Berkompetisi Dirumah Sendiri Indonesia Raih Gelar Juara Umum di Cabor Atletik
 

Berkompetisi Dirumah Sendiri Indonesia Raih Gelar Juara Umum di Cabor Atletik

Poin Ekstra

Bukan menjadi rahasia lagi bahwa para kontingen Indonesia menargetkan bisa merebut gelar juara umum di gelaran ASEAN School Games (ASG) 2019, mengingat mereka bermain di rumah sendiri yang sudah pasti akan mendapat dukungan langsung dari penonton yang hadir.

Dari 9 cabang olahraga yang dipertandingkan antara lain atletik, renang, tenis, tenis meja, sepak takraw, bulu tangkis, bola voli, basket, dan pencak silat. Indonesia meraih predikat juara umum pada cabor atletik dengan mempersembahkan 11 medali emas, 8 perak, dan 5 perunggu.

Dengan raihan 11 emas, sudah berhasil melewati target yang diberikan Kemenpora. Dimana Kemenpora sebelumnya hanya menargetkan 8 medali emas.

Hasil gambar untuk Atletik Juara Umum ASEAN Schools Games 2019bolasport

"Saya sangat apresiasi kepada manajer pelatih dan anak-anak yang sudah berjuang luar biasa," ujar Chef de Mission (CdM) kontingen Indonesia, Yayan Rubaeni dilansir Pantau.

Tanda-tanda Indonesia bakal menjadi juara umum terlihat pada hari pertama sampai keempat penyelenggaraan ASG dimana para atlet berhasil mendulang 4 medali emas dari nomor lontar martil putri (Natasha Mahdalita), lari estafet 4x100m putri (Raden Roselin, Diva Aprilian, Erna Nuryanti, Daniela Elim), lari estafet 4x100m putra (Riyan Adi, Izrak Udjulu, Adith Rico Pradana, Adith Richi Pradana), dan lempar lembing (Egi Patli Pranata).

Tujuh emas lainnya diperoleh dari nomor lompat galah (Diva Renata Jayadi), lari 100m putra (Adith Rico Pradana), lari 100m putri (Erna Nuryanti), tolak peluru putri (Ayu Putri Ani), lari 400m putra (Dewa Radika Sya), lompat jauh putra (Ahmad Hambali Sukur), dan lari estafet campuran 4x100m ((Adith Rico Pradana, Izrak Udjulu, Raden Roselin Fikananda, Erna Nuryanti).

Tidak hanya mendapat predikat juara umum, dari cabor atletik para atlet berhasil memcatatkan rekor demi rekor seperti salah satu pelari wanita pelari estafet putri Indonesia, Diva Aprilian, yang berhasil memecahkan rekor pelari tercepat dengan 46,60 detik.

Dan hebatnya lagi, satu rekor baru diciptakan atlet Indonesia dari nomor lompat galah di mana jarak lompatan Diva Renatta Jayadi mencapai 3,83 meter. Kemudian Egi Patli Pranata juga memecahkan rekor di nomor lempar lembing. Lemparan Egi mencapai 67,33 meter dan tidak mampu dilewati para pesaingnya.

Hasil gambar untuk Atletik Juara Umum ASEAN Schools Games 2019suara

Pencapaian tersebut dinilai manajer tim atletik Indonesia, Surono, berkat hasil latihan yang maksimal dan persiapan yang matang, sehingga mampu melewati ekspetasi yang diberikan oleh Kemenpora.

"Persiapan kita kali ini agak matang, karena dimulai dari seleksi dulu dari antarkejurnas PPLP di Bangka Belitung April lalu. Yang terbaik di pelajar kita ambil, kemudian kita bawa ke pelatnas. Lalu, atlet-atlet pelatnas kita yang masih pelajar juga kita ikutsertakan," terang manajer tim atletik Indonesia di ASEAN Schools Games 2019, Surono, dikutip Liputan 6.

"Sebetulnya kita realistis dengan memasang target rendah itu 8 emas, tapi kalkulasi kita itu 10 tapi ada beberapa nomor yang buat kejutan sehingga kita bisa meraih 11 emas," kata Surono.

Untuk sementara, Indonesia masih bertengger di posisi puncak klasemen sementara ASG 2019 dengan raihan 31 emas, 25 perak, dan 19 perunggu. Tempat kedua dihuni Thailand dengan 26 emas, 26 perak, dan 24 perunggu. Malaysia juga masih tertahan di tempat ketiga dengan 18 emas, 22 perak, dan 24 perunggu.

Berikut klasemen sementara ASG 2019

Kontingen Emas - Perak - Perunggu

1. INDONESIA : 31 - 25 - 19

2. THAILAND : 26 - 26 - 24

3. MALAYSIA : 18 - 22 - 24

4. SINGAPURA : 8 - 9 - 14

5. VIETNAM : 8 - 7 - 4

6. FILIPINA : 2 - 6 - 16

7. MYANMAR : 1 - 0 - 1

8. LAOS : 0 - 0 - 3

9. BRUNEI : 0 - 0 - 0

10. KAMBOJA : 0 - 0 - 0

 

Poin Ekstra

Artikel ini dibuat oleh tim Playworld Indonesia

Galih
23 Jul 2019

20 Poin Ekstra
Berapakah emas yang disumbangkan dari cabor Atletik?

BALANCE ANDA SAAT INI

100
Points
5000
Coins
  1. Pastikan sudah login
  2. Tulis hanya bisa di jawab 1 kali per 1 user
  3. Hanya user dengan keanggotaan VIP yang bisa memberikan komentar.

POIN Ekstra: +20
2` Poin Ekstra

  1. Pastikan sudah login
  2. Tulis komentar dengan minimal terdiri dari 50 kata
  3. Poin hanya diberikan 1 kali untuk 1 User per 1 Artikel
  4. Seluruh komentar dimoderasi oleh tim Playworld ID dan bisa dihapus dan akan mengurangi total POIN jika komentar mengandung konten SARA, atau tidak sesuai dengan artikel yang dibaca
  5. Hanya user dengan keanggotaan VIP yang bisa memberikan komentar.




Extra POIN +2`
Kamu mendapat tambahan POIN karena telah memberikan KOMENTAR
SELAMAT!
Kamu Mendapatkan
SELAMAT!
Kamu Mendapatkan
POIN Ekstra : +2`

!
Pastikan selalu men-share dalam mode PUBLIC, jika tidak team PLAYWORLD.ID berhak untuk mendiskualifikasi kemenangan kamu.