Duo Pembalap Tanah Air Beraksi dalam Blancpain GT World Challenge Asia
 

Duo Pembalap Tanah Air Beraksi dalam Blancpain GT World Challenge Asia

Poin Ekstra

Kabar bahagia datang dari dua pembalap andalan Tanah Air Rio Haryanto dan David Tjptobiantoro. Mereka dikabarkan kembali beraksi di ajang balap Blancpain GT World Challenge Asia di Fuji Speedway Circuit, Jepang akhir pekan ini. Sebelumnya kedua pembalap T2 Motorsports tersebut sudah mengikuti sesi track walk pada Jumat, 5 Juli 2019 kemarin pagi dengan berjalan kaki mengitari trek. Lalu lanjut dengan kedua sesi penutup di hari yang sama yaitu Free Practice 1 dan Free Practice 2.

Image result for dua pembalap indonesia di ajang blancpaingoogle.com

Nah, pada kedua sesi latihan ini, mereka mencatat peningkatan catatan waktu yang cukup baik, yakni practice 1 tercatat 1:43.091 detik dan di practice 2 mencapai 1:41.933 detik. Catatan waktu tersebut bakal menjadi modal mereka berdua untuk beraksi di dua balapan di Fuji Speedway Circuit sehingga bisa mengibarkan bendera Indonesia di podium. Fyi, Blancpain GT World Challenge Asia 2019 adalah musim ketiga dari Blancpain GT World Challenge Asia SRO Motorsports Group dan Team Asia One GT Management's, kejuaraan mobil balap grand tourer di Asia. Kejuaraan ini mempertandingkan mobil spesifikasi GT3 dan GT4. Musim dimulai pada tanggal 6 April di Sepang, dan akan berakhir pada tanggal 28 September di Shanghai. Ini adalah musim pertama dari penggabungan seri GT3 seluruh dunia di bawah nama World Challenge.

Rio Haryanto sendiri memang sudah berpengalaman di dalam ajang tersebut. Sebelumnya Rio pernah turun di ajang Blancpain GT World Challenge Asia 2019. Bersama tim T2 Motorsports, Rio Haryanto dan David Tjiptobiantoro melakoni balapan di Sepang, Malaysia akhir pekan 7 April 2019 lalu. Perjuangan Rio dan David tidak mudah, tim T2 Motorsports harus memulai start di urutan ke-15 dengan Rio Haryanto sebagai driver pertamanya. Traffic yang cukup padat membuat Rio Haryanto dan David Tjiptobiantoro cukup kewalahan.

Image result for dua pembalap indonesia di ajang blancpaingoogle.com

Hal yang serupa juga diungkapkan oleh David Tjiptobiantoro. Menurut David, pace mereka sudah bagus dan mengimbangi pemegang urutan-urutan teratas. Namun, posisi awal memang sangat menentukan. Rio Haryanto dan David Tjiptobiantoro berhasil finish di urutan 10 di kelasnya. Ke depan diharapkan dapat memberikan hasil yang jauh lebih baik lagi di race berikutnya. "Kami akan berusaha lebih baik lagi untuk race berikutnya, saat ini Rio masih beradaptasi dengan mobilnya dan butuh beberapa adjustment pada mobil agar Rio dapat memberikan hasil yang maksimal," sebut Irmawan Poedjoadi selaku team principal T2 Motorsport.

Image result for dua pembalap indonesia di ajang blancpaingoogle.com

Meski tidak berhasil membawa pulang piala dari Sepang, tim T2 Motorsports tetap mendapatkan pengalaman berharga. Menurut Rio, pihaknya belajar sangat banyak dari race 1 dan race 2 di Sepang. "Sehingga nantinya kami dapat melakukan banyak improvement, terutama pada sesi kualifikasi," ungkap Rio. Sementara itu, Rio Haryanto dan David Tjiptobiantoro akan melakoni balapan selanjutnya di Buriram International Circuit, Thailand. Balapan di Thailand akan digelar pada 11 dan 12 Mei 2019.

