiden Romaizah secara bersamaan. Dalam sambutannya, Imam mengucapkan rasa terima kasih atas kepercayaan yang diberikan anggota ASSC kepada Indonesia untuk menjadi tuan rumah ASG 2019.

"Kita bersyukur ASEAN Schools Games 2019 bisa diselenggarakan di Semarang. Saya ingin menyambut teman kami, sahabat kami dari negara se-ASEAN, terima kasih banyak atas partisipasi saudara. Kami merasa terhormat dan terima kasih, Indonesia telah dipercaya jadi tuan rumah. Tahun mendatang juga Indonesia juga siap untuk menjadi tuan rumah pada event-event olahraga lainnya,” kata Menpora dalam sambutannya.

Menurut Menpora, kompetisi bergengsi antar atlet muda Asia Tenggara ini tak hanya semata-mata untuk berlomba dan menjadi juara, tapi juga untuk menjaga solidaritas. “Pelajar adalah generasi muda yang baik. Pemuda penuh dengan semangat yang luar biasa. Bekerja dengan keras untuk bisa mencapai sebuah tujuan, jaga solidaritas. Selamat bertanding untuk seluruh atlet,” kata Menpora.

Selain itu, dia berharap dengan digelarkan acara ini bisa mempererat hubungan negara-negara Asia Tenggara. Termasuk semakin solid-nya seluruh negara ASEAN. "Saya berharap semua oeserta dapat berkompetisi dengan hebat, merasa nyaman dan mendapat kenangan manis selama di Semarang," ujar Menpora dilansir dari kemenpora.

Seperti diketahui, ASG 2019 akan mempertandingkan 9 cabang olahraga antara lain atletik, renang, tenis, tenis meja, sepak takraw, bulu tangkis, bola voli, basket, dan pencak silat. Adapun kontingen Indonesia yang akan mengikuti ASG berjumlah 250 orang, terdiri dari 183 atlet, 38 pelatih, 9 manajer, dan 20 ofisial.

kemenpora

"Kami merasa terhormat dan mengucapakan terima kasih sebesar-besarnya, karena Indonesia telah dipercaya jadi tuan rumah. Tahun mendatang juga Indonesia juga siap untuk menjadi tuan rumah pada event-event olahraga lainnya,” Menpora, menambahkan.

Imam mengatakan, atlet-atlet yang diturunkan pada ASG 2019 bukan tidak mungkin akan menjadi andalan bagi Indonesia untuk berlaga di ajang Olimpiade 2032 mendatang. Jika menilik dari usia atlet ASG antara 14-18, kemungkinan besar atlet-atlet inilah yang akan membela kontingen Merah Putih pada multievent terbesar di dunia selanjutnya.

“Kita lihat bahwa mereka-mereka ini yang nantinya akan bertanding di Olimpiade 2032. Jadi mereka akan tampil membela Indonesia di Olimpiade 2032,” ujar Imam dilanasir kemenpora.

Seperti diketahui, Indonesia ditargetkan untuk bisa merebut gelar juara umum pada gelaran ASG 2019. Mengingat kontingen Merah Putih bermain di rumah sendiri sehingga sudah pasti akan mendapat dukungan langsung dari penonton yang hadir.

Tahun lalu, Kontingen Merah Putih harus merelakan predikat juara umum jatuh ke tangan musuh bebuyutan yaitu Malaysia. Indonesia saat itu harus puas berada di tempat kedua dengan raihan 31 emas, 36 perak, dan 30 perunggu, sementara Malaysia dengan 37 emas, 34 perak, dan 32 perunggu.

Namun Indonesia pernah mendapat predikat juara umum pada gelaran ASG 2015 di Brunei Darrusalam. Saat itu kontingen Merah Putih sukses merebut 25 medali emas, 24 perak, dan 10 perunggu.

Poin Ekstra

Artikel ini dibuat oleh tim Playworld Indonesia

Galih
19 Jul 2019

20 Poin Ekstra
Siapakah presiden Presiden Asean School Sports Council?

BALANCE ANDA SAAT INI

100
Points
5000
Coins
  1. Pastikan sudah login
  2. Tulis hanya bisa di jawab 1 kali per 1 user
  3. Hanya user dengan keanggotaan VIP yang bisa memberikan komentar.

POIN Ekstra: +20
2` Poin Ekstra

  1. Pastikan sudah login
  2. Tulis komentar dengan minimal terdiri dari 50 kata
  3. Poin hanya diberikan 1 kali untuk 1 User per 1 Artikel
  4. Seluruh komentar dimoderasi oleh tim Playworld ID dan bisa dihapus dan akan mengurangi total POIN jika komentar mengandung konten SARA, atau tidak sesuai dengan artikel yang dibaca
  5. Hanya user dengan keanggotaan VIP yang bisa memberikan komentar.




Extra POIN +2`
Kamu mendapat tambahan POIN karena telah memberikan KOMENTAR
SELAMAT!
Kamu Mendapatkan
SELAMAT!
Kamu Mendapatkan
POIN Ekstra : +2`

!
Pastikan selalu men-share dalam mode PUBLIC, jika tidak team PLAYWORLD.ID berhak untuk mendiskualifikasi kemenangan kamu.