Kepala Mekanik Valentino Rossi diganti
 

Kepala Mekanik Valentino Rossi diganti

Poin Ekstra

Valentino Rossi masih menjadi legenda hidup motoGP. Mengawali karirnya dengan Honda pada tahun 2000 dirinya mampu menyabet banyak gelar di berbagai kelas. Selama karirnya Rossi masuk 3 pabrikan Honda, Ducati dan yang paling lama Yamaha. Keberhasilan Rossi menyabet 7 gelar juara dunia juga tidak lepas dari peran kepala mekanik ditimnya.

Kepala mekanik memiliki tugas yang cukup berat. Dia harus mampu menjembatani antara pembalap dengan mekanik-mekanik di bawah naungannya. Settingan motor harus disesuaikan dengan masing-masing sirkuit karena perbedaan karakteristik. Begitu pula di tim Rossi, sepanjang karirnya dia hanya berganti kepala mekanik sebanyak 3 kali.

Jeremy Burgess (2000-2013)

Jeremy Burgess menjadi kepala mekanik Rossi dari awal dia debut hingga 2013. Namanya kerap diasosiasikan dengan kepala mekaniknya para juara GP. Terbukti dengan campur tangan dinginnya Rossi langsung menjadi juara dunia dan Rookie Of The Year di kelas 500 cc. Nama lain yang dibawanya menjadi juara adalah Alex Criville dan Michael Doohan.

https://upload.wikimedia.org/wikipedia/commons/8/89/GAVD0103.jpgwikimedia.org

Saat Rossi pindah dari Honda ke Yamaha, JB juga ikut. Disini dia dengan bebas mempraktekan teori 80/20 yang sempat ditertawakan pihak Honda. Teori ini berasumsi bahwa kemenangan pembalap berasal dari pembalap itu sendiri sebesar 80% dan kondisi mesin hanya menyumbang 20%. Hasilnya Rossi berhasil menjadi juara dunia bersama Yamaha beberapa kali.

JB berpisah dari Rossi tahun 2013. Tahun 2011-2012 Rossi pindah dari Yamaha ke pabrikan Ducati disini Jeremy pun ikut menemani. Selama dua musim performa Rossi tidak maksimal sehingga dia memutuskan mencari kepala mekanik baru. Saat disinggung Rossi mengatakan butuh motivasi baru dan mencoba cara lain untuk mencari kecepatan. Walaupun dia dan Jeremy tidak ada masalah apa-apa dan bahkan sudah menganggap satu sama lain sebagai keluarga.

Silvano Galbusera (2014-2019)

https://www.gpone.com/sites/default/files/styles/article_big_breakpoints_theme_bootstrap_screen-lg-min_1x/public/images/2014/article/foto/04-Aprile/MotoGP//galbusera.jpg?itok=v_WGtFtSgpone.com

Silvano Galbusera menjadi kepala mekanik setelah Jeremy Burgess selama 5 tahun. Silvano menjadi kepala setelah Rossi kembali ke pabrikan Yamaha. Sayang setelah 5 tahun, Vale masih belum bisa menyabet galar juara. Akhirnya setelah banyak pertimbangan awal oktober 2019, muncul pemberitaan bahwa Silvano dipecat dari kepala tim mekanik Rossi di Yamaha.

Silvano sendiri tidak langsung pensiun dari dunia otomotif. Tidak menjadi kepala mekanik, Silvano malah ditawari menjadi bagian pengembangan Yamaha di Eropa. Malah tim pengembangan ini diinisiasi oleh Rossi juga, jadi dia tidak benar-benar diusir dari Yamaha.

David Munoz (2020-…)

https://asset.kompas.com/crops/pLAhS9IHUtQih2CMIyAl7-yiQcY=/0x0:750x500/750x500/data/photo/2019/10/16/5da6023d47581.jpgkompas.com

Nama David Munoz belum terlalu terkenal di area GP. Dirinya lebih banyak berkiprah di Moto2 tetapi diharapkan bergabungnya Munoz menjadi angin segar untuk Yamaha. Seperti yang diketahui bahwa selama musim 2019, Rossi jarang sekali naik podium.

 

Poin Ekstra

Artikel ini dibuat oleh tim Playworld Indonesia

Nurchalimah
17 Oct 2019

20 Poin Ekstra
Sebutkan salah satu kepala mekanik Rossi di bawah ini?

BALANCE ANDA SAAT INI

100
Points
5000
Coins
  1. Pastikan sudah login
  2. Tulis hanya bisa di jawab 1 kali per 1 user
  3. Hanya user dengan keanggotaan VIP yang bisa memberikan komentar.

POIN Ekstra: +20
2 Poin Ekstra

  1. Pastikan sudah login
  2. Tulis komentar dengan minimal terdiri dari 50 kata
  3. Poin hanya diberikan 1 kali untuk 1 User per 1 Artikel
  4. Seluruh komentar dimoderasi oleh tim Playworld ID dan bisa dihapus dan akan mengurangi total POIN jika komentar mengandung konten SARA, atau tidak sesuai dengan artikel yang dibaca
  5. Hanya user dengan keanggotaan VIP yang bisa memberikan komentar.




Extra POIN +2
Kamu mendapat tambahan POIN karena telah memberikan KOMENTAR
SELAMAT!
Kamu Mendapatkan
SELAMAT!
Kamu Mendapatkan
POIN Ekstra : +2

!
Pastikan selalu men-share dalam mode PUBLIC, jika tidak team PLAYWORLD.ID berhak untuk mendiskualifikasi kemenangan kamu.