Image result for dua pembalap indonesia di ajang blancpaingoogle.com

Fyi, Blancpain GT World Challenge Asia sendiri baru dihelat sejak dua tahun lalu sebagai Blancpain GT Series Asia, 2019 akan menjadi musim pertama salah satu kejuaraan Grand Tourer paling bergengsi di kawasan Asia tersebut dijalankan dengan identitas baru, yakni Blancpain GT World Challenge Asia. Meski ada perubahan nama, tapi regulasi tidak mengalami banyak perubahan. Mobil-mobil dari kelas GT3, platform GT paling populer di penjuru dunia saat ini, akan berbagi lintasan yang sama dengan kelas GT4, mobil Supercar yang tampilan dan performanya tak jauh berbeda dari versi jalanan. Kelas GT3 biasa diisi mobil-mobil andalan pabrikan-pabrikan besar seperti Porsche, Ferrari, Audi. Untuk memastikan performa antar mobil tetap seimbang, SRO selaku panitia penyelenggara, akan menerapkan BoP (Balance of Performance).

Image result for dua pembalap indonesia di ajang blancpaingoogle.com

Meski tidak sekencang dan modifikasi mobil dari versi jalanan tidak seagresif di kelas GT3, mobil-mobil yang bertarung di kelas GT4 juga terkena BoP. Pun demikian mobil masih terlihat garang berkat tempelan komponen seperti sayap belakang, splitter, dan diffuser. Setiap mobil terdiri dari maksimal dua pembalap. Masing-masing harus ikut kualifikasi dan memulai satu dari dua balapan tiap rondenya. Mereka kemudian diharuskan melakukan pergantian pembalap di jendela pit stop wajib berdurasi 10 menit. Ada dua jenis kombinasi pembalap yang berhak bertarung memperebutkan juara keseluruhan: Pro/Am, campuran pembalap profesional dengan amatir, dan Silver, gabungan pembalap yang memiliki lisensi FIA tidak lebih dari perak.

Untuk aturan mainnya sendiri, mencegah satu tim mendominasi sepanjang musim, SRO memberlakukan penalti pit stop. Dalam regulasi dinyatakan, para peraih tiga besar di balapan sebelumnya mendapatkan 15, 10, atau 5 detik tambahan waktu pada pit stop wajib mereka. Mengikuti sistem seperti yang dipakai F1, poin disebar kepada pembalap yang finis sepuluh besar secara keseluruhan dan juga masing-masin kelas dengan rincian berikut: 1. 25 poin; 2. 18 poin; 3. 15 poin; 4. 12 poin; 5. 10 poin; 6. 8 poin; 7. 6 poin; 8. 4 poin; 9. 2 poin; 10. 1 poin.

 

Poin Ekstra

Artikel ini dibuat oleh tim Playworld Indonesia

Ran H
06 Jul 2019

20 Poin Ekstra
Selain Rio Haryanto siapa lagi pembalap Indonesia yang bergabung dalam Blancpain GT?

BALANCE ANDA SAAT INI

100
Points
5000
Coins
  1. Pastikan sudah login
  2. Tulis hanya bisa di jawab 1 kali per 1 user
  3. Hanya user dengan keanggotaan VIP yang bisa memberikan komentar.

POIN Ekstra: +20
10 Poin Ekstra

  1. Pastikan sudah login
  2. Tulis komentar dengan minimal terdiri dari 50 kata
  3. Poin hanya diberikan 1 kali untuk 1 User per 1 Artikel
  4. Seluruh komentar dimoderasi oleh tim Playworld ID dan bisa dihapus dan akan mengurangi total POIN jika komentar mengandung konten SARA, atau tidak sesuai dengan artikel yang dibaca
  5. Hanya user dengan keanggotaan VIP yang bisa memberikan komentar.




SELAMAT!
Kamu Mendapatkan
SELAMAT!
Kamu Mendapatkan
POIN Ekstra : +1

!
Pastikan selalu men-share dalam mode PUBLIC, jika tidak team PLAYWORLD.ID berhak untuk mendiskualifikasi kemenangan kamu.