Egy Maulana Berkesempatan Menciptakan Sejarah Baru? Tapi Bukan yang Pertama di Eropa
 

Egy Maulana Berkesempatan Menciptakan Sejarah Baru? Tapi Bukan yang Pertama di Eropa

Poin Ekstra

Saat ini pemain muda Indonesia Egy Maulana Vikri sedang menjadi perbincangan hangat para penikmat sepakbola di tanah air, karena pemain berusia 19 tahun masuk kedalam skuad tim yang dibelanya saat ini Lechia Gdansk bertanding di Liga Europa melawan wakil Denmark Brondby.

Lechia Gdansk akan menghadapi Brondby pada leg pertama babak kedua kualifikasi kompetisi Eropa pada hari Jumat, pada tanggal 26 Juli dan pemuda asal Indonesia masuk kedalam 26 pemain klub Polandia. Pada pertemuan pertama mereka akan bermain di kandang sendiri yaitu di PGE Arena Gdansk.

Dan ini menjadi kesempatan bagi Egi Maulana untuk menunjukan skil terbaiknya jika dia terpilih masuk kedalam tim utama. Lechia Gdansk berhak tampil di Liga Europa setelah berhasil menjadi juara Piala Polandia 2018-2019. Namun, pasukan Piotr Stokowiec harus terlebih dahulu mengikuti jalur kualifikasi kedua.

Sang pelatih sepertinya ingin menjajal kemampuan Egy Maulana Vikri dalam kualifikasi kedua Liga Europa 2019-2020. Keputusan tersebut disinyalir berkat penampilan apik pemain Timnas Indonesia U-23 bersama Lechia Gdansk II.

Perjalanan Lechia Gdansk untuk tampil di fase grup Liga Europa 2019-2020 terbilang masih sangat panjang karena setelah tampil di kualifikasi kedua, klub asal Polandia itu masih harus berjuang di babak kualifikasi ketiga dan babak play-off.

Namun, bukan hal yang mustahil buat Lechia Gdansk untuk tembus ke Liga Europa 2019-2020. Musim lalu, mereka berhasil menjadi kuda hitam dalam perburuan gelar Liga Ekstraklasa Polandia dan finis di peringkat ketiga.

Bakal tampilnya Egy di Liga Europa disambut baik oleh Federasi Sepak Bola Asia atau AFC, lewat instagram resminya AFC mengunggah foto Egy dengan seragam Lechia. Di caption tersebut mereka menulis bahwa Egy bakal jadi pemain Indonesia pertama dalam sejarah yang masuk skuad Liga Europa.

Namun, Egy bukan pemain Indonesia pertama yang tampil di kompetisi antarklub Eropa. Jika kita menengok kebelakang bukan Egy orang pertama yang berhasil bermain di Eropa, menurut catatan situs resmi UEFA dalam artikel berjudul "Which Asian stars have played the most UEFA games".

Pada artikel tersebut, tercatat bahwa Kurniawan Dwi Yulianto pernah satu kali tampil bersama klub Swiss, FC Luzern.'Si Kurus' memang pernah tampil bersama FC Luzern saat melawan Rudar Velenje pada ajang UEFA Intertoto Cup.

Tepatnya pada 22 Juli 1995, Kurniawan tampil pada babak kedua pada menit ke-64 menggantikan Adalbert Koch. "Iya waktu itu main di Intertoto untuk kualifikasi UEFA. Seingat saya lawan Tottenham, cuma lupa," kata Kurniawan dikutip Bola Sport.

Hasil gambar untuk egi maulana vikri liga europainews

Kompetisi Intertoto merupakan salah satu ajang yang biasa digunakan untuk menyaring para tim yang akan bertarung di kompetisis kelas kedua antarklub Eropa itu bernama Piala UEFA.

Ternayta berita bermainnya Egy di Liga Europa juga mampir ketelinga Menpora Imam Nahrawi, sang menteri menyampaikan apresiasi dan rasa bangga kepada Egy Maulana Vikri.

Menpora juga memberitahukan bahwa Egy bercita-cita menaklukan Eropa dan akan membawa misi Indonesia bahwa anak Indonesia bisa bermain, bertanding dan bisa  berdiri sejajar dengan anak lain dari negara manapun. "Ini merupakan misi yang luar biasa. Dalam hal ini Kemenpora mendukung dan  memberikan ruang untuk memilih negara dan klub mana yang menjadi pilihan Egi. Karena pasti pilihan-pilihannya negara dan klub pasti ada  pertimbangannya," lanjutnya dilansir kemenpora.

Sementara itu, Egy menyampaikan keinginan untuk main di Eropa. "Saya punya mimpi besar untuk main di Eropa. Agar dunia tau bahwa pemain Indonesia juga bisa main di Eropa. Tapi saya belum tahu akan bermain di negara mana. Mungkin dalam waktu satu atau dua bulan ke depan baru bisa diketahui," kata Egy.

"Yang jelas ada tujuh negara yang ingin merekrut Egi. Ketujuh negara tersebut antara lain, Spanyol, German, Polandia, Perancis, Portugal, Italia termasuk juga Indonesia. Satu negara itu bisa lebih dari satu klub. Dan klub ini merupakan klub yang ingin ikut di kompetisi tertinggi," ucap Egy

Poin Ekstra

Artikel ini dibuat oleh tim Playworld Indonesia

Galih
25 Jul 2019

20 Poin Ekstra
Bermain tim manakah Egy Maulana saat ini?

BALANCE ANDA SAAT INI

100
Points
5000
Coins
  1. Pastikan sudah login
  2. Tulis hanya bisa di jawab 1 kali per 1 user
  3. Hanya user dengan keanggotaan VIP yang bisa memberikan komentar.

POIN Ekstra: +20
2` Poin Ekstra

  1. Pastikan sudah login
  2. Tulis komentar dengan minimal terdiri dari 50 kata
  3. Poin hanya diberikan 1 kali untuk 1 User per 1 Artikel
  4. Seluruh komentar dimoderasi oleh tim Playworld ID dan bisa dihapus dan akan mengurangi total POIN jika komentar mengandung konten SARA, atau tidak sesuai dengan artikel yang dibaca
  5. Hanya user dengan keanggotaan VIP yang bisa memberikan komentar.




Extra POIN +2`
Kamu mendapat tambahan POIN karena telah memberikan KOMENTAR
SELAMAT!
Kamu Mendapatkan
SELAMAT!
Kamu Mendapatkan
POIN Ekstra : +2`

!
Pastikan selalu men-share dalam mode PUBLIC, jika tidak team PLAYWORLD.ID berhak untuk mendiskualifikasi kemenangan kamu.